RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MI Miftahul Jannah Pait
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
IV/2
Alokasi Waktu :
2 × 35 menit
Standar Kompetensi :
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
Kompetensi Dasar :
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi
dan sebaliknya
Indikator :
1. Menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambang
bilangan Romawi
2. Menyatakan lambang bilangan Romawi ke
dalam lambang
bilangan cacah
3. Menggunakan bilangan Romawi dalam
kehidupan sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambing bilangan
Romawi.
2. Siswa dapat
menyatakan lambang bilangan Romawi ke dalam lambing bilangan
cacah.
3. Siswa dapat
menggunakan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pembelajaran
• Bilangan
Romawi
III. Metode Pembelajaran
1.
Informasi/Ceramah
2. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Guru memberi
motivasi belajar kepada siswa.
• Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Guru mengajak
siswa mengingat materi pembelajaran yang lalu.
2. Kegiatan Inti
• Guru memberi
contoh bilangan Romawi, kemudian siswa diminta
menyatakan bilangan tersebut ke dalam
lambang bilangan cacah.
• Guru memberi
contoh bilangan cacah, kemudian siswa diminta
menyatakannya ke dalam lambang bilangan
Romawi.
• Guru memberi
soal-soal yang relevan dan siswa diminta menyelesaikannya.
• Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal
yang kurang jelas.
• Guru memberi
contoh penggunaan bilangan Romawi dalam kehidupan
sehari.
• Selanjutnya,
guru meminta siswa secara berkelompok mencari contoh
lain penggunaan bilangan Romawi dalam
kehidupan sehari-hari.
• Salah satu
wakil kelompok menyampaikan hasil temuannya di depan
kelas.
• Guru meminta
siswa mengerjakan ”Soal Mencongak” yang ada di buku
siswa halaman 79.
3. Kegiatan Akhir
• Guru memberi
kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan
kesungguhannya mengikuti proses belajar
mengajar.
• Guru memberi
tugas PR, 3–5 soal.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Matematika
Gemar Berhitung 4B halaman 76–80
VI. Penilaian
1. Test tulis
Contoh soal:
1. Ubahlah ke
dalam lambang bilangan Romawi.
a. 13
b. 30
c. 35
d. 50
2. Ubahlah ke
dalam lambang bilangan cacah.
a. LI
b. LXI
c. XCV
d. XCIX
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah
laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam
bertanya dan menjawab pertanyaan, serta
keaktifan siswa dalam proses
belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa
dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada
siswa
dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
RENCANA
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS
I
Satuan Pendidikan :
MI Miftahul Jannah Pait
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
IV/2
Alokasi Waktu :
2 × 35 menit
Standar Kompetensi :
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
Kompetensi Dasar :
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi
dan sebaliknya
Indikator :
1. Menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambang
bilangan Romawi
2. Menyatakan lambang bilangan Romawi ke
dalam lambang
bilangan cacah
3. Menggunakan bilangan Romawi dalam
kehidupan sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambang bilangan
Romawi.
2. Siswa dapat
menyatakan lambang bilangan Romawi ke dalam lambang bilangan
cacah.
3. Siswa dapat
menggunakan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pembelajaran
• Bilangan
Romawi
III. Metode Pembelajaran
1.
Informasi/Ceramah
2. Snowball
Throwing
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Guru memberi
motivasi belajar kepada siswa.
• Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Guru mengajak
siswa mengingat materi pembelajaran yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a.
Guru menyampaikan materi yang akan disajikan berupa
menggunakan bilangan romawi
b.
Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil
masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
penggunaan bilangan romawi,
c.
Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya
masing-masing kemudian menjelaskan materi tersebut yang disampaikan oleh guru
ke temannya,
d.
Masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja,
untuk menulis satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah di
jelaskan oleh ketua kelompok,
e.
Kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari
satu siswa ke siswa lain selama kurang lebih 5 menit. Setelah siswa dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan pada siswa tersebut untuk menjawab pertanyaan
yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergiliran,
3. Kegiatan Akhir
a.
Siswa dibantu membuat
kesimpulan.
b.
Melaksanakan tes
siklus I ( Evaluasi )
c.
