Silabus PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMPT Tarbiyatunnasyiin
Kelas/Semester : IX
(sembilan) / 2 (dua)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Standar
Kompetensi : SENI RUPA
9. Mengapresiasi
karya seni rupa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
*
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1. Mengidentifikasi karya seni rupa murni
yang dicipta- kan di Indonesia
9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia
|
·
Karya seni rupa
murni
Indonesia
· Pelukis/Pematung Indonesia
·
Keunikan
gagasan dan teknik seni rupa murni Indonesia
|
·
Membaca referensi
tentang hasil seni rupa murni Indonesia
·
Mengkaji beragam karya seni rupa murni Indonesia
·
Diskusi tentang
keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni Indonesia
·
Membuat
deskripsi tentang keunikan karya seni rupa murni Indonwsia
·
Membuat tanggapan
tertulis
|
·
Mengidentifikasi
beragam karya seni rupa murni dua dan
tiga dimensi Indonesia
· Mendeskripsikan
karya seni rupa murni Indonesia dari segi bahan, teknik dan latar
belakang pembuatan, seniman penciptanya dan sebagainya
· Menanggapi keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni
Indonesia
|
Tes tertulis
Tes praktik
/kinerja
|
Tes uraian
Tes identifikasi
|
·
Tuliskan
sedikitnya 5 contoh karya seni rupa murni yang terkenal di Indonesia dan
deskripsikan sesuai jenis, nama, bahan, daerah asal dan tokoh pembuatnya
·
Pilihlah satu
atau lebih karya seni rupa murni di Indonesia kemudian diskusikan di
kelompokmu dan buatlah tanggapan tertulis tentang keunikan gagasan, teknik
dan makna yang terkandung di dalamnya.
·
Presentasikan
hasil diskusi kelompokmu
|
2 jp
4 jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
Mengetahui,
Kepala SMPT
Tarbiyatunnasyiin
(ABDULLOH
ROSYAD.MF,S.Pd.)
NIP/NIK
|
........................., ............................., 20.......
Guru Mapel TIK
(Khotibul Umam)
NIP/NIK
|
Silabus PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMPT Tarbiyatunnasyiin
Kelas/Semester : IX
(sembilan) / 2 (dua)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Standar
Kompetensi : SENI RUPA
10.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa
Nusantara dan mancanegara di luar Asia
10.2. Menyiapkan karya seni rupa
yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
10.3 Menata karya seni rupa yang
diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau diluar sekolah
|
·
Karya seni rupa
murni Nusantara dan mancanegara
di luar Asia
·
Karya seni rupa
murni dua dimensi atau tiga dimensi
·
Organisasi
pameran
·
Penataan ruang
pameran
|
·
Membuat karya
seni rupa murni dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara
di luar Asia
· Idendifikasi karya
· Mengelompokkan karya
· Membentuk panitia
· Membuat pembagian tugas
· Menata karya
· Melaksanakan pameran
|
·
Membuat karya
seni rupa murni dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara
di luar Asia
·
Menyiapkan
karya seni rupa untuk pameran
·
Mengorganisir
pelaksanaan pameran karya seni rupa
·
Membuat laporan
pelaksanaan pameran
|
Tes praktik
/kinerja
Penugas
an individu
/kelmpok
|
Tes uji kerja
Tugas proyek
|
· Buatlah sebuah karya seni rupa murni 2 atau 3 dimensi
dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
· Lakukan seleksi karya-karya seni rupa yang akan
dipamer- kan dan buatlah katolognya
· Laksanakan pameran karya seni rupa di sekolah atau diluar sekolah
|
4 jp
4 jp
4 jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
Karya pribadi
|
No comments:
Post a Comment