Add caption |
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
(Siklus I)
Nama Sekolah : SDN Wonorejo I
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : V / I
Waktu : 2 x 35 Menit
I. Standart Kompetensi
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
II. Kompetensi dasar
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
III. Indikator
1.3.1. Menjelaskan hubungan antara makanan dan kesehatan
IV. Tujuan Pembelajaran.
Diharapkan siswa dapat :
1. Mengidentifikasi makanan bergizi.
2. Membuat daftar menu makanan bergizi seimbang untuk dirinya.
3. Menyimpulkan bahwa makanan bergizi dengan jumlah yang seimbang menjadikan tubuh sehat.
4. Mempraktekan cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya
V. Materi Pelajaran.
Hubungan antara Makanan dan Kesehatan
VI. Metode Pelajaran
1. Diskusi
2. Tanya Jawab
3. Inquiry
4. Penugasan.
5. Portofolio
VII. Kegiatan Pembelajaran.
A. Kegiatan Awal (10 menit)
1. Pra KBM :
a. Siswa dikondisikan agar siap belajar.
b. Guru menyiapkan media dan sumber belajar.
2. Apersepsi :
a. Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang jenis-jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.
b. Guru meberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
B. Kegiatan Inti (40 menit)
- Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda.
- Masing-masing kelompok menyebutkan contoh makanan yang mengandung karbohidrat.
- Siswa mencatat hasil diskusi.
C.Kegiatan Akhir (20 menit)
- Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang dirasa belum jelas.
- Siswa membuat kesimpulan.
- Siswa mengerjakan evaluasi.
D. Sarana/ Media dan Sumber belajar.
1. Sarana/ Media : - Gambar makanan
2. Sumber : - KTSP SDN Wonorejo I
- Buku Sains Sahabatku 5 Ganeca. hal. 27-30
- Selektif hal. 68-69
E. Penilaian
1. Prosedur Tes :
a. Tes Proses
b. Tes Hasil
2. Jenis Tes :
a. Tes Tulis (Evaluasi Akhir)
b. Tes Lisan (Tanya Jawab)
3. Kinerja (Perbuatan)
a. Sikap siswa selama KBM
4. Produksi (hasil)
a. Membuat daftar menu makanan sehari-hari.
F. Tes tertulis (terlampir)
Wonorejo, 3 September 2008
Teman Sejawat,
ZAKARIA ABDUL HARYS, S.Pd
NIP. 132 077 825
|
Guru Kelas V
ANAS ANDRIYANTO
NIM. 813630917
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
MASKUPAH, S.Pd
NIP. 130 495 987
Ringkasan Materi
DIAGRAM PERKEMBANGAN HASIL EVALUASI
PEMBELAJARAN IPS KELAS V
SDN WONOREJO I KECAMATAN PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG
TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009
1. Semua makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.
2. Tujuan dan fungsi makanan bagi tubuh kita adalah untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang dengan baik.
3. Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.
4. Berdasarkan fungsinya, kandungan gizi dibagi menjadi tiga :
a. Zat tenaga, terdiri dari karbohidrat dan lemak
b. Zat pembangun, terdiri dari protein dan mineral.
c. Zat pengatur, terdiri dari mineral, vitamin, dan air.
5. Kandungan yang ada dalam makanan yaitu :
a. Karbohidrat diperlukan oleh tubuh sebagai zat tenaga.
b. Lemak merupakan sumber zat tenaga cadangan dalam tubuh.
c. Protein berfungsi sebagai pembangun tubuh kita, Menghasilkan kalori, membentuk sel baru, dan mengganti sel-sel yang rusak.
d. Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, memperlancar pencernaan makanan, dan mengatur suhu tubuh.
e. Mineral berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur tubuh
f. Vitamin berfungsi sebagai pengatur tubuh.
Kekurangan vitamin didalam tubuh disebut Avitaminosis
lampiran 5
lampiran 5
A. Menguji Kandungan Karbohidrat pada makanan
Kerjakan kegiatan ini bersama teman kelompokmu !
Mari menyiapkan bahan dan alat berikut ini.
1. Nasi
2. Roti
3. Ubi
4. Jagung
5. Singkong
6. Larutan lugol
7. Piring
8. air dan pipet
Ayo melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini.
- Menaruh berbagai jenis makanan di atas piring.
- Menetesi setiap makanan dengan larutan lugol.
- Memperhatikan perubahan yang terjadi.
