LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
PADA MATERI MENULIS PUISI MELALUI
PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING SISWA KELAS V
SDN PAIT 2 KECAMATAN
KASEMBON
KABUPATEN MALANG
Nama mahasiswa : ARIK HADIANAWATI N.
NIM : 816 840 694
Program studi : S-1 PGSD
Tempat Mengajar : SDN. PAIT 2 Kec. Kasembon – Kab. Malang
Jumlah Pembelajaran : 2 x Siklus
Tempat dan tanggal Pelaksanaan : Kelas V SDN PAIT 2
5 dan 12 April 2009
Masalah yang merupakan fokus
perbaikan :
“ Peningkatan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Puisi melalui Pendekatan Contextual Teaching
Learning ”
Menyetujui,
|
Pait, 14 April 2010
|
|
Supervisor
|
Mahasiswa
|
|
Drs. DWI
RAJAB JANUADI, M.Pd
|
ARIK
HADIANAWATI N.
|
|
NIP. 19590710
1987031012
|
NIM. 816840694
|
ABSTRAK
Hadianawati, Arik .N, 2010. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
pada Materi Menulis Puisi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning Siswa
Kelas V SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon
Kabupaten Malang
Kata Kunci : Hasil belajar , Menulis Puisi, Pendekatan kontektual dan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Puisi adalah
karangan atau tulisan yang indah yang mempunyai makna tertentu dan mempunyai
nilai estetis. . Karangan atau tulisan yang indah itu dapat berasal dari
pengalaman penyair ataupun dari penggambaran sesuatu. Dalam pembelajaran
penulisan puisi banyak dijumpai siswa kesulitan dalam menemukan ide atau
gagasan yang harus dituangkan di dalam puisi mereka. Penyebab kesulitan dalam
menemukan ide atau gagasan salah satunya disebabkan oleh guru, dalam
mengajarkan yaitu dengan menggunakan metode ceramah dalam kelas sehingga siswa
akan merasakan jenuh dan bosan. Pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai.
Oleh sebab itu guru dituntut untuk pandai-pandai dalam mencari metode/pendekatan yang tepat
sebagai contohnya pendekatan Contextual Teaching Learning.
Pembelajaran
Kontekstual (Contextual Teaching and
Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi
yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat
hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam
kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama
pembelajaran efektif.
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dimaksud dengan penelitian tindakan kelas adalah
penelitian yang dilakukan di kelas untuk menyelesaikan permasalahan agar
pembelajaran dapat berhasil dengan baik. Penelitian tindakan kelas ini berisi
pra tindakan dan tindak lanjut. Adapun desain penelitiannya sebagai berikut:
Dalam penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam bentuk proses
pengkajian berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu: Perencanaan (planning),
tindakan (action), pengamatan (observation), dan reflection.
Sesuai dengan
rumusan masalah di atas maka tujuan yang akan dicapai adalah: untuk mengetahui bagaimana pendekatan
Contextual Teaching Learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi
menulis puisi siswa kelas V di SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang
untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa
Indonesia dapat meningkat dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching
Learning di SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang.
Bahwa hasil
belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkat dengan
menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning di SDN PAIT 2
Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang hal ini terbukti dengan peningkatan rata-rata
yang mana pada siklus I awalnya punya rata-rata 91,3 dan di akhir siklus II
punya rata-rata 99,5.
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur Alhamdulillah
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga peneliti
dapat menyelesaikan laporan PKP dengan judul ” Peningkatan Hasil Belajar
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Puisi melalui Pendekatan
Contextual Teaching Learning Siswa Kelas V II
SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon
Kabupaten Malang ”
Adapun
penyusunan Laporan penelitian ini adalah sebagai langkah untuk memperlancar
kegiatan belajar mengajar siswa kelas V SDN
PAIT 2 dalam hal memahami permasalahan
pembelajaran di kelas dan memberikan metode/pendekatan pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat
mencapai hasil dan prestasi belajar secara optimal.
Dalam kesempatan
ini, penulis ingin mengucapkan rasa
terima kasih yang tidak terhingga
kepada:
1.
Bapak Drs. Dwi Rajab Januadi, M.Pd selaku
supervisor yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan laporan ini.
2.
Bapak Trimojo, S.Pd Selaku kepala sekolah SDN
Pait 2, yang telah memberikan ijin dan kesempatan untuk melaksanakan tugas ini.
3.
Ibu Sri Rengganik, S.Pd selaku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN
Pait 2 yang telah memberi bantuan dan memberi kesempatan untuk penelitian ini.
4.
Semua pihak yang telah membantu memberi semangat dalam
penulisan karya ini.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna
untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak
selaulu penulis harapkan.
Pait, ….. April
2010
Peneliti
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN .......................................................................... ii
ABSTRAK
............................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR............................................................................................ iv
DAFTAR ISI
................................................................................................. v
BAB
I PENDAHULUAN.......................................................................
1
A.
Latar Belakang masalah …………………………………...... 1
B.
Rumusan Masalah …………………………………………. . 2
C.
Tujuan Perbaikan
…………………………………………... 3
D.
Manfaat Perbaikan …………………………………………... 4
BAB II KAJIAN
PUSTAKA...................................................................
5
A.
Hakekat Puisi ................................................................................... 5
B.
Unsur –Unsur Pembentuk Puisi ............................................
9
C.
Pembelajaran Menulis Puisi
....................................................
12
D.
Hasil Belajar
........................................................................... 14
E.
Hakikat Pembelajaran Kontekstual (Contextual
Teaching Learning)
................................................................................................. 18
F.
Pendekatan Contextual Teaching Learning terhadap
Hasil
Belajar Siswa pada Materi Menulis Puisi
............................... 22
BAB III PELAKSANAAN
PERBAIKAN ...................................................... 23
A.
Subyek Penelitian …………………………………………… 23
B.
Deskripsi per siklus ………………………………………..... 24
C.
Teknik Pengumpulan Data ………………………………….
27
D.
Teknik Analisis Data ………………………………………..
29
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................ 30
A.
Deskripsi per siklus …………………………………………. 31
B.
Pembahasan setiap siklus ………………………………….... 45
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN..................................................
49
A.
Kesimpulan …………………………………………………. 49
B.
Saran
……………………………………………………….. 49
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….. ........ 28
LAMPIRAN ………………………………………………………………. 29
No comments:
Post a Comment