RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN MOJOROTO 03
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : V (Lima) /2 (Dua)
Pertemuan Ke : .........
Alokasi
Waktu : …... x 35 menit
Standar
Kompetensi : Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan
dan mempertahankan kemerdekaan.
Kompetensi
Dasar : Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan
dalam
mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia.
Indikator :
1) Mengidentifikasi usaha perumusan dasar negara
Indonesia merdeka.
2)
Menghargai
jasa para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan.
I. Tujuan Pembelajaran
1)
Siswa dapat
mengidentifikasi usaha perumusan dasar negara Indonesia merdeka.
2)
Siswa dapat
menghargai jasa para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan.
II. Materi Pokok
Persiapan kemerdekaan dan
perumusan dasar negara.
III.
Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, penugasan,
ceramah serta bervariasi.
IV.
Langkah
Pembelajaran
a)
Kegiatan
Awal
·
Guru memberi
salam.
·
Guru
melakukan tanya jawab mengenai materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
Tujuannya untuk mengukur pemahaman siswa atas materi yang telah diberikan guru
·
Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi
dasarnya.
·
Guru
menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b)
Kegiatan
Inti
·
Guru
menjelaskan perumusan dasar negara Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
·
Guru
menjelaskan pembentukan BPUPKI yang bertugas melakukan penyelidikan terhadap
usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia.
·
Guru
menjelaskan masa persidangan pertama BPUPKI dalam menyusun dasar negara
Indonesia.
·
Guru
menjelaskan gagasan dasar negara Indonesia yang dikemukakan oleh Muhamad Yamin,
Sukarno, dan Supomo.
·
Guru
menjelaskan perbedaan masa persidangan pertama dan kedua BPUPKI.
·
Guru menjelaskan
pembentukan PPKI yang bertugas membahas dan mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia.
·
Guru
menjelaskan tentang jasa para pahlawan bangsa dalam mempersiapkan kemerdekaan
bangsa.
·
Guru meminta
siswa mendiskusikan masalah peranan dan jasa para tokoh perjuangan dalam masa
persiapan kemerdekaan secara berkelompok.
c)
Kegiatan
Akhir
·
Guru
Menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari.
·
Guru memberi
kesempatan pada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
·
Guru memberi tugas pada siswa untuk dikerjakan sebagai
pekerjaan rumah.
·
Guru memberi
salam penutup
V. Sarana dan Sumber Belajar
·
Buku BSE
Ilmu Pengetahuan Sosial SD Kelas 5
·
Gambar
siding BPUPKI
·
Buku
Cakrawala Pengetahuan Sosial 5B terbitan Tiga Serangkai
VI.
Penilaian
A.
Tes Tertulis
(Aspek Kognitif)
Uraian :
1)
Apa isi
gagasan dasar negara usulan Ir. Sukarno?
2)
Sebutkan
tiga keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!
3)
Jelaskan
latar belakang dibentuknya PPKI!
4)
Sebutkan 10
tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan dan dasar negara Indonesia!
5)
Sifat apa
saja yang harus kita teruskan dari para tokoh yang mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia?
Pilihan Ganda :
1.
|
Kemerdekaan Indonesia sudah
dipersiapkan sejak ... .
a. pasukan Jepang terdesak oleh
pasukan Sekutu
b. Jepang masuk Indonesia
c. Inggris menduduki Indonesia
d. Jauh hari sebelum kesempatan
memproklamasikan kemerdekaan tiba
|
2.
|
Tujuan Perdana Menteri Koiso
mengumumkan Indonesia akan diberi kemerdekaan di kemudian hari adalah ... .
a. agar rakyat Indonesia
bahagia
b. agar tentara Sekutu tidak
disambut sebagai pembebas tetapi penyerbu
c. agar para tokoh
mempersiapkan diri dalam pencalonan presiden
d. agar rakyat berterimakasih
pada Jepang
|
3.
|
Ketua Badan Penyelidik
Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah ... .
a. Kumakici Harada c.