- Menulis hasil pengamatan
- Membuat kesimpulan hasil percobaan
B. Tugas Portofolio
1. Ayo kalian kelompokkan makanan sesuai dengan kandungan zatnya bersama kelompok, kemudian buatlah laporan hasil pengamatan masukkan pada tabel !
No
|
Karbohidrat
|
Protein
|
Lemak
|
1
| |||
2
| |||
3
| |||
4
| |||
5
|
2. Menulis jenis makanan yang kalian sukai dan menyebutkan alasannya pada tabel dibawah ini !
No
|
Jenis Makanan
|
Alasannya
|
1
| ||
2
| ||
3
| ||
4
| ||
5
|
Lampiran 4
Pedoman Penilaian Skala Sikap
Kompetensi Dasar :
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jml
|
Rata-rata
| |||||
20
|
20
|
20
|
20
|
10
|
10
| ||||
1
|
M. ANDI AGUSTIA
| ||||||||
2
|
KHUSNUL ALIMIN
| ||||||||
3
|
M ANDI ABDILLAH
| ||||||||
4
|
M.ROZIKIN
| ||||||||
5
|
ANGGUN OKI SETYO P.
| ||||||||
6
|
A. FAISOL BAHRONI
| ||||||||
7
|
ARIF ASRUR ROFIKI
| ||||||||
8
|
DIKA RIZKI S.
| ||||||||
9
|
DENI AGUNG W.
| ||||||||
10
|
FARIDATUL ALFIAH
| ||||||||
11
|
FATKHUL KHAFID
| ||||||||
12
|
IDA FITRIANA
| ||||||||
13
|
LUKMAN FARIS
| ||||||||
14
|
LI'ATIN
| ||||||||
15
|
AFINDATUL ULUM
| ||||||||
16
|
MUHAMMAD ARFIN
| ||||||||
17
|
M. AINUR ROFIK
| ||||||||
18
|
MU'ARIF ASADILAH
| ||||||||
19
|
MIFTAKHUR RIZKI AN.
| ||||||||
20
|
NUROYANI
| ||||||||
21
|
ROUDLOTUL AINI
| ||||||||
22
|
RISA DIANA SISKA
| ||||||||
23
|
ROUDLOTUL ASLAM
| ||||||||
24
|
SITI NUR JANAH
| ||||||||
25
|
BAWON SAFITRI
|
No
|
Aspek Penilaian
|
Ket
|
1
|
Ketepatan waktu
| |
2
|
Kreativas
| |
3
|
Kerja sama
| |
4
|
Kebanaran jawaban
| |
5
|
Kejujuran
| |
6
|
kerapian
| |
Nilai rata-rata
|
Lampiran 5
Soal Tes Formatif
C. Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Apa yang dimaksud dengan makan bergizi seimbang ?
2. Apakah yang fungsi dari karbohidarat bagi Tubuh ?
3. Barilah contoh makanan yang mengandung karbohidrat ?
4. Berdasarkan sumbernya lemak dibagi menjadi ? Jelaskan !
5. Apakah funsi dari protein bagi tubuh ?
6. Apa nama lain dari protein ?
7. Berilah contoh makanan yang mengandung protein
8. Berguna sebagai apa air bagi tubuh ?
9. Sebutkan macam-macam vitamin yang kamu ketahui ?
10. Penyakit Malnutrisi disebabkan oleh apa ?
Kunci Jawaban :
1. Makanan yag mengandung semua zat yang diperlukan oleh tubuh
2. Sumber tenaga
3. beras, jagung, gandum, kentang, dan ubi kayu/ jalar
4. 2 macam yaitu :
a. lemak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan
b. lemak hewani berasal dari hewan
5. sebagai pembangun tubuh kita dan memulihkan bagian-bagian sel tubuh yang rusak
6. Zat putih telur
7. kacang-kacangan, jagung, tempe, tahu, susu, hati, ayam, ikan, udang, daging, keju
8. untuk melarutkan zat-zat makanan, memperlancar pencernaan makan, dan mengatur suhu tubuh.
9. Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K.
