Wednesday, July 9, 2014

Contoh Kata Pengantar COVER IPS



TUGAS 1
Tutorial Matakuliah Materi dan Pembelajaran IPS SD (Kode PGSD 4402)
Diajukan kepada Unit Pengelola Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Malang
Universitas Terbuka


PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN IPS




Oleh :

SRI SURANI

NIM. 814 321 305

KELOMPOK BELAJAR KASEMBON



PGSD FKIP UNIVERSITAS TERBUKA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIT PENGELOLA BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) MALANG
2010



ABSTRAK

Sri Surani, 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPS

Kata Kunci : Strategi , Pembelajaran , Motivasi, Pelajaran IPS


Pendidikan merupakan suatu keharusan bagi manusia dan berlangsung sepanjang hayat. Sejak kelahirannya ke dunia, anak memiliki kebutuhan untuk memperoleh pendidikan. Pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia agar dapat melakukan aktivitas sosial di masyarakat tempat mereka berada. Adalah suatu kenyataan, anak sebagai makhluk yang belum dewasa harus ditolong, dibantu, dibimbing, serta diarahkan agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pendidikan formal di sekolah
Pemecahan masalah merupakan suatu kegiatan manusia dengan menerapkan konsep dan aturan yang diperoleh sebelumnya (Dahar, 1996). Lebih lanjut, Dahar mengatakan bahwa kemampuan memecahkan masalah pada dasarnya merupakan tujuan utama proses pendidikan. Memecahkan masalah adalah menemukan langkah untuk melintasi kesenjangan yang ada. Pemecahan masalah sebagai usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan dan mencapai suatu tujuan yang tidak begitu saja dapat dicapai. Lebih lanjut Polya (1973) mengemukakan bahwa di dalam IPS terdapat dua macam masalah yaitu masalah untuk menemukan dan masalah untuk membuktikan. Kemampuan ini akan membantu siswa dalam memecahkan masalah
Berdasarkan situasi tersebut, dilakukan penelitian untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dalam memahami materi IPS bagi siswa SD. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan Guru IPS kelas III,IV,V dan VI SD (sampel). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.
Prosedur penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus pertama, siklus kedua dan siklus ke tiga. Pada tiap siklus dilaksanakan Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan , Observasi dan Refleksi
Dalam mengajarkan bidang studi IPS guru SD hendaknya selalu meningkatkan pengetahuan,           dengan berbagai model pembelajaran untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan      menyelesaikan materi yang berhubungan dengan soal pemecahan masalah. Dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah hendaknya siswa dilatih mengikuti tahapan          yang meliputi memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan meninjau kembali hasil pemecahan masalah. Dengan menggunakan cara ini siswa lebih teliti dalam menyelesaikan soal




KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT kami ucapkan karena dengan rahmat-Nya lah makalah ini dapat tersusun.
Terima kasih juga kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini. Ucapan terima kasih ini kami sampaikan kepada yang terhormat :
1.      Bapak Dosen pembimbing UT UPBJJ Malang
2.      Semua pihak yang telah membantu kelancaran penyusunan makalah ini.
Penyusunan makalah ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan yang jauh dari sempurna. Karenanya kritik dan saran yang bersifat membangun sangatlah kami harapkan dari berbagai pihak guna meningkatkan kinerja kami selanjutnya.
Kami berharap semoga penyusunan makalah ini bermanfaat bagi kami selaku mahasiswa/penyusun dan mahasiswa sekolah. Tinggi ilmu pendidikan serta masyarakat luas pada umumnya..

Billahi Fii Sabilil Haq, Fastabiqul Khoirut
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.


     Bayem, 25  Agustus  2010



 PENYUSUN


 




DAFTAR ISI




SAMPUL DALAM ……………………………………………………
i
ABSTRAK  ……………………………………………………………
ii
KATA PENGANTAR …………………………………………………
iii
DAFTAR ISI …………………………………………………………
iv

A.
Latar Belakang Masalah …………………………………
1

B.
Rumusan Masalah ………………………………………
5
C.
Pembahasan ……………………………………………...
5
1. Hasil Penelitian dan Analisis ………………………….
5
  1. Siklus Pertama …………………………………..
5
  1. Siklus Kedua……………………………………..
7
  1. Siklus ketiga …………………………………….
10
D.
Penutup …………………………………………………..
12


1. Kesimpulan ...................................................................
12


2. Saran ......... ...................................................................
13

E.
Daftar Pustaka .................................................................
14

 

No comments:

Post a Comment