|
Kepada
Kepala UPBJJ –
UT Surabaya
Di Surabaya
Yang bertanda
tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:
Nama : Hartatik,
S.Pd
NIP : 19550501 198010 2 002
Tempat Mengajar : SDN 2 Bedoho
Alamat Sekolah : Desa Bedoho Kec.
Sooko Kab. Ponorogo
Telepon : -
Menyatakan
bersedia sebagai teman sejawat untuk mendampingi dalam pelaksanaan PKP atas
nama:
Nama : Anang Hari
Jayanto
NIM :
816196606
Program Studi : S1 PGSD
Tempat Mengajar : SDN 2 Bedoho
Alamat Sekolah : Desa Bedoho Kec.
Sooko Kab. Ponorogo
Telepon : -
Demikian agar surat pernyataan ini dapat
digunakan sebagaimana mestinya.
Bedoho, 4 Maret
2010
|
|
Mengetahui
Kepala SDN 2 Bedoho
FX. R. SIKIN
NIP. 195520406
197703 1 006
|
Teman Sejawat
HARTATIK, S.Pd
19550501 198010 2 002
|
|
Yang bertanda
tangan di bawah ini:
Nama : Anang Hari
Jayanto
NIM :
816196606
UPBJJ – UT : 71 / Surabaya
Menyatakan
bahwa:
Nama : Hartatik,
S.Pd
Tempat Mengajar : SDN 2 Bedoho
Guru Kelas : IV
Adalah teman
sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran, yang
merupakan tugas mata kuliah PDGK 4904 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Demikian
pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Bedoho, 4 Maret
2010
|
|
Teman Sejawat
HARTATIK, S.Pd
19550501 198010 2 002
|
Yang Membuat
Pernyataan
Mahasiswa
ANANG HARI JAYANTO
NIM. 816196606
|
|
LEMBAR PENGAMATAN / OBSERVASI
KEGIATAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN SIKLUS I
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : III
/ 2
Hari / Tanggal : Selasa,
16 Maret 2010
Tujuan
Perbaikan : Siswa mampu menunjukkan penerapan
energi
(membuat kincir angin).
No
|
Perilaku
Guru yang Diobservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tdk
Ada
|
|||
1
|
Tanya jawab dengan siswa
|
Ö
|
||
2
|
Kemampuan menjelaskan
materi
|
Ö
|
Perlu
ditingkatkan
|
|
3
|
Penguasaan materi
|
Ö
|
Kurang
menguasai
|
|
4
|
Penggunaan alat eksperimen
|
Ö
|
Kurang
lengkap
|
|
5
|
Penerapan metode
|
Ö
|
Kurang
menguasai
|
|
6
|
Pemberian bantuan kepada
siswa yang kurang mampu
|
Ö
|
Kurang
merata
|
|
7
|
Pemerataan perhatian kepada
siswa
|
Ö
|
Kurang
merata
|
|
8
|
Kemampuan memotivasi siswa
|
Ö
|
Cukup
baik
|
|
9
|
Penguasaan kegiatan
eksperimen
|
Ö
|
Perlu
diperbaiki
|
|
10
|
Ketepatan waktu
|
Ö
|
Kurang
|
Pengamat
HARTATIK, S.Pd
19550501 198010 2 002
|
LEMBAR PENGAMATAN / OBSERVASI
KEGIATAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN SIKLUS II
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : III /
2
Tanggal : Selasa / 23
Maret 2010
Tujuan
Perbaikan : Siswa mampu menunjukkan penerapan
energi gerak
(membuat model kincir air
sederhana).