10. Penyakit akibat salah takaran gizi
Lampiran 6
Hasil Tes Formatif Pembelajaran Siklus I
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : V / I
Waktu : 2 x 35 Menit
Kompetensi dasar : 1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
Indikator : 1.3.1. Menjelaskan hubungan antara makanan dan kesehatan
No
|
Nama Siswa
|
Jumlah Benar
|
Keberhasilan (%)
|
Ketuntasan
|
1
|
M. ANDI AGUSTIA
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
2
|
KHUSNUL ALIMIN
|
40
|
40%
|
Tidak Tuntas
|
3
|
M ANDI ABDILLAH
|
40
|
40%
|
Tidak Tuntas
|
4
|
MUHAMMAD ROZIKIN
|
40
|
40%
|
Tidak Tuntas
|
5
|
ANGGUN OKI SETYO P.
|
60
|
60%
|
Tuntas
|
6
|
AHMAD FAISOL B.
|
70
|
70%
|
Tuntas
|
7
|
ARIF ASRUR ROFIKI
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
8
|
DIKA RIZKI SETIAWAN
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
9
|
DENI AGUNG WIBOWO
|
70
|
70%
|
Tuntas
|
10
|
FARIDATUL ALFIAH
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
11
|
FATKHUL KHAFID
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
12
|
IDA FITRIANA
|
70
|
70%
|
Tuntas
|
13
|
LUKMAN FARIS
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
14
|
LI’ATIN
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
15
|
AFINDATUL ULUM
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
16
|
MUHAMMAD ARFIN
|
60
|
60%
|
Tuntas
|
17
|
M. AINUR ROFIK
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
18
|
MU’ARIF ASADILAH
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
19
|
MIFTAKHUR RIZKI AN.
|
80
|
80%
|
Tuntas
|
20
|
NUROYANI
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
21
|
ROUDLOTUL AINI
|
70
|
70%
|
Tuntas
|
22
|
RISA DIANA SISKA
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
23
|
ROUDLOTUL ASLAM
|
40
|
40%
|
Tidak Tuntas
|
24
|
SITI NUR JANAH
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
25
|
BAWON SAFITRI
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
Jumlah
|
1340
|
1340
| ||
Rata-rata
|
53.60
|
53.60%
|
Lampiran 6
LEMBAR OBSERVASI SIKLUS I
Mata Pelajaran : IPA
Kompetensi dasar : 1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
Indikator : 1.3.1. Menjelaskan hubungan antara makanan dan kesehatan
Waktu : 2 x 35 Menit
Kelas / Semester : V / I
Pelaksanaan Tanggal : 3 September 2008
Fokus Observasi : Kegiatan guru dalam pembelajaran
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan
| ||
Ada
|
Tidak ada
|
Komentar
| ||
1
|
Memberi apersepsi sebelum mulai pelajaran
|
a
|
· Perlu adanya media pembelajaran
· Penguatan yang diberikan masih kurang
· Kesimpulan tidak dibahas pada akhir pembelajaran
| |
2
|
Menanamkan konsep melalui media
|
a
| ||
3
|
Menggunakan metode
|
a
| ||
4
|
Memberi kesempatan bertanya
|
a
| ||
5
|
Memberi penguatan pada siswa
|
a
| ||
6
|
Mengelola kelas
|
a
| ||
7
|
Membuat kesimpulan
|
a
| ||
8
|
Melaksanakan tes akhir
|
a
|
Wonorejo, 3 September 2008
Teman Sejawat,
ZAKARIA ABDUL HARYS, S.Pd
NIP. 132 077 825
|
Mahasiswa
ANAS ANDRIYANTO
NIM. 813 630 917
|
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
(Siklus II)
Sekolah : SDN Wonorejo I
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : V / I
Waktu : 2 x 35 Menit
I. Standart Kompetensi
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
II. Kompetensi dasar
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
III. Indikator
1.3.1. Menjelaskan hubungan antara makanan dan kesehatan
IV. Tujuan Pembelajaran.
Diharapkan siswa dapat :
1. Mengidentifikasi makanan bergizi.
2. Membuat daftar menu makanan bergizi seimbang untuk dirinya.
3. Menyimpulkan bahwa makanan bergizi dengan jumlah yang seimbang menjadikan tubuh sehat.
4. Mempraktekan cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.
V. Materi Pelajaran.
Hubungan antara Makanan dan Kesehatan
VI. Metode Pelajaran
1. Diskusi
2. Tanya Jawab
3. Inquiry
4. Penugasan.
5. Portofolio
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (10 menit)
a. Pra KBM :
1. Siswa dikondisikan agar siap belajar.
2. Guru menyiapkan media dan sumber belajar.
b. Apersepsi :
1. Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang jenis-jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.
2. Guru meberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
B. Kegiatan Inti (40 menit)
- Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda.
- Masing-masing kelompok menyebutkan contoh makanan yang mengandung karbohidrat.
- Siswa mencatat hasil diskusi.
