Sekolah : SDN BAYEM 03
Kelas : II
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Semester : II ( Dua )
Standar Kompetensi : 1. Mengungkapakan secara lisan dan
tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan
bercerita.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
·
Mendiskripsikan tumbuhan atau binatang
di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
|
·
Siswa dapat mendiskripsikan
ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa
lisan dan tulisan
|
Ciri-ciri tumbuhan dan binatang
|
1. Kegiatan awal (10 menit)
§ Siswa diajak membaca
tentang ciri-ciri tumbuhan dan binatang dibuku paket.
§ Guru memberikan pre test
berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan inti (50 menit)
§ Guru bercerita tentang
tumbuhan dan binatang secara umum
§ Guru berceramah tentang
materi ciri-ciri tumbuhan dan binatang secara umum.
§ Guru berceramah tentang :
a.
Menyebutkan jenis – jenis tumbuhan dan binatang disekitar
kita
b.
Mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan dan binatang tersebut
diatas
§ Guru memberi tugas siswa
untuk menulis ciri-ciri tumbuhan dan binatang yang mereka telah didengar dari
ceramah Ibu guru.
3. Kegiatan akhir (10 menit)
§ Guru bersama siswa membuat
rangkuman hasil belajar.
§ Guru menyimpulkan materi
yang telah dipelajari
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Deskripsikan ciri-ciri Tumbuhan dan
Binatang dibawah ini !
|
2
x 45 menit
|
Buku Bahasa
Indonesia kelas 2, Hesti Puji Rastuti, dkk
FOKUS Bahasa
Indonesia, acuan pengayaan. CV. Sindunata
Media
Pembelajaran :
Gambar (Gambar
Nyamuk, Kambing, Pohon pisang dan pohon kelapa)
|
SILABUS
PERBAIKAN I
Sekolah : SDN BAYEM 03
Kelas : II
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Semester : II ( Dua )
Standar Kompetensi : 1. Mengungkapakan secara lisan dan
tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan
bercerita.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
·
Mendiskripsikan tumbuhan atau binatang
di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
|
·
Siswa dapat mendiskripsikan
ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa
lisan dan tulisan
|
Ciri-ciri tumbuhan dan binatang
|
a. Kegiatan Awal (10 menit)
vGuru bercerita tentang tumbuhan dan binatang
yang ada di sekitar kita dan disertai tanya jawab tentang hal tersebut secara
umum, pertanyaan yang diajukan antara lain :
1.
Permasalahan
tentang apakah mereka punya binatang peliharaan atau pernah menanam tumbuhan
ditaman.
2.
Permasalahan
tentang apa saja jenis binatang dan tumbuhan yang ada disekitar kita.
3.
Permasalahan
bagaimana ciri-cirinya.
vMenyampaikan tujuan pembelajaran.
Dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan binatang
berdasarkan gambar dengan tepat.
b. Kegiatan Inti (45 menit)
1). Guru membagikan gambar tentang binatang dan
tumbuhan kepada para siswa, kemudian menyuruh mereka untuk memperhatikan
dengan seksama (10 menit).
2). Guru memberikan tugas untuk menuliskan ciri-ciri
binatang dan tumbuhan berdasarkan gambar yang mereka bawa masing-masing serta
diuraikan. (20 menit).
3). Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju ke depan
kelas, kemudian 4). Guru berikan instruksi untuk membaca hasil tulisan mereka
didepan kelas (15 menit).
c.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
1). Siswa bersama-sama siswa menyimpulkan apa yang
telah dipelajari dalam kegiatan ini.
2). Guru memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa sebagai pemantapan materi serta memberikan
instruksi untuk menghafalkan ciri-ciri binatang dan tumbuhan kemudian di
pertemuan selanjutnya akan diadakan presentasi ke depan untuk menyebutkan
diskripsi binatang dan tumbuhan secara lisan tanpa petunjuk gambar
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Deskripsikan ciri-ciri Tumbuhan dan
Binatang dibawah ini !
|
2
x 45 menit
|
Buku Bahasa Indonesia kelas 2, Hesti Puji
Rastuti, dkk
FOKUS Bahasa Indonesia, acuan pengayaan. CV.
Sindunata
Media Pembelajaran :
Gambar (Gambar Nyamuk, Kambing, Pohon pisang
dan pohon kelapa)
|
SILABUS
PERBAIKAN II
Sekolah : SDN BAYEM 03
Kelas : II
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Semester : II ( Dua )
Standar Kompetensi : 1. Mengungkapakan secara lisan dan
tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan
bercerita.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
·
Mendiskripsikan tumbuhan atau binatang
di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
|
·
Siswa dapat mendiskripsikan
ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa
lisan dan tulisan
|
Ciri-ciri tumbuhan dan binatang
|
1. Kegiatan Awal (10 menit)
a.
Guru
melakukan ulasan kembali secara umum tentang ciri-ciri hewan dan tumbuhan
secara umum
b.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
c.
Memantapkan
siswa dalam menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan hewan berdasarkan gambar
dengan tepat.
2. Kegiatan Inti (45 menit)
a. Guru menunjuk seluruh siswa secara
bergiliran untuk menyebutkan serta mendiskripsikan tentang hewan dan tumbuhan
disekitar kita tanpa membawa catatan dan gambar ; setiap siswa diberi waktu
maksimal 3 menit (45 menit).
b. Kemudian guru memberikan soal test uraian
tentang ciri –ciri hewan dan tumbuhan,
kemudian diinstruksikan siswa menjawab soal-soal tersebut. (20)
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
a. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya.
b. Siswa bersama-sama guru membuat kesimpulan
tentang ciri-ciri tumbuhan dan binatang disekitar kita .
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Deskripsikan ciri-ciri Tumbuhan dan
Binatang dibawah ini !
|
2
x 45 menit
|
Buku Bahasa
Indonesia kelas 2, Hesti Puji Rastuti, dkk
FOKUS Bahasa
Indonesia, acuan pengayaan. CV. Sindunata
Media
Pembelajaran :
Gambar (Gambar
Nyamuk, Kambing, Pohon pisang dan pohon kelapa)
|
No comments:
Post a Comment