Sunday, February 16, 2014

CONTOH PROGRAM PEMBINAAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Di lingkungan tempat tinggal saya ada beberapa organisasi kemasyarakatan baik yang bersifat keagamaan maupun yang bersifat umum. Salah satunya adalah Fatayat NU. Fatayat NU merupakan organisasi agama Islam yang anggotanya perempuan berusia 20 tahun sampai 35 tahun (menurut AD –ART Fatayat NU). Tetapi di lingkungan tempat tinggal saya Fatayat NU beranggotakan perempuan dari usia SD, SMP, SMA dan sudah lulus sekolah forma. Perempuan yang masih usia Fatayat tetapi sudah menikah, mereka ikut organisasi yang berjenjang lebih tinggi yaitu Muslimat NU. Jadi bisa disimpulkan, bahwa anggota Fatayat NU adalah pemuda/ remaja putri.
Kegiatan mereka adalah pembacaan diba’iyah yang dilakukan satu minggu sekali pada hari Jum’at. Kegiatan ini dilakukan di ranting/di kampong. Sedangkan kegiatan di Anak Cabang di lakukan setiap selapan sekali yaitu pada hari minggu wage. Dari kenyataan ini saya berfikir alangkah baiknya jika kegiatannya ditambah dengan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Agar organisasi Fatayat NU dapat berperan aktif dan dapat menampakkan hasil yang nyata dalam pembangunan, misalnya dengan diberi ketrampilan menjahit. Dengan beranggotakan pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa dan berpotensi besar dalam pembangunan karena usianya yang masih produktif.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana para peserta didik sudah mampu menjahit dengan menggunakan mesin jahit ?
2.      Apakah para peserta didik sudah mampu membuat pakaian secara sederhana ?
C.    Tujuan
1.      Untuk memberikan ketrampilan menjahit dengan menggunakan mesin.
2.      Untuk memberikan ketrampilan cara membuat pakaian secara sederhana.
D.    Manfaat
1.      Bagi Mahasiswa
a.       Pembinaan di kalangan remaja putri bermanfaat dalam menggali ilmu, menambah pengetahuan ketrampilan dan pengalaman dalam pembelajaran di luar sekolah.
b.      Mahasiswa dapat berorientasi terhadap masyarakat sehingga dapat mengambil manfaat.
2.       Bagi Organisasi Fatayat NU
a.       Menumbuh kembangkan organisasi Fatayat NU di Dusun Giling Desa Bayem Kecamatan Kasembon Malang.
b.      Memotivasi organisasi Fatayat NU untuk berkreasi dan berperan aktif dalam pembangunan.
3.       Bagi Warga Belajar
a.       Mendapat ketrampilan baru.

b.      Peserta didik dapat termotivasi untuk belajar dengan senang dan nyaman.



BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.    Identitas Peserta
NO
NAMA
USIA
PENDIDIKAN
PEKERJAAN
1
................
18
SMU
-
2
.......................
17
SLTP
-
3
............
19
SLTP
-
4
................
27
SLTP
-
5
.....................
16
SLTP
-
6
...................
19
MAN
-
7
..................
17
SLTP
-





B.     Tutor
Nama Tutor           : Muhimatur Rodiyah.
Alamat                  : Dusun ***** RT : 08 ** : 03 Desa *******
  Malang.
Pekerjaan               : Penjahit/Mahasiswa UT
C.    Pelaksanaan Kegiatan Praktek Ketrampilan Menjahit
§  Waktu : Di lakukan dalam 4 kali pertemuan
Yaitu tanggal 14 Agustus 2010 , 21 Agustus 2010 , 28 Agustus 2010 , dan 4 September 2010.
§  Tempat : Rumah Muhimatur Rodiyah.
§  Jadwal Pelaksanaan Pembelajaran (Jadwal terlampir)
D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengenalan bagian – bagian mesin serta alat yang di butuhkan.
2.      Cara Menjahit dengan Mesin.
3.      Cara mengambil ukuran untuk membuat pola dasar.
4.      Cara membuat pola pakaian atasan dan bawahan.
5.      Cara memotong kain.
6.      Cara menjahit jelujur
7.      Cara menjahit hasil potongan kain dengan mesin.

