TUGAS 1
Tutorial Matakuliah Materi dan Pembelajaran IPS SD (Kode PGSD
4402)
Diajukan kepada Unit Pengelola Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Malang
Universitas Terbuka
PENERAPAN
STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD PADA MATA
PELAJARAN IPS
Oleh :
SRI SURANI
NIM. 814 321 305
KELOMPOK BELAJAR KASEMBON
PGSD FKIP UNIVERSITAS
TERBUKA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIT PENGELOLA BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ)
MALANG
2010
ABSTRAK
Sri Surani, 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPS
Kata Kunci : Strategi , Pembelajaran , Motivasi,
Pelajaran IPS
Pendidikan merupakan suatu keharusan
bagi manusia dan berlangsung sepanjang hayat. Sejak kelahirannya ke dunia, anak
memiliki kebutuhan untuk memperoleh pendidikan. Pendidikan sangat dibutuhkan
oleh setiap manusia agar dapat melakukan aktivitas sosial di masyarakat tempat
mereka berada. Adalah suatu kenyataan, anak sebagai makhluk yang belum dewasa
harus ditolong, dibantu, dibimbing, serta diarahkan agar dapat mengembangkan
potensinya secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui
pendidikan formal di sekolah
Pemecahan masalah merupakan suatu kegiatan
manusia dengan menerapkan konsep dan aturan yang diperoleh sebelumnya (Dahar,
1996). Lebih lanjut, Dahar mengatakan bahwa kemampuan memecahkan masalah pada
dasarnya merupakan tujuan utama proses pendidikan. Memecahkan masalah adalah
menemukan langkah untuk melintasi kesenjangan yang ada. Pemecahan masalah
sebagai usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan dan mencapai suatu
tujuan yang tidak begitu saja dapat dicapai. Lebih lanjut Polya (1973)
mengemukakan bahwa di dalam IPS terdapat dua macam masalah yaitu masalah untuk
menemukan dan masalah untuk membuktikan. Kemampuan ini akan membantu siswa
dalam memecahkan masalah
Berdasarkan situasi tersebut,
dilakukan penelitian untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif
dalam memahami materi IPS bagi siswa SD. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian
dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini,
peneliti berkolaborasi dengan Guru IPS kelas III,IV,V dan VI SD
(sampel). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Prosedur penelitian tindakan ini
dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus pertama, siklus kedua dan siklus
ke tiga. Pada tiap siklus dilaksanakan Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan ,
Observasi dan Refleksi
Dalam mengajarkan bidang studi IPS
guru SD hendaknya selalu meningkatkan pengetahuan, dengan
berbagai model pembelajaran untuk membantu
siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan
materi yang berhubungan dengan soal pemecahan masalah. Dengan menggunakan
pendekatan pemecahan masalah hendaknya siswa dilatih mengikuti tahapan yang meliputi memahami masalah, membuat
rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan meninjau
kembali hasil pemecahan masalah. Dengan menggunakan cara ini siswa lebih teliti dalam
menyelesaikan soal
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT kami ucapkan
karena dengan rahmat-Nya lah makalah ini dapat tersusun.
Terima kasih juga kami ucapkan kepada semua pihak yang
telah membantu penyusunan makalah ini. Ucapan terima kasih ini
kami sampaikan kepada yang terhormat :
1.
Bapak
Dosen pembimbing UT UPBJJ Malang
2.
Semua
pihak yang telah membantu kelancaran penyusunan makalah ini.
Penyusunan makalah ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan
yang jauh dari sempurna. Karenanya kritik dan saran yang bersifat membangun
sangatlah kami harapkan dari berbagai pihak guna meningkatkan kinerja kami
selanjutnya.
Kami berharap semoga penyusunan makalah ini bermanfaat bagi kami selaku mahasiswa/penyusun dan mahasiswa sekolah.
Tinggi ilmu pendidikan serta masyarakat luas pada umumnya..
Billahi Fii Sabilil Haq, Fastabiqul Khoirut
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.
Bayem, 25
Agustus 2010
PENYUSUN
DAFTAR ISI
SAMPUL DALAM ……………………………………………………
|
i
|
|||
ABSTRAK ……………………………………………………………
|
ii
|
|||
KATA PENGANTAR
…………………………………………………
|
iii
|
|||
DAFTAR ISI …………………………………………………………
|
iv
|
|||
|
A.
|
Latar Belakang Masalah
…………………………………
|
1
|
|
|
B.
|
Rumusan Masalah ………………………………………
|
5
|
|
C.
|
Pembahasan ……………………………………………...
|
5
|
||
1. Hasil Penelitian dan Analisis
………………………….
|
5
|
|||
|
5
|
|||
|
7
|
|||
|
10
|
|||
D.
|
Penutup …………………………………………………..
|
12
|
||
|
|
1. Kesimpulan
...................................................................
|
12
|
|
|
|
2. Saran .........
...................................................................
|
13
|
|
|
E.
|
Daftar Pustaka
.................................................................
|
14
|
No comments:
Post a Comment