LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
USAHA MENINGKATKAN MINAT
BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA KELAS V
SDN SUKOSARI 2
KECAMATAN KASEMBON
KABUPATEN MALANG
Nama mahasiswa : PRIMA FIN SWASTIKA SARI
NIM : 814 321 179
Program studi : S-1 PGSD
Tempat Mengajar : SDN. Sukosari 2 Kec. Kasembon – Kab. Malang
Jumlah Pembelajaran : 2 x Siklus
Tempat dan tanggal Pelaksanaan : Kelas V SDN Sukosari 2
3 Maret 2009 dan 10 Maret 2009
Masalah yang merupakan fokus
perbaikan :
“ Meningkatkan Minat Belajar Mata
Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya dan Gerak melalui Model Pembelajaran
Interaktif ”
Menyetujui, Sukosari, 21 Maret
2009
Supervisor
Mahasiswa
Drs. Margono,
M.Pd. M.si
PRIMA FIN
SWASTIKA SAR
NIP. 131652218 NIM.
814321179
ABSTRAK
Sari, Prima Fin Swastika, 2009. Usaha Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan
Gaya dan Gerak Melalui Model Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas V SDN Sukosari 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten
Malang
Kata Kunci : Minat Belajar, Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya dan Gerak, Model Pelajaran Interaktif
Pembelajaran interaktif merinci langkah-langkah ini dan
menampilkan suatu struktur
untuk suatu pelajaran
IPA yang melibatkan pengumpulan dan pertimbangan terhadap pertanyaan-pertanyaan siswa sebagai
pusatnya. Salah satu kebaikan
dari model pembelajaran
interaktif adalah bahwa
siswa belajar mengajukan pertanyaan,
mencoba merumuskan pertanyaan,
dan mencoba menemukan jawaban terhadap
pertanyaannya sendiri dengan
melakukan kegiatan observasi (penyelidikan). Dengan cara seperti
itu siswa atau anak menjadi kritis dan aktif belajar. Yang akan difokuskan pada
penelitian ini adalah unatuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata
pelajaran IPA.
Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model
pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA di SDN Sukosari 2
Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang serta untuk mengetahui apakah minat belajar
mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya dan gerak dapat meningkat dengan model
pembelajaran interaktif di SDN Sukosari 2
Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang
Penelitian ini
didesain merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
yang dilaksanakan dengan
mengikuti prosedur penelitian
berdasarkan pada prinsip Kemmis S,
MC Toggar R
(1988) yang mencakup
kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action),
observasi (observation), refleksi
(reflection) atau evaluasi.
Keempat kegiatan ini berlangsung
secara berulang dalam
bentuk siklus. Penelitian
ini dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti selaku
mahasiswa S-1 PGSF UT dan
dengan guru SDN Sukosari 2
Kecamatan Kasembon Malang.
Dari hasil
temuan tersebut di atas, pembelajaran sebelum perbaikan rata-rata sama dengan 65,63%. Setelah diadakan
perbaikan dengan menggunakan media visual gambar, variasi metode dan lain-lain
nilai rata-rata menjadi 74,93 %. Jadi dengan penerapan model pembelajaran
interkatif dapat meningkatkan minat
belajar dan antusias siswa pada pembelajaran IPA pada materi gaya dan gerak, sehingga mereka dapat lebih paham dengan
materi yang dipelajari. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai hasil test
mereka.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan
laporan PKP dengan judul ” Usaha Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok
Bahasan Gaya dan Gerak Melalui Model Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas V SDN Sukosari 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten
Malang ”
Penyusunan
Laporan penelitian ini merupakan tahap awal untuk memperlancar kegiatan belajar
mengajar siswa SDN Sukosari 2 yan gberusaha untuk mencari solusi permasalahan pembelajaran di kelas
dan memberikan metode pembelajaran yang tepat guna , sehingga siswa dapat
mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan.
Penulis ingin
mengucapkan rasa terima kasih yang
tidak terhingga kepada:
1.
Bapak Drs. Margono, M.Pd, M.Si selaku supervisor yang
telah memberikan bimbingan dalam penyusunan laporan ini.
2.
Bapak Teguh Setyo, S.Pd Selaku kepala sekolah SDN Sukosari
2, yang telah memberikan ijin dan kesempatan untuk melaksanakan tugas ini.
3.
Bapak Wahyudi, S.Pd selaku Guru mata pelajaran IPA
kelas V SDN Sukosari 2 yang telah memberi bantuan dan memberi kesempatan untuk
penelitian ini.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna
untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak
selaulu penulis harapkan.
Malang,
21 Maret 2009
PRIMA FIN SWASTIKA SARI
NIM. 814 321 179
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN .......................................................................... ii
ABSTRAK
............................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR ........................................................................................... iv
DAFTAR
ISI ................................................................................................. v
BAB
I PENDAHULUAN.......................................................................
1
A.
Latar Belakang masalah …………………………………...... 1
B.
Rumusan Masalah …………………………………………. . 4
C.
Tujuan Perbaikan
…………………………………………... 4
D.
Manfaat Perbaikan …………………………………………... 5
BAB II KAJIAN
PUSTAKA...................................................................
7
A.
Minat Belajar Siswa................................................................ 7
B.
Unsur-unsur minat dan Fungsi Minat dalam Belajar .............. 10
C.
Model Pembelajaran Interaktif .............................................. 14
D.
Model Pembelajaran Interaktif terhadap
Minat Belajar Siswa ...............................................................
16
BAB III PELAKSANAAN
PERBAIKAN ...................................................... 17
A.
Subyek Penelitian …………………………………………… 17
B.
Deskripsi per siklus ………………………………………..... 18
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................ 24
A.
Deskripsi per siklus …………………………………………. 24
B.
Pembahasan setiap siklus ………………………………….... 30
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN..................................................
34
A.
Kesimpulan …………………………………………………. 34
B.
Saran ……………………………………………………….. 34
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….. ........ 35
LAMPIRAN ………………………………………………………………. 37
No comments:
Post a Comment