- Siswa membuat daftar menu makanan bergizi.
C. Kegiatan Akhir (20 menit)
- Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang dirasa belum jelas.
- Siswa membuat kesimpulan.
- Siswa mengerjakan evaluasi
D. Sarana/ Media dan Sumber belajar.
1. Sarana/ Media : - Gambar makanan
2. Sumber : - KTSP SDN Wonorejo I
- Buku Sains Sahabatku 5 Ganeca. hal. 27-30
- Selektif hal. 68-69
E. Penilaian
1. Prosedur Tes :
a. Tes Proses
b. Tes Hasil
2. Jenis Tes :
a. Tes Tulis (Evaluasi Akhir)
b. Tes Lisan (Tanya Jawab)
3. Kinerja (Perbuatan)
a. Sikap siswa selama KBM
4. Produksi (hasil)
b. Membuat daftar menu makanan sehari-hari.
2. Tes tertulis (terlampir)
Wonorejo, 8 September 2008
Teman Sejawat,
ZAKARIA ABDUL HARYS, S.Pd
NIP. 132 077 825
|
Guru Kelas V
ANAS ANDRIYANTO
NIM. 813630917
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
MASKUPAH, S.Pd
NIP. 130 495 987
Ringkasan Materi
1. Semua makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.
2. Tujuan dan fungsi makanan bagi tubuh kita adalah untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang dengan baik.
3. Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.
4. Berdasarkan fungsinya, kandungan gizi dibagi menjadi tiga :
a. Zat tenaga, terdiri dari karbohidrat dan lemak
b. Zat pembangun, terdiri dari protein dan mineral.
c. Zat pengatur, terdiri dari mineral, vitamin, dan air.
5. Kandungan yang ada dalam makanan yaitu :
a. Karbohidrat diperlukan oleh tubuh sebagai zat tenaga.
b. Lemak merupakan sumber zat tenaga cadangan dalam tubuh.
c. Protein berfungsi sebagai pembangun tubuh kita, Menghasilkan kalori, membentuk sel baru, dan mengganti sel-sel yang rusak.
d. Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, memperlancar pencernaan makanan, dan mengatur suhu tubuh.
e. Mineral berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur tubuh
f. Vitamin berfungsi sebagai pengatur tubuh.
Kekurangan vitamin didalam tubuh disebut Avitaminosis
lampiran 5
lampiran 5
A. Menguji Kandungan Karbohidrat pada makanan
Kerjakan kegiatan ini bersama teman kelompokmu !
Mari menyiapkan bahan dan alat berikut ini.
1. Nasi
2. Roti
3. Ubi
4. Jagung
5. Singkong
6. Larutan lugol
7. Piring
8. air dan pipet
Ayo melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini.
- Menaruh berbagai jenis makanan di atas piring.
- Menetesi setiap makanan dengan larutan lugol.
- Memperhatikan perubahan yang terjadi.
- Menulis hasil pengamatan
- Membuat kesimpulan hasil percobaan
B. Tugas Portofolio
1. Ayo kalian kelompokkan makanan sesuai dengan kandungan zatnya bersama kelompok, kemudian buatlah laporan hasil pengamatan masukkan pada tabel !
No
|
Karbohidrat
|
Protein
|
Lemak
|
1
| |||
2
| |||
3
| |||
4
| |||
5
|
2. Menulis jenis makanan yang kalian sukai dan menyebutkan alasannya pada tabel dibawah ini !
No
|
Jenis Makanan
|
Alasannya
|
1
| ||
2
| ||
3
| ||
4
| ||
5
|
Lampiran 4
Pedoman Penilaian Skala Sikap
Kompetensi Dasar :
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jml
|
Rata-rata
| |||||
20
|
20
|
20
|
20
|
10
|
10
| ||||
1
|
M. ANDI AGUSTIA
| ||||||||
2
|
KHUSNUL ALIMIN
| ||||||||
3
|
M ANDI ABDILLAH
| ||||||||
4
|
M.ROZIKIN
| ||||||||
5
|
ANGGUN OKI SETYO P.
| ||||||||
6
|
A. FAISOL BAHRONI
| ||||||||
7
|
ARIF ASRUR ROFIKI
| ||||||||
8
|
DIKA RIZKI S.
| ||||||||
9
|
DENI AGUNG W.