Menutup pelajaran.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Matematika
Gemar Berhitung 4B halaman 76–80
VI. Penilaian
1. Test tulis
Contoh soal:
1. Ubahlah ke
dalam lambang bilangan Romawi.
a. 13
b. 30
c. 35
d. 50
2. Ubahlah ke
dalam lambang bilangan cacah.
a. LI
b. LXI
c. XCV
d. XCIX
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah
laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam
bertanya dan menjawab pertanyaan, serta
keaktifan siswa dalam proses
belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa
dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada
siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
RENCANA
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS
II
Satuan Pendidikan :
MI Miftahul Jannah Pait
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
IV/2
Alokasi Waktu :
2 × 35 menit
Standar Kompetensi :
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
Kompetensi Dasar :
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi
dan sebaliknya
Indikator :
1. Menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambang
bilangan Romawi
2. Menyatakan lambang bilangan Romawi ke
dalam lambang
bilangan cacah
3. Menggunakan bilangan Romawi dalam
kehidupan sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambing bilangan
Romawi.
2. Siswa dapat
menyatakan lambang bilangan Romawi ke dalam lambing bilangan
cacah.
3. Siswa dapat
menggunakan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pembelajaran
• Bilangan
Romawi
III. Metode Pembelajaran
1.
Informasi/Ceramah
2. Snowball throwing
2. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Guru memberi appersepsi
dan motivasi belajar kepada siswa.
• Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a.
Membuka pelajaran.
b.
Guru memberikan
apersepsi dan motivasi pada siswa
c.
Guru membentuk kelompok-kelompok dengan formasi baru
dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang
materi penggunaan bilangan romawi,
d.
Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya
masing-masing kemudian menjelaskan materi tersebut yang disampaikan oleh guru
ke temannya,
e.
Masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja,
untuk menulis satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah di
jelaskan oleh ketua kelompok,
f.
Kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari
satu siswa ke siswa lain selama kurang lebih 5 menit. Setelah siswa dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan pada siswa tersebut untuk menjawab pertanyaan
yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergiliran,
3. Kegiatan Akhir
·
Siswa dibantu membuat
kesimpulan.
·
Melaksanakan tes
siklus II ( Evaluasi )
·
Menutup pelajaran.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Matematika
Gemar Berhitung 4B halaman 76–80
VI. Penilaian
1. Test tulis
Contoh soal:
1. Ubahlah ke
dalam lambang bilangan Romawi.
a. 465
b. 95
c. 1025
d. 2031
2. Ubahlah ke
dalam lambang bilangan cacah.
a. XIX
b. DIX
c. XCVI
d. XCXII
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah
laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam
bertanya dan menjawab pertanyaan, serta
keaktifan siswa dalam proses
belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa
dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada
siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
B. Skala penilaian :
Nilai 81 – 100 = A ( Sangat Baik)
Nilai 61 – 80 = B ( Baik)
Nilai 41 – 60 = C ( Sedang)
Nilai 21 – 40 = D ( Kurang)
Nilai 0 – 40 =
E ( Sangat Kurang)
Dalam
hubungannya dengan pemusatan
perhatian, minat mempunyai
peranan dalam “melahirkan
perhatian yang serta merta, memudahkan terciptanya
pemusatan perhatian, dan mencegah
gangguan perhatian dari luar. ( The Liang Gie:: 2004).
Oleh
karena itu minat
mempunyai pengaruh yang
besar dalam belajar
karena bila bahan
pelajaran yang dipelajari
tidak sesuai dengan minat
siswa maka siswa
tersebut tidak akan
belajar dengan sebaik- baiknya, sebab
tidak ada daya
tarik baginya. Sedangkan
bila bahan pelajaran
itu menarik minat
siswa, maka ia
akan mudah dipelajari
dan disimpan karena adanya minat
sehingga menambah kegiatan belajar. Fungsi
minat dalam belajar
lebih besar sebagai
motivating force yaitu
sebagai kekuatan yang mendorong
siswa untuk belajar. Siswa yang berminat kepada
pelajaran akan tampak
terdorong terus untuk
tekun belajar, berbeda
dengan siswa yang
sikapnya hanya menerima pelajaran. mereka
hanya tergerak untuk mau
belajar tetapi sulit
untuk terus tekun karena tidak
ada pendorongnya. Oleh sebab
itu untuk memperoleh hasil yang baik dalam belajar seorang
siswa harus mempunyai minat
terhadap pelajaran sehingga akan
mendorong ia untuk terus belajar.
No comments:
Post a Comment