No
|
Perilaku
Guru yang Diobservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tdk
Ada
|
|||
1
|
Tanya jawab dengan siswa
|
Ö
|
Sudah
baik
|
|
2
|
Kemampuan menjelaskan
materi
|
Ö
|
Sudah
baik
|
|
3
|
Penguasaan materi
|
Ö
|
Sudah
baik
|
|
4
|
Penggunaan alat eksperimen
|
Ö
|
Sudah
lengkap
|
|
5
|
Penerapan metode
|
Ö
|
Sudah
baik
|
|
6
|
Pemberian bantuan kepada
siswa yang kurang mampu
|
Ö
|
Sudah
merata
|
|
7
|
Pemerataan perhatian
kepada siswa
|
Ö
|
Sudah merata
|
|
8
|
Kemampuan memotivasi siswa
|
Ö
|
Sudah
baik
|
|
9
|
Penguasaan kegiatan
eksperimen
|
Ö
|
Sudah
baik
|
|
10
|
Ketepatan waktu
|
Ö
|
Sudah
baik
|
Pengamat
HARTATIK, S.Pd
19550501 198010 2 002
|
1. Apakah kincir anginmu dapat berputar?
Jawab:
____________________________________________
____________________________________________
2. Bawalah kincir angin berlari. Apa yang
terjadi?
Jawab:
____________________________________________
____________________________________________
3. Mengapa kincir angin dapat bergerak?
Jawab:
____________________________________________
____________________________________________
4. Kincir angin merupakan contoh perubahan
energi angin menjadi energi .............................
Jawab: ____________________________________________
____________________________________________
5. Dalam kehidupan manusia, kincir angin
dapat juga menghasilkan .................. yang dapat digunakan untuk
menyalakan lampu.
Jawab: ____________________________________________
____________________________________________
|
Kerjakan soal –
soal di bawah ini dengan benar!
1. Ketika kincir air dialiri air, kincir
akan........................................
Jawab: _______________________________________________
_______________________________________________
2. Jika aliran airnya kecil, apakah kincir
air dapat bergerak?
Jawab:
_______________________________________________
_______________________________________________
3. Kincir air yang besar dapat digunakan
untuk membangkitkan tenaga .....................................
Jawab:
_______________________________________________
_______________________________________________
4. Pada awalnya kincir air dimanfaatkan untuk
menggerakkan mesin ......................................
Jawab:
_______________________________________________
_______________________________________________
5. Energi yang banyak digunakan dalam
rumah-rumah adalah .......................................
Jawab: _______________________________________________
_______________________________________________
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 : Format Kesediaan Sebagai Teman Sejawat
Dalam
Penyelenggaraan PKP
Lampiran 2 : Surat
Pernyataan
Lampiran 3 : Lembar
Pengamatan / Observasi Kegiatan Perbaikan
Pembelajaran Siklus I
Lampiran 4 : Lembar
Pengamatan / Observasi Kegiatan Perbaikan
Pembelajaran Siklus II
Lampiran 5 : Hasil Kerja Siswa dalam Kelompok Siklus I
Lampiran 6 : Hasil Kerja Siswa dalam Kelompok Siklus II
Lampiran 7 : Perbandingan Nilai Siswa Siklus I dan
Siklus II
Lampiran 8 : Lembar Kerja Kelompok Siklus I
Lampiran 9 : Lembar Kerja kelompok Siklus II
Lampiran 10 : Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 11 : Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran 12 : Dokumentasi Kegiatan Perbaikan
|
Hasil
Kerja Siswa dalam Kelompok Siklus I
No
|
Nama Kelompok
|
Nama Anggota Kelompok
|
Nilai
|
1.
|
A
|
1.
Arista Nufia Putri
|
5
|
2.
Anita Setyorini
|
5
|
||
3.
Bayu Prasticho
|
5
|
||
4.
Deasy Andika Putra
|
5
|
||
5.
Dimas Nanda Adisaputra
|
5
|
||
2.
|
B
|
1.
Cantika Carismandira S
|
7
|
2.
Dwi Nur Khasanah
|
7
|
||
3.
Erni Dwi Ramadhani
|
7
|
||
4.
Esti Wira Pratiwi
|
7
|
||
5.
Elvin Angila Audiawati
|
7
|
||
3.
|
C
|
1.
Hoki Zainal Abidin
|
6
|
2.
Junaedy
|
6
|
||
3.
Mella Alvani
|
6
|
||
4.
Muhammad Arsyad A
|
6
|
||
5.
Nadiya Meitasari
|
6
|
||
4.
|
D
|
1.
Nicho Setiawan
|
8
|
2.
Riastian bagus Anggela P
|
8
|
||
3.
Shela Gita Cahyani
|
8
|
||
4.
Valdan Ardyaksa Rovyka
|
8
|
||
5.
Wiwik Eko Puspita
|
8
|
No comments:
Post a Comment