| ||||||||
10
|
FARIDATUL ALFIAH
| ||||||||
11
|
FATKHUL KHAFID
| ||||||||
12
|
IDA FITRIANA
| ||||||||
13
|
LUKMAN FARIS
| ||||||||
14
|
LI'ATIN
| ||||||||
15
|
AFINDATUL ULUM
| ||||||||
16
|
MUHAMMAD ARFIN
| ||||||||
17
|
M. AINUR ROFIK
| ||||||||
18
|
MU'ARIF ASADILAH
| ||||||||
19
|
MIFTAKHUR RIZKI AN.
| ||||||||
20
|
NUROYANI
| ||||||||
21
|
ROUDLOTUL AINI
| ||||||||
22
|
RISA DIANA SISKA
| ||||||||
23
|
ROUDLOTUL ASLAM
| ||||||||
24
|
SITI NUR JANAH
| ||||||||
25
|
BAWON SAFITRI
|
No
|
Aspek Penilaian
|
Ket
|
1
|
Ketepatan waktu
| |
2
|
Kreativas
| |
3
|
Kerja sama
| |
4
|
Kebanaran jawaban
| |
5
|
Kejujuran
| |
6
|
kerapian
| |
Nilai rata-rata
|
Lampiran 5
Soal Tes Formatif
C. Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Apa yang dimaksud dengan makan bergizi seimbang ?
2. Apakah yang fungsi dari karbohidarat bagi Tubuh ?
3. Barilah contoh makanan yang mengandung karbohidrat ?
4. Berdasarkan sumbernya lemak dibagi menjadi ? Jelaskan !
5. Apakah funsi dari protein bagi tubuh ?
6. Apa nama lain dari protein ?
7. Berilah contoh makanan yang mengandung protein
8. Berguna sebagai apa air bagi tubuh ?
9. Sebutkan macam-macam vitamin yang kamu ketahui ?
10. Penyakit Malnutrisi disebabkan oleh apa ?
Kunci Jawaban :
1. Makanan yag mengandung semua zat yang diperlukan oleh tubuh
2. Sumber tenaga
3. beras, jagung, gandum, kentang, dan ubi kayu/ jalar
4. 2 macam yaitu :
a. lemak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan
b. lemak hewani berasal dari hewan
5. sebagai pembangun tubuh kita dan memulihkan bagian-bagian sel tubuh yang rusak
6. Zat putih telur
7. kacang-kacangan, jagung, tempe, tahu, susu, hati, ayam, ikan, udang, daging, keju
8. untuk melarutkan zat-zat makanan, memperlancar pencernaan makan, dan mengatur suhu tubuh.
9. Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K.
10. Penyakit akibat salah takaran gizi
Lampiran 6
Hasil Tes Formatif Pembelajaran Siklus I
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : V / I
Waktu : 2 x 35 Menit
Kompetensi dasar : 1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
Indikator : 1.3.1. Menjelaskan hubungan antara makanan dan kesehatan
No
|
Nama Siswa
|
Jumlah Benar
|
Keberhasilan (%)
|
Ketuntasan
|
1
|
M. ANDI AGUSTIA
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
2
|
KHUSNUL ALIMIN
|
40
|
40%
|
Tidak Tuntas
|
3
|
M ANDI ABDILLAH
|
40
|
40%
|
Tidak Tuntas
|
4
|
MUHAMMAD ROZIKIN
|
40
|
40%
|
Tidak Tuntas
|
5
|
ANGGUN OKI SETYO P.
|
60
|
60%
|
Tuntas
|
6
|
AHMAD FAISOL B.
|
70
|
70%
|
Tuntas
|
7
|
ARIF ASRUR ROFIKI
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
8
|
DIKA RIZKI SETIAWAN
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
9
|
DENI AGUNG WIBOWO
|
70
|
70%
|
Tuntas
|
10
|
FARIDATUL ALFIAH
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
11
|
FATKHUL KHAFID
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
12
|
IDA FITRIANA
|
70
|
70%
|
Tuntas
|
13
|
LUKMAN FARIS
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
14
|
LI’ATIN
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
15
|
AFINDATUL ULUM
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
16
|
MUHAMMAD ARFIN
|
60
|
60%
|
Tuntas
|
17
|
M. AINUR ROFIK
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
18
|
MU’ARIF ASADILAH
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
19
|
MIFTAKHUR RIZKI AN.