E.     Media Pembelajaran
1.      Alat tulis, pensil, penghapus, skala, buku besar, HVS warna.
2.      Meteran.
3.      Jarum.
4.      Benang.
5.      Kertas tela/ kobot.
6.      Kain / baju sobek.
7.      Gunting.
8.      Mesin jahit.
9.      Pensil merah biru.
10.  Rader.
11.  Karbon warna.
F.     Metode Pembelajaran
§  Metode ceramah
§  Wawancara
§  Demonstrasi
G.    Evaluasi Hasil Belajar
1.      Menjawab tes subyektif.
Menyebutkan bagian – bagian mesin serta alat yang digunakan dalam Menjahit dll.
2.      Tes Praktek
§  Ketrampilan menjahit dengan mesin.
§  Ketepatan menjahit jelujur.
§  Kemampuan / ketepatan mengambil ukuran untuk membuat pakaian diri sendiri.
§  Kemampuan membuat pola.
§  Kemampuan memotong kain.
§  Kerapian menjahit.
3.      Keaktifan bertanya, keaktifan berdialog, kepedulian terhadap teman (kerjasama) tanggung jawab.




BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
     Dari hasil kegiatan pembelajaran dapat di simpulkan sebagai berikut :
1.      Anggota Fatayat NU merespon positif program ini.
2.      Tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi, karena dengan praktek langsung.
3.      Mendapat ketrampilan baru.
4.      Biaya untuk membuat pakaian/menjahit pakaian yang sobek lebih ekonomis.
5.      Organisasi Fatayat NU lebih produktif dalam pembelajaran SDM.
6.      Menambah lapangan kerja baru.
BSaran
1.      Organisasi Fatayat NU sebaiknya lebih berupaya dalam pengembangan kegiatan dalam bentuk yang lain sehingga bukan sekedar organisasi yang berkecimpung dalam kegiatan keagamaan saja.
2.      Anggota Fatayat NU hendaknya mampu menggali potensi diri yang dapat di kembangkan di masyarakat dalam rangka kesejahteraan masyarakat.
3.      Kedisiplinan dan kejujuran merupakan hal yang penting dalam bekerja.
4.      Kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan di lanjutkan sebagai program Fatayat NU.



DAFTAR PUSTAKA

Halimah , I. (2008) .Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta:Universitas Terbuka.
Rully .(1998) . Modul Kursus Menjahit. Kediri : Sanggar Busana Indah.



JADWAL PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN KETRAMPILAN MENJAHIT

I. Kegiatan Hari Pertama
   Hari / Tanggal          : Sabtu, ........................
   Pukul                        : 14.00 – 16.30.WIB
   Kegiatan                   : a. Kegiatan Awal
                                         - Pembukaan / salam.
                                         - Berdo’a.
                                         - Perkenalan.
                                       b. Kegiatan Inti
                                          - Pengenalan bagian – bagian mesin jahit.
                                          - Cara menjahit dengan mesin.
                                       c. Kegiatan Akhir
                                          - Tanya jawab.
                                          - Penutup do’a.

II. Kegiatan Hari Kedua
     Hari / Tanggal        : Sabtu,........................
     Pukul                      : 14.00 – 16.30.WIB
     Kegiatan                 : a. Kegiatan Awal
                                         - Pembukaan dengan mengucapkan salam.
                                         - Berdo’a.
                                         - Tanya jawab pelajaran sebelumnya.
  b. Kegiatan Inti
     - Mengambil ukuran untuk membuat pola dasar.
     - Membuat pola pakaian atasan dan bawahan.
                                      c. Kegiatan Akhir
                                          - Tanya jawab.
                                          - Penutup do’a.

III. Kegiatan hari ke tiga
      Hari / Tanggal       : Sabtu, .......................
      Pukul                     : 14.00 – 16.30.WIB
      Kegiatan                : a. Kegiatan Awal
                                         - Pembukaan / salam.
                                         - Berdo’a.
                                         - Evaluasi hasil pembelajaran sebelumnya.
    b. Kegiatan Inti
     - Pola di terapkan pada kain.
     - Cara memotong kain.
     - Cara menjahit jelujur.
                                        c. Kegiatan Akhir
                                          - Evaluasi hasil belajar.
                                          - Penutup do’a.

IV. Kegiatan Hari Keempat
      Hari / Tanggal       : Sabtu, ....................
      Pukul                     : 14.00 – 16.30.WIB
      Kegiatan                : a. Kegiatan Awal
                                         - Pembukaan / salam.
                                         - Berdo’a.
  b. Kegiatan Inti
     - Menjahit hasil potongan kain dengan mesin.
                                      c. Kegiatan Akhir
                                          - Evaluasi.
                                          - Penutup do’a.

Catatan : Bagi warga belajar yang belum menguasai materi pembelajaran ada   kegiatan ekstra di luar waktu pembelajaran.





