|
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN .............. 03
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : II/2
Tema : Kegiatan sehari-hari
Waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi
Mengungkapakan
secara lisan dan tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan
bercerita.
II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan
tulisan
III. Indikator:
Siswa dapat
mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan
bahasa lisan dan tulisan
IV. Tujuan Perbaikan
1. Siswa
dapat mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan
atau binatang disekitar dengan lisan dan tulisan secara tepat.
2. Siswa
dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat.
V. Skenario pembelajaran
1. Kegiatan
awal (10 menit)
§ Siswa
diajak membaca tentang ciri-ciri tumbuhan dan binatang dibuku paket.
§ Guru
memberikan pre test berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan
inti (50 menit)
§ Guru
bercerita tentang tumbuhan dan binatang secara umum
§ Guru
berceramah tentang materi ciri-ciri tumbuhan dan binatang secara umum.
§ Guru
berceramah tentang :
a.
Menyebutkan jenis – jenis tumbuhan dan binatang
disekitar kita
b.
Mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan dan binatang
tersebut diatas
§ Guru
memberi tugas siswa untuk menulis ciri-ciri tumbuhan dan binatang yang mereka
telah didengar dari ceramah Ibu guru.
3. Kegiatan
akhir (10 menit)
§ Guru
bersama siswa membuat rangkuman hasil belajar.
§ Guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
VI. Sumber Belajar
a.
Buku Bahasa Indonesia kelas 2, Hesti Puji Rastuti, dkk
b.
FOKUS Bahasa Indonesia, acuan pengayaan. CV. Sindunata
VII. Penilaian
a. Teknik : tes tertulis
b. Bentuk instrumen : Ulangan harian
c. Soal/Instrumen :
RENCANA
PERBAIKAN PEMBELAJARAN I
Sekolah : SDN ........... 03
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : II/2
Tema : Kegiatan sehari-hari
Waktu : 2 x 45 Menit
- Standar Kompetensi
Mengungkapakan
secara lisan dan tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan
bercerita.
- Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan
tulisan
- Indikator:
Siswa dapat
mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana
dengan bahasa lisan dan tulisan
- Metode
1. Tanya Jawab
2. Presentasi
3. Penugasan
E. Tujuan Perbaikan
a.
Siswa dapat
mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang disekitar dengan lisan dan
tulisan secara tepat.
b.
Siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat.
- Kegiatan
Perbaikan Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal (10 menit)
v
Guru bercerita tentang tumbuhan dan binatang
yang ada di sekitar kita dan disertai tanya jawab tentang hal tersebut secara
umum, pertanyaan yang diajukan antara lain :
1. Permasalahan
tentang apakah mereka punya binatang peliharaan atau pernah menanam tumbuhan
ditaman.
2. Permasalahan
tentang apa saja jenis binatang dan tumbuhan yang ada disekitar kita.
3. Permasalahan
bagaimana ciri-cirinya.
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Dapat
menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan binatang berdasarkan gambar dengan tepat.
b.
Kegiatan Inti (45 menit)
v
Guru membagikan gambar tentang binatang dan
tumbuhan kepada para siswa, kemudian menyuruh mereka untuk memperhatikan dengan
seksama (10 menit).
v
Guru memberikan tugas untuk menuliskan ciri-ciri
binatang dan tumbuhan berdasarkan gambar yang mereka bawa masing-masing serta
diuraikan. (20 menit).
v
Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju ke depan
kelas, kemudian Guru berikan instruksi untuk membaca hasil tulisan mereka
didepan kelas (15 menit).
c.
Kegiatan Akhir (15 menit)
v
Siswa bersama-sama siswa menyimpulkan apa yang
telah dipelajari dalam kegiatan ini.
v
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
sebagai pemantapan materi serta memberikan instruksi untuk menghafalkan
ciri-ciri binatang dan tumbuhan kemudian di pertemuan selanjutnya akan diadakan
presentasi ke depan untuk menyebutkan diskripsi binatang dan tumbuhan secara
lisan tanpa petunjuk gambar.
- Sumber Belajar
- Buku Bahasa Indonesia kelas 2, Hesti Puji Rastuti, dkk
- FOKUS Bahasa Indonesia, acuan pengayaan. CV. Sindunata
- Gambar tumbuhan dan binatang
- Penilaian
a. Teknik : tes tertulis
b. Bentuk instrumen : Ulangan harian
c. Soal/Instrumen :
RENCANA PERBAIKAN
PEMBELAJARAN II
Sekolah : SDN ........ 03
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : II/2
Tema : Kegiatan sehari-hari
Waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi
Mengungkapakan
secara lisan dan tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan
bercerita.
II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan
tulisan
III. Indikator:
Siswa
dapat mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara
sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
IV. Metode :
1. Presentasi
3. Penugasan
V. Tujuan Perbaikan
Siswa
dapat mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan
atau binatang disekitar dengan lisan dan tulisan secara tepat.
Siswa
dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat.
VI.
Kegiatan Perbaikan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
a.
Guru melakukan ulasan kembali secara umum tentang
ciri-ciri hewan dan tumbuhan secara umum
b.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Memantapkan
siswa dalam menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan hewan berdasarkan gambar dengan
tepat.
2. Kegiatan Inti
(45 menit)
a.
Guru menunjuk seluruh siswa secara bergiliran untuk
menyebutkan serta mendiskripsikan tentang hewan dan tumbuhan disekitar kita
tanpa membawa catatan dan gambar ; setiap siswa diberi waktu maksimal 3 menit (45 menit).
b.
Kemudian guru memberikan soal test uraian tentang ciri
–ciri hewan dan tumbuhan, kemudian
diinstruksikan siswa menjawab soal-soal tersebut. (20)
3. Kegiatan
Akhir (15 menit)
a.
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya.
b.
Siswa bersama-sama guru membuat kesimpulan tentang
ciri-ciri tumbuhan dan binatang disekitar kita .
VII. Sumber Belajar
- Buku Bahasa Indonesia kelas 2, Hesti Puji Rastuti, dkk
- FOKUS Bahasa Indonesia, acuan pengayaan. CV. Sindunata
- Gambar tumbuhan dan binatang
VIII. Penilaian
a. Teknik : tes tertulis
b. Bentuk instrumen : Ulangan harian
c. Soal/Instrumen :
No comments:
Post a Comment