Wednesday, July 16, 2014

Lembar Pengesahan Daftar isi Ipa



LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

USAHA MENINGKATKAN  MINAT  BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA KELAS V
SDN SUKOSARI 2 KECAMATAN KASEMBON 
KABUPATEN MALANG


Nama mahasiswa                    : PRIMA FIN SWASTIKA SARI
NIM                                        : 814 321 179
Program studi                          : S-1 PGSD
Tempat Mengajar                    : SDN. Sukosari 2  Kec. Kasembon – Kab. Malang
Jumlah Pembelajaran               : 2 x Siklus
Tempat dan tanggal Pelaksanaan        : Kelas V SDN Sukosari 2
                                                              3 Maret 2009 dan 10 Maret 2009

Masalah yang merupakan fokus perbaikan :
 “ Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya dan Gerak melalui Model Pembelajaran Interaktif  

Menyetujui,                                                                              Sukosari, 21 Maret 2009
 Supervisor                                                                                      Mahasiswa 


Drs. Margono, M.Pd. M.si                                       PRIMA FIN SWASTIKA SAR 
NIP. 131652218                                                           NIM. 814321179 






ABSTRAK

Sari, Prima Fin Swastika, 2009. Usaha Meningkatkan  Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya dan Gerak Melalui Model Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas V  SDN Sukosari 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang

Kata Kunci : Minat Belajar, Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya dan Gerak,  Model Pelajaran Interaktif

Pembelajaran  interaktif merinci  langkah-langkah  ini dan  menampilkan  suatu  struktur  untuk  suatu  pelajaran  IPA  yang  melibatkan pengumpulan dan pertimbangan  terhadap pertanyaan-pertanyaan siswa sebagai pusatnya. Salah  satu  kebaikan  dari  model  pembelajaran  interaktif  adalah  bahwa  siswa  belajar mengajukan  pertanyaan,  mencoba  merumuskan  pertanyaan,  dan  mencoba  menemukan jawaban  terhadap  pertanyaannya  sendiri  dengan  melakukan  kegiatan  observasi (penyelidikan). Dengan cara seperti itu siswa atau anak menjadi kritis dan aktif belajar. Yang akan difokuskan pada penelitian ini adalah unatuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana  model  pembelajaran  interaktif   dalam pembelajaran IPA di SDN Sukosari 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang serta untuk mengetahui apakah minat belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya dan gerak dapat meningkat dengan model pembelajaran interaktif di SDN Sukosari 2  Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang
Penelitian ini didesain merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang  dilaksanakan  dengan  mengikuti  prosedur  penelitian  berdasarkan  pada  prinsip Kemmis  S,  MC  Toggar  R  (1988)  yang  mencakup  kegiatan  perencanaan  (planning), tindakan  (action),  observasi  (observation),  refleksi  (reflection)  atau  evaluasi.  Keempat kegiatan  ini  berlangsung  secara  berulang  dalam  bentuk  siklus.  Penelitian  ini  dilakukan dengan  cara bekerjasama antara peneliti selaku mahasiswa S-1 PGSF UT dan  dengan guru SDN  Sukosari 2 Kecamatan Kasembon Malang.
Dari hasil temuan tersebut di atas, pembelajaran sebelum perbaikan rata-rata  sama dengan 65,63%. Setelah diadakan perbaikan dengan menggunakan media visual gambar, variasi metode dan lain-lain nilai rata-rata menjadi 74,93 %. Jadi dengan penerapan model pembelajaran interkatif  dapat meningkatkan minat belajar dan antusias siswa pada pembelajaran IPA pada materi gaya dan gerak,  sehingga mereka dapat lebih paham dengan materi yang dipelajari. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai hasil test mereka.



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan PKP dengan judul ” Usaha Meningkatkan  Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya dan Gerak Melalui Model Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas V  SDN Sukosari 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang
            Penyusunan Laporan penelitian ini merupakan tahap awal untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar siswa SDN Sukosari 2 yan gberusaha untuk  mencari solusi permasalahan pembelajaran di kelas dan memberikan metode pembelajaran yang tepat guna , sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang  direncanakan.
            Penulis ingin mengucapkan  rasa terima kasih yang tidak  terhingga kepada:
1.      Bapak Drs. Margono, M.Pd, M.Si selaku supervisor yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan laporan ini.
2.      Bapak Teguh Setyo, S.Pd Selaku kepala sekolah SDN Sukosari 2, yang telah memberikan ijin dan kesempatan untuk melaksanakan tugas ini.
3.      Bapak Wahyudi, S.Pd selaku Guru mata pelajaran IPA kelas V SDN Sukosari 2 yang telah memberi bantuan dan memberi kesempatan untuk penelitian ini.                                                  
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selaulu penulis harapkan.

         Malang, 21 Maret 2009



PRIMA FIN SWASTIKA SARI
            NIM. 814 321 179

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL  .....................................................................................  i
LEMBAR PENGESAHAN ..........................................................................  ii
ABSTRAK  ............................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR ........................................................................................... iv
DAFTAR ISI .................................................................................................  v
BAB I        PENDAHULUAN....................................................................... 1
A.     Latar Belakang masalah …………………………………...... 1
B.     Rumusan Masalah …………………………………………. .  4
C.     Tujuan Perbaikan  …………………………………………... 4
D.     Manfaat Perbaikan …………………………………………... 5
BAB II       KAJIAN PUSTAKA................................................................... 7
A.     Minat Belajar Siswa................................................................ 7     
B.     Unsur-unsur minat dan Fungsi Minat dalam Belajar .............. 10
C.     Model Pembelajaran Interaktif  .............................................. 14
D.     Model Pembelajaran Interaktif terhadap
      Minat Belajar Siswa ............................................................... 16
BAB III     PELAKSANAAN PERBAIKAN ...................................................... 17
A.     Subyek Penelitian …………………………………………… 17
B.     Deskripsi per siklus ………………………………………..... 18
BAB IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................         24
A.     Deskripsi per siklus …………………………………………. 24
B.     Pembahasan setiap siklus ………………………………….... 30
BAB V       KESIMPULAN DAN SARAN.................................................. 34
A.     Kesimpulan …………………………………………………. 34
B.     Saran  ……………………………………………………….. 34

DAFTAR PUSTAKA  …………………………………………………….. ........  35
LAMPIRAN  ………………………………………………………………. 37

 

No comments:

Post a Comment