DAFTAR WARGA BELAJAR ( WB )
PROGRAM PEMBELAJARAN KETRAMPILAN MENJAHIT

NAMA KELOMPOK                       : F****** **
NAMA DUSUN                                : *********
NAMA TUTOR                                : M********* *****

NO
NAMA
UMUR
1
.........................
18
2
...........................
17
3
......................
19
4
........................
27
5
.....................
16
6
.....................
19
7
.........................
17
   

Mengetahui
Kepala RW 03





SA*****

Kasembon ,19 ............. 20**
Mahasiswa





MU******     *****
NIM. 8 1 * * 0 7 * * *
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     POLA DASAR ROK

Ukuran Pola Dasar Rok
1.      Lingkar Pinggang (L.Ping)     : Diukur melingkar pinggang (bangke’an).
2.      Tinggi Panggul (T.Pang)         : Diukur di pinggang bagian samping ke
                          bawah sampai bagian pantat terbesar.
3.      Lingkar Panggul (L.Pang)       : Diukur melingkar panggul (Pantat terbesar)
  ditambah 4 jari berdiri / 4 cm.
4.      Panjang Rok                            : Diukur dari pinggang ke bawah
  Sampai panjang dikehendaki.
            Ukuran”
1.      L.Pinggang      : 66 cm.
2.      T. Panggul       : 21 cm.
3.      L. Panggul       : 95 cm.
4.      P. Rok             : 60 cm.
POLA DASAR ROK (BAGIAN DEPAN)
SEMIKLOK   
Keterangan :
1.      A - B         : ¼ L.Pang +1 cm +3 cm.
2.      A - C          : Turun 2 cm (c ditmb ke
                     B).
3.      C - D         : 1/10 L. Ping +2 cm.
4.       D - E        : 3 cm (di cari tengah moa
       diberi kode E).
5.      F - G            : Turun 12 ½ cm.
6.      C - H           : T. Pang – 3 cm (utk
                       ban).
7.      H - I            : ¼ L. Pang + 1 cm.
8.      C - J             : P. Rok – 3 cm.
9.      J - K            : 1/3 L. Pang + 1 cm.
10.  K - L           : Naik 2 cm (J ditmb. L).

POLA DASAR ROK BAGIAN BELAKANG
 Keterangan :
1.      A - B         : ¼ L.Pang -1 cm +3 cm.
2.      A - C          : Turun 2 cm.
3.      C - D         : 1/10 L. Ping.
4.       D - E        : 3 cm (tengah” kode F).
5.      F - G            : Turun 12 ½ cm.
6.      C - H           : T. Pang – 3 cm.
7.      H - I            : ¼ L. Pang - 1 cm.
8.      C - J             : P. Rok – 3 cm.
9.      J - K            : 1/3 L. Pang - 1 cm.
10.  K - L         : Naik 2 cm.


Catatan :
1.      Untuk model semi span
Keterangan no. 9 bagian depan diganti ¼ L. Pang +1 cm
Sidangh bagian belakang ¼ L. Pang – 1 cm.
2.      Untuk model span
Keterangan no.9 bagian depan diganti ¼ L. Pang +1 cm -11/2 cm.
Sedang bagian belakang ¼ L. Pang – 1 cm – 11/2 cm.
Cara Memotong Depan
§  Titik CJ diletakkan pada lipatan kain.
§  Titik CB diberi jarak jahitan 11/2 cm.
§  Titik BC diberi jarak jahitan 2 cm.
§  Titik JL diberi jarak jahitan 3 cm.
Cara Memotong Bagian Belakang
1.      Titik CJ diletakkan pada pinggiran kain diberi jarak jahitan 3 cm.
2.      3. 4.sama dengan depan.
Pola Ban Pinggang
Keterangan :
1.      A –B               = L.Ping
2.      AC / BD          = 2 X Lebar ban
3.      Antara AC / BD dicari tengah”nya diberi kode E – F sebagai batas ban luas dan belakang.
Catatan Cara Memotong
1.      Pola ban dipotong satu kali
2.      Titik AB / CD diberi jarak jahitan 11/2 cm
3.      Titik AC / BD diberi jarak jahitan 5.3 cm
Bila pasang ban yang kanan pas yang kiri yang lebih
Jarak ukuran ban yang atas 3 cm.
Jarak ukuran ban yang samping 11/2 cm


A                                                                                                                              B
E                                                                                                                               F
C                                                                                                                              D





MODEL SEMI SPAN
                                                                                                                     
Catatan :
Kalau tak ada flay : titik C – J diberi jarak 5 cm / 6 cm.
Lapisan  belahan belakang
1.      A – B  2x jarak C – J = 12 cm
2.      A – C / B – D panjang belahan 10+10 cm
3.      Dipotong 1x tanpa jarak jahitan.
Belahan belakang dipotong 3 cm di atas belahan sebelah kanan dalam.




