PENGGUNAAN
METODE LATIHAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS
Oleh:
MOHAMAD
NURDIANTO
NIM
: 820 311 959
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan
ilmu dan teknologi dewasa ini, memberikan dampak yang sangat luas disegala
aspek kehidupan, terutama dalam bidang pendidikan termasuk didalamnya
perkembangan metode pembelajaran yang terus diarahkan pada peningkatan prestasi
siswa.
Dari
beberapa hasil penelitian tentang factor yang berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa diperoleh informasi bahwa disamping kemampuan dasar siswa, faktor
stimulasi peran guru, dengan menggunakan
metode mengajar yang sesuai memiliki keterkaitan yang kuat dengan
pengalaman belajar yang merupakan proses kegiatan belajar mengajar untuk
mencapai tujuan pembelajaran.
Proses
pembelajaran IPS yang efektif terjadi apabila guru mampu menggali informasi dan
pengetahuan dari masyarakat melalui fakta dan kejadian yang berhubungan dengan
konsep kurikulum.
Salah
satu pendekatan atau metode yang dapat dianggap cocok dan memenuhi syarat untuk
mencapai tujuan pendidikan IPS dilihat dari kerangka konseptualnya adalah
metode inquiri dengan pendekatan kognitif.
Dengan
metode inquiri maka peran guru dalam pembelajaran lebih memungkinkan
terciptanya kondisi belajar yang lebih kondusif seperti memerikan siswa kesempatan
berperan lebih aktif dalam mengelolah informasi, berfikir kritis dan
bertanggung jawab.
Dalam
pembelajaran siswa diberi kesempatan mengorganisasikan data, merumuskan
masalah, membangun konsep membuat generalisasi untuk memecahkan masalah. Peran
guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator dan sebagai
mediator yang kreatif.
B. RUMUSAN MASALAH
Atas dasar latar belakang masalah di atas, maka
dirumuskan masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah :
- Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode inquiri?
- Apakah pembelajaran dengan metode inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPS ?
C. PEMBAHASAN
1.
Konsep Pembelajaran Inquiri
Inquiri
berasal dari bahasa inggris yaitu inquiry yang berarti pertanyaan atau pemeriksaan,
penyelidikan. Inquiri merupakan proses umum yang dilakukan manusia untuk
mencari atau memahami informasi.Model pembelajaran ini melatih siswa dalam proses untuk
menginvestigasi dan menjelaskan suatu fenomena yang tidak biasa. Model
pembelajaran ini mengajak siswa untuk melakukan hal yang serupa seperti para
ilmuwan dalam usaha mereka untuk mengorganisir pengetahuan dan membuat
prinsip-prinsip.
Inkuiri yang dikemukakan oleh Moh Oemar dalam bukunya Inquiry-Discovery-Problem Solving
dalam pengajaran IPS menyatakan bahwa suatu kegiatan atau cara belajar yang
bersifat mencari secara logis-kritis-analisis menuju suatu kesimpulan yang
menyakinan.
Oemar Hamalik (1999) menyatakan bahwa :pengajaran
berdasarkan inkuiri (Inquiry
based Teaching) adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa
(student-centered-strategi) dimana kelompok-kelompok siswa kedalam suatu
persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan didalam suatu
prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas. Dalam hubungan ini
perlu dibahas pendekatan generalisasi terhadap inquiry yang disebut inkuiri
yang berpusat pada masalah (Problem
Centered Inquiry) yang terdiri atas dua jenis, yakni Inquiri yang
berorientasi kepada discover (Discovery-oriented
Inquiry) dan inquiri berdasarkan kebijakan (Policy-Based-Inquiry)
Proses belajar mengajar dengan model inkuiri menurut
Kuslan dan Stone (Ida bagus Putrayasa.2000:39) ditandai dengan ciri-ciri
sebagai berikut:
a. Menggunakan ketrampilan proses
b. Jawaban yang dicari siswa tidak diketahui terlebih
dahulu
c. Siswa berhasrat untuk menemukan pemecahan masalah
d. Suatu masalah ditemukan dengan pemecahan siswa sendiri
e. Hipotesis dirumuskan oleh siswa untuk membimbing
percobaan atau eksperimen,
f. Para siswa mengusulkan cara-cara pengumpulan data
dengan mengumpulkan data mengadakan pengamatan, membaca/ menggunakan sumber
lain.
g. Siswa melakukan penelitian secara indivdu/kelompok
untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk menguji hipotesis tersebut.
h. Siswa mengolah data sehingga mereka sampai pada
kesimpulan.
Sasaran
utama kegiatan pembelajaran
inquiri adalah:
1.
keterlibatan
siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar
2.
keterarahan
kegiatan secara logis dan sistematis pada tujuan pembelajaran
3.
mengembangkan
sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang ditemukan dalam proses inquiri.
Kondisi
umum yang merupakan syarat timbulnya kegiatan inquiri bagi siswa adalah:
1.
aspek
sosial dikelas dan suasana terbuka yang mengundang siswa berdiskusi
2.
inquiri
berfokus pada hipotesis
3.
penggunaan
fakta sebagai evidensi
peranan
guru dalam pembelajaran inquiri yaitu:
1.
motivator,
memberi rangsangan agar siswa aktif dan bergairah berfikir
2.
fasilitator,
menunujukkan jala kelua jika siswa mengalami kesulitan
3.
penanya,
menyadarkan siswa dari kekeliruan yang mereka buat
4.
Administrator,
bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan kelas
5.
