LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PENGGUNAAN MEDIA
VISUAL GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS II PADA MATERI PELAJARAN
BAHASA INDONESIA SDN BAYEM 03 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG
Nama mahasiswa : VERA LINA DIAN TRISNAWATI
NIM : 814320256
Program studi : S-1 PGSD
Tempat Mengajar : SDN. Bayem 03 Kec. Kasembon
Kab. Malang
Jumlah Pembelajaran : 2 x Siklus
Tempat dan tanggal Pelaksanaan : 10 Pebruari - 17 Pebruari 2009
Masalah yang merupakan fokus
perbaikan :
“ Meningkatkan minat siswa
terhadap materi pelajaran Bahasa Indonesia melalui media visual gambar ”
|
|
ABSTRAK
Trisnawati, Vera Lina Dian. 2009. Penggunaan Media Visual Gambar
untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas II pada Materi Pelajaran
Bahasa Indonesia SDN Bayem 03 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang
Kata Kunci : Media visual gambar, Minat siswa, Bahasa Indonesia
Siswa dapat berhasil dalam proses pembelajaran disebabkan oleh keaktifan
siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengamati, mencoba, melakukan
sendiri, dan menggunakan alat peraga yang nyata. Guru untuk meningkatkan minat
belajar anak, diantaranya adalah guru
menggunakan media yang mudah dijangkau dan menarik perhatian, siswa
diajak untuk terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga akan lebih mudah
terekam dalam otak siswa dan siswa diperbanyak tanya jawab dan latihan agar
lebih aktif dan terampil di dalam mengingat . Tujuan dari program ini adalah
untuk dapat meningkatkan minat siswa belajar
pada materi pelajaran bahasa Indonesia, sehingga hasil belajar
yang diperoleh meningkat.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang berupaya untuk mengatasi
permasalahan yang muncul dalam pembelajaran. Penelitian ini dibagi menjadi dua
siklus yang disesuaikan dengan alokasi waktu dan topik yang dipilih serta
mempertimbangkan kesempurnaan dalam pelaksanaan program perbaikan ini.
Masing-masing siklus terdiri dari ; a).
Perencanaan ; perumusan masalah, penentuan tujuan, dan metode penelitian. b).
Tindakan ; dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang
terjadi. c). Observasi; dilakukan secara runtut dan sistematis untuk mengamati
hasil atau efek, serta mempertimbangkan hasil dari program ini. Serta program
perbaikan pembelajaran ini dilakukan sebanyak 2 siklus.
Berdasarkan hasil data temuan pada
program perbaikan tersebut, pembelajaran sebelum perbaikan rata-rata sama dengan 60%. Setelah diadakan perbaikan
dengan menggunakan alat peraga, variasi metode dan lain-lain nilai rata-rata
menjadi 76,25 %. Jadi dengan diberikan alat peraga, variasi metode dan
tugas-tugas dalam tugas individu akan
dapat meningkatkan pemahaman siswa.
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur Alhamdulillah
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga
penulis dapat menyelesaikan laporan PKP dengan judul ” Penggunaan Media
Visual Gambar untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas II pada Materi Pelajaran
Bahasa Indonesia SDN Bayem 03 Kecamatan
Kasembon Kabupaten Malang ”
Adapun
penyusunan Laporan penelitian ini adalah sebagai langkah untuk memperlancar
kegiatan belajar mengajar siswa SDN Bayem III
dalam hal memahami permasalahan pembelajaran di kelas dan memberikan
metode pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar
secara optimal.
Dalam kesempatan
ini, penulis ingin mengucapkan rasa
terima kasih yang tidak terhingga
kepada:
1.
Drs. Margono, M.Pd, M.Si selaku supervisor yang telah
memberikan bimbingan dalam penyusunan laporan ini.
2.
Ibu Kepala Sekolah SDN Bayem III yang telah memberikan
kesempatan untuk melaksanakan tugas PKP ini.
3.
Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Bayem
03 yang telah memberi bantuan dan memberi kesempatan untuk penelitian ini.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna
untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak
selaulu penulis harapkan.
Malang,
10 Maret 2009
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN .......................................................................... ii
ABSTRAK
............................................................................................................. iii
PENGANTAR
................................................................................................iv
DAFTAR
ISI ................................................................................................. v
BAB
I PENDAHULUAN.......................................................................
1
A.
Latar Belakang masalah …………………………………...... 1
B.
Rumusan Masalah …………………………………………. . 2
C.
Tujuan Perbaikan
…………………………………………... 2
D.
Manfaat Perbaikan …………………………………………... 3
BAB II KAJIAN
PUSTAKA...................................................................
4
A.
Minat Siswa ............................................................................ 4
B.
Media visual gambar pada pembelajaran bahasa
Indonesia ... 5
C.
Media visual gambar terhadap minat siswa
............................ 9
BAB III PELAKSANAAN
PERBAIKAN ...................................................... 11
A.
Subyek Penelitian …………………………………………… 11
B.
Deskripsi per siklus ………………………………………..... 12
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................ 18
A.
Deskripsi per siklus …………………………………………. 18
B.
Pembahasan setiap siklus ………………………………….... 23
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN..................................................
27
A.
Kesimpulan …………………………………………………. 27
B.
Saran
……………………………………………………….. 27
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….. ........ 28
LAMPIRAN ………………………………………………………………. 29
No comments:
Post a Comment