|
80
|
80%
|
Tuntas
|
20
|
NUROYANI
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
21
|
ROUDLOTUL AINI
|
70
|
70%
|
Tuntas
|
22
|
RISA DIANA SISKA
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
23
|
ROUDLOTUL ASLAM
|
40
|
40%
|
Tidak Tuntas
|
24
|
SITI NUR JANAH
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
25
|
BAWON SAFITRI
|
50
|
50%
|
Tidak Tuntas
|
Jumlah
|
1340
|
1340
| ||
Rata-rata
|
53.60
|
53.60%
|
Lampiran 6
LEMBAR OBSERVASI SIKLUS I
Mata Pelajaran : IPA
Kompetensi dasar : 1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
Indikator : 1.3.1. Menjelaskan hubungan antara makanan dan kesehatan
Waktu : 2 x 35 Menit
Kelas / Semester : V / I
Pelaksanaan Tanggal : 3 September 2008
Fokus Observasi : Kegiatan guru dalam pembelajaran
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan
| ||
Ada
|
Tidak ada
|
Komentar
| ||
1
|
Memberi apersepsi sebelum mulai pelajaran
|
a
|
·
| |
2
|
Menanamkan konsep melalui media
|
a
| ||
3
|
Menggunakan metode
|
a
| ||
4
|
Memberi kesempatan bertanya
|
a
| ||
5
|
Memberi penguatan pada siswa
|
a
| ||
6
|
Mengelola kelas
|
a
| ||
7
|
Membuat kesimpulan
| |||
8
|
Melaksanakan tes akhir
|
a
|
Wonorejo, 8 September 2008
Teman Sejawat,
ZAKARIA ABDUL HARYS, S.Pd
NIP. 132 077 825
|
Mahasiswa
ANAS ANDRIYANTO
NIM. 813 630 917
|
Lampiran 10
REKAPITULASI HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kompetensi dasar : 1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
Indikator : 1.3.1. Menjelaskan hubungan antara makanan dan kesehatan
Kelas / Semester : V / I
No
|
Nama Siswa
|
Siklus I
|
Siklus II
| ||
Jumlah Benar
|
Keberhasilan (%)
|
Jumlah Benar
|
Ketuntasan (%)
| ||
1
|
M. ANDI AGUSTIA
|
50
|
50%
|
60
|
60%
|
2
|
KHUSNUL ALIMIN
|
40
|
40%
|
50
|
50%
|
3
|
M ANDI ABDILLAH
|
40
|
40%
|
50
|
50%
|
4
|
MUHAMMAD ROZIKIN
|
40
|
40%
|
60
|
60%
|
5
|
ANGGUN OKI SETYO P.
|
60
|
60%
|
80
|
80%
|
6
|
A. FAISOL BAHRONI
|
70
|
70%
|
100
|
100%
|
7
|
ARIF ASRUR ROFIKI
|
50
|
50%
|
70
|
70%
|
8
|
DIKA RIZKI SETIAWAN
|
50
|
50%
|
80
|
80%
|
9
|
DENI AGUNG WIBOWO
|
70
|
70%
|
80
|
80%
|
10
|
FARIDATUL ALFIAH
|
50
|
50%
|
90
|
90%
|
11
|
FATKHUL KHAFID
|
50
|
50%
|
90
|
90%
|
12
|
IDA FITRIANA
|
70
|
70%
|
100
|
100%
|
13
|
LUKMAN FARIS
|
50
|
50%
|
80
|
80%
|
14
|
LI'ATIN
|
50
|
50%
|
80
|
80%
|
15
|
AFINDATUL ULUM
|
50
|
50%
|
80
|
80%
|
16
|
MUHAMMAD ARFIN
|
60
|
60%
|
90
|
90%
|
17
|
M. AINUR ROFIK
|
50
|
50%
|
80
|
80%
|
18
|
MU'ARIF ASADILAH
|
50
|
50%
|
80
|
80%
|
19
|
MIFTAKHUR RIZKI AN.
|
80
|
80%
|
100
|
100%
|
20
|
NUROYANI
|
50
|
50%
|
50
|
50%
|
21
|
ROUDLOTUL AINI
|
70
|
70%
|
100
|
100%
|
22
|
RISA DIANA SISKA
|
50
|
50%
|
50
|
50%
|
23
|
ROUDLOTUL ASLAM
|
40
|
40%
|
70
|
70%
|
24
|
SITI NUR JANAH
|
50
|
50%
|
90
|
90%
|
25
|
BAWON SAFITRI
|
50
|
50%
|
90
|
90%
|
Jumlah
|
1340
|
53,60
|
1950
|
78
| |
Rata-rata
|
53,60
|
53,60 %
|
78
|
78 %
|
No comments:
Post a Comment