Pengarah,
memimpin kegiatan siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan
6.
manajer,
mengelola sumber belajar, waktu dan organisasi kelas
7.
rewarder,
memberi penghargaan pada prestasi yang dicapai siswa.
Kemampuan
yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran inquiri adalah sebagai berikut:
1.
mengajukan
pertanyaan atau permasalahan
2.
merumuskan
hipotesis
3.
mengumpulkan
data
4.
analisis
data
5.
membuat
kesimpulan
2.
Metode Latihan Inquiri dalam Pembelajaran IPS
IPS di sekolah diberikan atas dasar pemikiran bahwa
manusiamerupakan makhluk sosial yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan
manusia lainnya, bersama individu atau manusia lainnya mereka mengembangkan
hidupnya sebagai kekuatan sosial. Berdasarkan itu maka IPS merupakan bidang
pengetahuan yang sangat kompleks sekali, sehingga guru dituntut menguasai
berbagai kompetensi atau berbagai macam keterampilan. Berkaitan dengan itu
Sanusi (1998:208) menjelaskan bahwa keterampilan yang harus dikuasai oleh guru
antara lain :
- Kemampuan metodologi dan pemikiran teoritik dalam bidang ilmu sosial
- Kemampuan menerapkan konsep ataupun teori ilmu sosial berikut prosedurnya
- Kemampuan memberikan apresiasi
Pengajaran IPS tidak menginginkan
melahirkan manusia percaya begitu saja terhadap sesuatu tetapi paling tidak meminta keterangan dan mengolah kebenaran berita tersebut dan
lebih ideal dia harus meyakinkan,
sehingga dia menjadi manusia kritis dan memanfaatkan potensinya serta percaya
diri sendiri.
Metode inquiri adalah salah satu model
pembelajaran yang dapat djadikan model pembelajaran IPS. Metode inquiri dapat
dilakukan secara individu, kelompok atau klasikal serta dengan cara Tanya
jawab, diskusi atau kegiatan dilakukan didalam maupun diluar kelas.
Tujuan /kegunaan inquiri antara lain
sebagai berikut:
- mengembangkan sikap, keterampilan siswa untuk mampu memecahkan masalah serta mengambil keputusan secara objektif dan mandiri.
- mengembangkan kemampuan berfikir para siswa. Proses berfikir terdiri dari serentetan keterampilan-keterampilan yang memerlukan latihan dan pembiasaan.
- melatih kemampuan berfikir melalui proses dalam situasi yang benar-benar dihayati
- mengembangkan sikap ingin tahu, berfikir objektif, mandiri, kritis, analitis, baik secara individual maupun kelompok.
Teknik penggunaan inquiri dalam
pembelajaran IPS yaitu:
1.
Menyajikan
masalah . guru harus mencipatakan situasi belajar yang mengandung masalah dan
menentukan prosedur inquiri yang akan ditempuh oleh siswa.
2.
mengumpulkan
data dan memferivikasi data. Siswa menumpulkan informasi tentang masalah yang
dijadikan inquiri. Yahap ini dimaksudkan untuk membuktikan hakekat obyek dan
kondisi serta menyelidiki peristiwa suatu masalah
3.
mengupulkan
unsur baru. Siswa bersama guru mengadakan eksperimen dan mengumpulkan data,
maksud kegiatan eksperimen ini adalah memisahkan variabel yang mendukung,
mengajukan hipotesis dan mengetes hubungan sebab akibat.
4.
merumuskan
penjelasan. Siswa bersama-sama guru merumuskan penjelasan secara mendetail
rapid an sistematis.
5.
Menganalisis
proses inquiri. Siswa menganalisis pola-pola penemuan, tahapan ini sangat
penting untuk mengetahui sejauh mana proses inquiri telah dilaksanakan dan
apabila menemui beberapa kekurangan akan dicoba memperbaikinya secara
sistematis.
D.
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Metode
inquiri adalah salah satu model pembelajaran yang dapat djadikan model
pembelajaran IPS. Metode inquiri dapat dilakukan secara individu, kelompok atau
klasikal serta dengan cara Tanya jawab, diskusi atau kegiatan dilakukan didalam
maupun diluar kelas.
Tujuan
/kegunaan inquiri antara lain untuk
mengembangkan sikap, kemampuan berfikir dan keterampilan siswa untuk mampu memecahkan
masalah serta mengambil keputusan secara objektif dan mandiri.
2. Saran
Berdasarkan kesimpulan
di atas, maka penulis memiliki beberapa saran dan rekomendasi hal-hal sebagai
berikut :
- Sebagai bahan masukan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya pembelajaran IPS untuk menerapkan Metode inquiri sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal dan hasil belajar menjadi meningkat lebih baik.
- Guru dalam mengajar hendaknya harus melibatkan siswa secara aktif agar siswa merasa lebih dihargai dan diperhatikan sehingga akan meningkatkan perilaku belajar yang baik.
- Dalam kegiatan pembelajaran hendaknya siswa dimotivasi untuk mampu mengungkapkan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa akan mampu mengkonstruksikan pengalamannya ke dalam konsep pelajaran yang sedang dipelajarinya.
E. DAFTAR PUSTAKA
- Trianto.2007.Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroreantasi Konstruktivis.Prestasi Pustaka.Jakarta.
- Sanusi Ahmad.(1984).Beberapa Kecenderungan dalam Studi Tentang Perkembangan Moral Dan Moralitas. Bandung:Forum Sosial Budaya Uninus.
- Jamil.2000.Penggunaan Metode latihan Inkuiri Dalam pembelajaran IPS di SD.Lembaga Penelitian UT.
No comments:
Post a Comment