LEMBAR PENGESAHAN
Judul Program Perbaikan :
1.
Mata Pelajaran PKN
Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Memahami Peraturan Perundang-Undangan Tingkat
Pusat dan Daerah Siswa Kelas V SDN Waturejo 02 Ngantang Kabupaten
Malang dengan Metode Pembelajaran Gabungan Metode Diskusi dan Mind Mapping
Tahun Ajaran 2010/2011.
2.
Mata Pelajaran Matematika
Penggunaan
Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa dalam Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Waturejo
02 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.
Nama mahasiswa : ...................
NIM : ..............
Program
studi : SI PGSD
Tempat
Mengajar : SDN .........
Jumlah
Pembelajaran : 2 Siklus dan
Tanggal
Pelaksanaan : PKN Tanggal 9, 19 dan ...............
Matematika Tanggal 12 dan 26 Agustus 2010
Masalah yang merupakan fokus
perbaikan.
1. PKN
Meningkatkan
Prestasi Belajar dengan Metode Pembelajaran Gabungan Metode Diskusi dan Mind
Mapping.
2.
Matematika
Penggunaan Alat
Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa dalam Matematika
Ngantang, 26 Setember 2010
|
||
Menyetujui
Supervisor
|
Mahasiswa
|
|
Drs.******,
M.Pd
|
NI*********
|
|
NIP.13***1***
|
NIM. 818 *** ***
KATA
PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmat , taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis
dapat menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran dengan judul Meningkatkan
Prestasi Belajar dalam Memahami Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah Siswa Kelas V
SDN Waturejo 02 Ngantang Kabupaten Malang dengan Metode Pembelajaran Gabungan
Metode Diskusi dan Mind Mapping Tahun Ajaran 2010/2011 dan Penggunaan Alat
Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa dalam Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Waturejo
02 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.
Laporan ini di susun untuk memenuhi tugas akhir maka kuliah Pemantapan
Kemampuan profesional (PDGK 4501) dalam bentuk PTK yang dijadikan persyaratan
dalam memperoleh gelar S1 PGSD UT pada UPBJJ Malang sekaligus sebagai
pengalaman praktis dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan cara menyusun PTK
yang baik dan benar.
Atas terselesainya laporan ini, tidak lupa penulis mengucapkan terima
kasih kepada :
1.
Bapak Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc.
selaku kepala UPBJJ UT Malang.
2.
Bapak Drs. Soewolo, M.Pd. selaku
supervisor yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan ini.
3.
Ibu Dra. Hj. Prihartini, MM. selaku Kepala
Sekolah SDN Waturejo 02 yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk
melaksanakan perbaikan pembelajaran .
4.
Bapak Eddy Suyatno S.Pd. selaku teman
sejawat yang telah membantu penulis melakukan observasi dan banyak memberikan
masukan yang bermanfaat, dukungan moril kepada penulis yang bermanfaat.
5.
Ibu Dra.Sutinah Rahayu kedua orang tuaku
dan suamiku yang telah banyak memberikan dukungan sehingga dapat terselesainya
laporan perbaikan ini.
Besar harapan penulis semoga penyusunan laporan perbaikan ini bermanfaat
positif bagi pembaca pada umumnya dan penulis khususnya. Penulis sadar bahwa
laporan perbaikan ini masih jauh di atas sempurna, baik dari segi penulisan,
bobot maupun isinya. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun
senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan laporan perbaikan pembelajaran
pada waktu yang akan datang.
Malang,...................
PENULIS.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
..................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ii
ABSTRAK
..................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR..................................................................................... iv
DAFTAR ISI .................................................................................................. v
BAB
I PENDAHULUAN.......................................................................
1
A.
Latar Belakang masalah …………………………………...... 1
B.
Rumusan Masalah …………………………………………. . 2
C.
Tujuan Perbaikan
…………………………………………... 3
D.
Manfaat Perbaikan …………………………………………... 4
BAB II KAJIAN
PUSTAKA...................................................................
5
A.
Hakekat Pusi .......................................................................... 5
B.
Unsur –Unsur Pembentuk Puisi ............................................
9
C.
Pembelajaran Menulis Puisi
....................................................
12
D.
Hasil Belajar ........................................................................... 14
E.
Hakikat Pembelajaran Kontekstual (Contextual
Teaching Learning)
................................................................................................. 18
F.
Pendekatan Contextual Teaching Learning terhadap
Hasil
Belajar Siswa pada Materi Menulis Puisi
............................... 22
BAB III PELAKSANAAN
PERBAIKAN ...................................................... 23
A.
Subyek Penelitian …………………………………………… 23
B.
Deskripsi per siklus ………………………………………..... 24
C.
Teknik Pengumpulan Data ………………………………….
27
D.
Teknik Analisis Data ………………………………………..
29
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................ 30
A.
Deskripsi per siklus …………………………………………. 31
B.
Pembahasan setiap siklus ………………………………….... 45
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN..................................................
49
A.
Kesimpulan …………………………………………………. 49
B.
Saran
……………………………………………………….. 49
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….. ........ 28
LAMPIRAN ………………………………………………………………. 29
|
No comments:
Post a Comment