MODEL SPAN


  

POLA DASAR WANITA (ATASAN)

1.      BB / B.badan                          : Diukur melingkar badan (bawah ketiak                                                          tepat pada putting susu + 4 jari berdiri /                                                           ditambah 4 cm.
2.      Panjang Muka (P.M)               : Dukur dari lekuk leher ke pinggang.
3.      Lebar Muka (L.M)                  : Diukur dari pangkal lengan kanan ke                                                             pangkal lengan kiri kira – kira 7 cm di                                                              bawah lekuk leher.
4.      Kurungan Lengan (Kr.L)         : Diukur melingkar lengan (pangkal lengan)                                                     longgar.
5.      Panjang Lengan (P.L)             : Diukur dari pangkal lengan (ujung bahu)                                                       sampai panjang yang dikehendaki.
6.      Ujung Lengan (U.L)               : Diukur melingkar lengan setelah panjang                                                      lengan di ketahui.
7.      Lingkar pinggang                    : Diukur melingkar pinggang (bangke’an).
8.      Lingkar panggul                      : Diukur melingkar panggul di tambah 4 jari /4.
9.      P.B / Panjang Baju                   : Diukur dari pundak / bahu dekat leher sampai panjang yang di kehendaki.
1.      BB       : 88 + 4            4. Kr.L            :  48         7. L.Ping      : 60    
2.      PM      : 32                  5.  PL  :  25         8. L.Pang     : 96
3.      LM      : 34                  6.  UL  :  35          9.PB           : 60
+Keterangan :
1.      A – B              : 1 / 4 BB.
2.      A – C/ B – D   : PB.
3.      A – E               : 1 /8 dari 1/ 2 BB +1 cm.
4.      A – F               : Turun 2 cm.
5.      A - G               : 1/8 dari 1/2 BB + 11/2 cm.
6.      B -  H              : 1/10 dari 1/2 BB (bila memakai bantal bahu -1cm.
7.      G – I                : PM
8.      I –J                  : ½ L.M J ditarik garis lurus ke atas pertemuan dengan garis
   E – H DI beri kode K.
9.      K- L                : Keluar 1 cm.
10.  H – M              : Turun di antara 19 – 23 cm (dicek harus ada 1/2 kerung
   lengan L.M nya).
11.  I – N                : 1/4 L.Ping + 1+3 cm.
12.  C –O               : 1/4 L.Pang MNO di bentuk.
13.  G – D / C – Q   : Khusus depan keluar 2 cm.
Lapisan :
Bila pola ini di praktekkan maka :
Depan  : Titik E keluar 1s/d 2 cm untuk            orang gemuk.
   Titik G turun 2 s/d 4 cm.
Bila      : Titik E keluar 1 s/d 2 cm.
  Titik Fturun 1s/d 2 cm.
Lapisan leher   : Diambil setelah pola diturunkan dan dikeluarkan masing – masing lebarnya 3 cm diberi jarak jahitan mengikuti pola.
  
COPNAD       : D.1/10 L.Ping+2       P.naik 11 bawah 12 ½.
                         B.1/10 L.Ping             P.12 ½ bawah 12 ½.
CARA MEMOTONG
1.Bagian Depan
1.      P.Q       :Diletakkan dipinggiran kain di beri jarak jahitan 4 cm.
2.      P – E    :Di beri jarak jahitan 1 1/2 cm.
3.      Q – R  : Di beri jarak jahitan 3 cm.
4.      M – R  : Di beri jarak jahitan 2 cm.
5.      L – M  : Diberi jarak jahitan 1 1/2 cm.
6.      E – L   : Di beri jarak jahitan 2 cm.
2.  Bagian Belakang
1.    F – C      : Diletakkan dilipatan kain yang lain sama dengan depan.


POLA DASAR LENGAN PENDEK
1.        A- B                : Kurunga Lengan – 8 s/d  9 cm.
2.        A - C / B - D   : Panjang Lengan.
3.        A – B / C- D    : Dicari tenghnya di kode E – F.
4.        A – G / B – H  : 1/4 kurungan lengan + 2 cm.
5.        C – E / H- E    : Dihubungkan.
6.        G – E               : Dibagi 3 dicari kode I- J.
7.        H – E               : Dibagi 4 di cari K. L.M.
8.        G – E               : Di bagi 2 dicari N (N turun 1 cm di beri kode 0).
9.        J – P                 : Naik 1 cm.
10.    K – Q              : Naik 2 cm.
11.     G – O- I- P –Q-L-M –H dihubungkan / dibentuk.
12.    F – P / F-5 = 1/2 ujung lengan (UL).

CARA MEMOTONG
1.          Titik G – R / H-5 dengan jarak 2 cm.
2.          Titik G – E –H dengan jarak 1 1/2cm
3.          Titik R – S dengan jarak 3 cm.
Kalau pakai kerut 8 cm.
Kalau tidak kerut 9 cm.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

No comments:

Post a Comment