Monday, March 10, 2014

LEMBAR PENGESAHAN

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PENINGKATAN HASIL BELAJAR  MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS PUISI  MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING SISWA KELAS V
SDN PAIT 2 KECAMATAN KASEMBON 
KABUPATEN MALANG

Nama mahasiswa                    : ARIK HADIANAWATI  N.
NIM                                        : 816 840 694
Program studi                          : S-1 PGSD
Tempat Mengajar                    : SDN. PAIT 2  Kec. Kasembon – Kab. Malang
Jumlah Pembelajaran               : 2 x Siklus
Tempat dan tanggal Pelaksanaan        : Kelas V SDN PAIT 2
                                                              5 dan 12 April 2009
Masalah yang merupakan fokus perbaikan :
 “ Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Puisi  melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning ”


Menyetujui,

Pait, 14 April 2010
Supervisor

Mahasiswa








Drs. DWI RAJAB JANUADI, M.Pd

ARIK HADIANAWATI N.
NIP. 19590710 1987031012

NIM. 816840694


ABSTRAK

Hadianawati, Arik .N, 2010. Peningkatan  Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Puisi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning Siswa Kelas V SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon  Kabupaten Malang

Kata Kunci : Hasil belajar , Menulis  Puisi, Pendekatan kontektual dan  Mata Pelajaran Bahasa  Indonesia

Puisi adalah karangan atau tulisan yang indah yang mempunyai makna tertentu dan mempunyai nilai estetis. . Karangan atau tulisan yang indah itu dapat berasal dari pengalaman penyair ataupun dari penggambaran sesuatu. Dalam pembelajaran penulisan puisi banyak dijumpai siswa kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan yang harus dituangkan di dalam puisi mereka. Penyebab kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan salah satunya disebabkan oleh guru, dalam mengajarkan yaitu dengan menggunakan metode ceramah dalam kelas sehingga siswa akan merasakan jenuh dan bosan. Pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai. Oleh sebab itu guru dituntut untuk pandai-pandai  dalam mencari metode/pendekatan yang tepat sebagai contohnya pendekatan Contextual Teaching Learning. 
Pembelajaran Kontekstual  (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dimaksud  dengan penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas untuk menyelesaikan permasalahan agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik. Penelitian tindakan kelas ini berisi pra tindakan dan tindak lanjut. Adapun desain penelitiannya sebagai berikut: Dalam penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu: Perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan reflection.
Sesuai dengan rumusan masalah di atas maka tujuan yang akan dicapai  adalah: untuk mengetahui bagaimana pendekatan Contextual Teaching Learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis puisi siswa kelas V di SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkat dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning di SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang.
Bahwa hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkat dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning di SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang hal ini terbukti dengan peningkatan rata-rata yang mana pada siklus I awalnya punya rata-rata 91,3 dan di akhir siklus II punya rata-rata 99,5.


KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan PKP dengan judul ” Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Puisi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning Siswa Kelas V II  SDN PAIT 2 Kecamatan Kasembon  Kabupaten Malang
            Adapun penyusunan Laporan penelitian ini adalah sebagai langkah untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar siswa kelas V  SDN PAIT 2  dalam hal memahami permasalahan pembelajaran di kelas dan memberikan metode/pendekatan  pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat mencapai hasil dan prestasi belajar secara optimal.
            Dalam kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan  rasa terima kasih yang tidak  terhingga kepada:
1.      Bapak Drs. Dwi Rajab Januadi, M.Pd selaku supervisor yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan laporan ini.
2.      Bapak Trimojo, S.Pd Selaku kepala sekolah SDN Pait 2, yang telah memberikan ijin dan kesempatan untuk melaksanakan tugas ini.
3.      Ibu Sri Rengganik, S.Pd selaku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  kelas V SDN Pait 2 yang telah memberi bantuan dan memberi kesempatan untuk penelitian ini.
4.      Semua pihak yang telah membantu memberi semangat dalam penulisan karya ini.                                              
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selaulu penulis harapkan.
      Pait,  ….. April  2010


                                                                                          Peneliti


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL  .....................................................................................  i
LEMBAR PENGESAHAN ..........................................................................  ii
ABSTRAK  ............................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR............................................................................................ iv
DAFTAR ISI .................................................................................................  v

BAB I        PENDAHULUAN....................................................................... 1
A.     Latar Belakang masalah …………………………………...... 1
B.     Rumusan Masalah …………………………………………. .  2
C.     Tujuan Perbaikan  …………………………………………... 3
D.     Manfaat Perbaikan …………………………………………... 4

BAB II       KAJIAN PUSTAKA................................................................... 5
A.     Hakekat Puisi ................................................................................... 5
B.     Unsur –Unsur Pembentuk Puisi  ............................................ 9
C.     Pembelajaran Menulis Puisi .................................................... 12
D.     Hasil Belajar ........................................................................... 14
E.      Hakikat Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) ................................................................................................. 18
F.      Pendekatan Contextual Teaching Learning terhadap Hasil
      Belajar Siswa pada Materi Menulis Puisi ...............................   22

BAB III     PELAKSANAAN PERBAIKAN ......................................................  23
A.     Subyek Penelitian ……………………………………………  23
B.     Deskripsi per siklus ……………………………………….....  24
C.     Teknik Pengumpulan Data ………………………………….   27
D.     Teknik Analisis Data ………………………………………..   29

BAB IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................          30
A.     Deskripsi per siklus ………………………………………….  31
B.     Pembahasan setiap siklus …………………………………....  45
BAB V       KESIMPULAN DAN SARAN..................................................  49
A.     Kesimpulan ………………………………………………….  49
B.     Saran  ………………………………………………………..  49

DAFTAR PUSTAKA  …………………………………………………….. ........  28

LAMPIRAN  ………………………………………………………………. 29

No comments:

Post a Comment