Sunday, February 16, 2014

LEMBAR PENGESAHAN PKN

LEMBAR PENGESAHAN

Judul  Program Perbaikan :
1.      Mata Pelajaran PKN
Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Memahami Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah Siswa Kelas V SDN Waturejo 02 Ngantang Kabupaten Malang dengan Metode Pembelajaran Gabungan Metode Diskusi dan Mind Mapping Tahun Ajaran 2010/2011.
2.      Mata Pelajaran Matematika
Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa dalam  Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Waturejo 02 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.
Nama mahasiswa         : ...................
NIM                            : ..............
Program studi              : SI PGSD
Tempat Mengajar        : SDN .........
Jumlah Pembelajaran   : 2 Siklus dan
Tanggal Pelaksanaan   : PKN Tanggal 9, 19 dan ...............
                                                Matematika Tanggal 12 dan 26 Agustus 2010
Masalah yang merupakan fokus perbaikan.
1.    PKN
Meningkatkan Prestasi Belajar dengan Metode Pembelajaran Gabungan Metode Diskusi dan Mind Mapping.
2.    Matematika

Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa dalam  Matematika 


Ngantang, 26 Setember  2010
Menyetujui
Supervisor

Mahasiswa




Drs.******, M.Pd





NI*********
NIP.13***1***

NIM. 818 *** ***




KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat , taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran dengan judul Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Memahami Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah Siswa Kelas V SDN Waturejo 02 Ngantang Kabupaten Malang dengan Metode Pembelajaran Gabungan Metode Diskusi dan Mind Mapping Tahun Ajaran 2010/2011 dan Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa dalam  Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Waturejo 02 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.
Laporan ini di susun untuk memenuhi tugas akhir maka kuliah Pemantapan Kemampuan profesional (PDGK 4501) dalam bentuk PTK yang dijadikan persyaratan dalam memperoleh gelar S1 PGSD UT pada UPBJJ Malang sekaligus sebagai pengalaman praktis dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan cara menyusun PTK yang baik dan benar.
Atas terselesainya laporan ini, tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. selaku kepala UPBJJ UT Malang.
2.      Bapak Drs. Soewolo, M.Pd. selaku supervisor yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan ini.
3.      Ibu Dra. Hj. Prihartini, MM. selaku Kepala Sekolah SDN Waturejo 02 yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran .
4.      Bapak Eddy Suyatno S.Pd. selaku teman sejawat yang telah membantu penulis melakukan observasi dan banyak memberikan masukan yang bermanfaat, dukungan moril kepada penulis yang bermanfaat.
5.      Ibu Dra.Sutinah Rahayu kedua orang tuaku dan suamiku yang telah banyak memberikan dukungan sehingga dapat terselesainya laporan perbaikan ini.
Besar harapan penulis semoga penyusunan laporan perbaikan ini bermanfaat positif bagi pembaca pada umumnya dan penulis khususnya. Penulis sadar bahwa laporan perbaikan ini masih jauh di atas sempurna, baik dari segi penulisan, bobot maupun isinya. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan laporan perbaikan pembelajaran pada waktu yang akan datang. 

Malang,...................
PENULIS.


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL  .....................................................................................  i
LEMBAR PENGESAHAN ...........................................................................  ii
ABSTRAK  ..................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR..................................................................................... iv
DAFTAR ISI ..................................................................................................  v
BAB I        PENDAHULUAN....................................................................... 1
A.     Latar Belakang masalah …………………………………...... 1
B.     Rumusan Masalah …………………………………………. .  2
C.     Tujuan Perbaikan  …………………………………………... 3
D.     Manfaat Perbaikan …………………………………………... 4
BAB II       KAJIAN PUSTAKA................................................................... 5
A.     Hakekat Pusi .......................................................................... 5
B.     Unsur –Unsur Pembentuk Puisi  ............................................ 9
C.     Pembelajaran Menulis Puisi .................................................... 12
D.     Hasil Belajar ........................................................................... 14
E.      Hakikat Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) ................................................................................................. 18
F.      Pendekatan Contextual Teaching Learning terhadap Hasil
      Belajar Siswa pada Materi Menulis Puisi ...............................   22
BAB III     PELAKSANAAN PERBAIKAN ......................................................  23
A.     Subyek Penelitian ……………………………………………  23
B.     Deskripsi per siklus ……………………………………….....  24
C.     Teknik Pengumpulan Data ………………………………….   27
D.     Teknik Analisis Data ………………………………………..   29
BAB IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................          30
A.     Deskripsi per siklus ………………………………………….  31
B.     Pembahasan setiap siklus …………………………………....  45
BAB V       KESIMPULAN DAN SARAN..................................................  49
A.     Kesimpulan ………………………………………………….  49
B.     Saran  ………………………………………………………..  49

DAFTAR PUSTAKA  …………………………………………………….. ........  28
LAMPIRAN  ………………………………………………………………. 29



No comments:

Post a Comment