Ichibangase
b. Sukarno
d. Radjiman Wedyodiningrat
|
4.
|
Jenderal Kuniaki Koiso
mengumumkan bahwa Indonesia akan dimerdekakan setelah ... .
a. bangsa Indonesia mandiri
b. tercapai kemenangan akhir
dalam perang Asia Timur Raya
c. bangsa Indonesia membantu
melawan Sekutu
d. BPUPKI selesai melakukan
tugasnya
|
5.
|
Ketua Panitia Persiapan
Kemerdekaan Indonesia (PPKI) adalah ... .
a. Sukarno c. Drs. Mohammad Hatta
b. Ahmad Subarjo d.
Radjiman Wedyodiningrat
|
6.
|
Pernyataan tentang PPKI berikut
ini yang benar adalah ... .
a. PPKI diterima secara total
oleh rakyat Indonesia
b. PPKI dibentuk sebelum BPUPKI
c. PPKI berjasa dalam
menyiapkan UUD bagi negara Indonesia
d. PPKI tidak berhasil
mengesahkan UUD
|
7.
|
Sidang PPKI 19 Agustus 1945
memutuskan wilayah Indonesia dibagi menjadi ... .
a. enam provinsi c. enam
negara bagian
b. delapan provinsi d. delapan
negara bagian
|
8.
|
Berikut ini tokoh yang
mengusulkan dasar-dasar negara adalah ... .
a. Ahmad Subarjo c.
Muhammad Yamin
b. Mohammad Hatta d. Wachid Hasyim
|
9.
|
Nama “Pancasila” untuk dasar
negara diusulkan oleh ... .
a. Ahmad Subarjo c. Mr.
Muhammad Yamin
b. Ir. Sukarno d.
Prof. Dr. Mr. Supomo
|
10.
|
Piagam Jakarta (Jakarta
Charter) dirumuskan oleh ... .
a. BPUPKI
c. PPKI
b. Panitia Kecil d.
Panitia Sembilan
|
11.
|
Panitia Kecil Perancang Undang
- Undang Dasar diketuai oleh ... .
a. Ahmad Subarjo c.
Muhammad Yamin
b. Sukarno
d. Supomo
|
12.
|
Proklamator kemerdekaan
Indonesia adalah ... .
a. Sukarno-Hatta c. Sukarno-Ahmad
Subarjo
b. Supomo-Yamin d.
Supomo-Hatta
|
13.
|
Tokoh pergerakan kemerdekaan
yang juga dikenal sebagai
penyair angkatan Pujangga Baru,
adalah ... .
a. Ahmad Subarjo c.
Muhammad Yamin
b. Sukarno
d. Supomo
|
14.
|
Dasar Negara Kesatuan Republik
Indonesia adalah ... .
a. Pancasila
c. liberalisme
b. komunisme d.
Sosialisme
|
15.
|
Dokuritsu Zumbi Coosakai adalah
nama Jepang untuk ... .
a. PPKI
c. Panitia Kecil
b. BPUPKI
d. Panitia Sembilan
|
B.
Kinerja
(Aspek Afektif)
§ Carilah beberapa contoh peristiwa yang
menggambarkan nilai-nilai kepahlawanan pada masa perumusan dasar negara.
C.
Penugasan
(Aspek Afektif)
§
Siswa diminta membuat kliping tentang
tokoh-tokoh yang berperan pada masa perumusan dasar negara Indonesia..
Teknik
Penilaian
·
Penilaian Tes Tertulis
(Aspek Kognitif)
Ø Untuk tes tulis uraian :
a). Setiap nomor dengan
jawaban benar mempunyai skor = 5
Skor Perolehan
Skor
Maksimal
Keterangan :
Skor maksimal = Jumlah soal x skor
Ø Untuk tes tulis pilihan ganda :
a. Setiap nomor benar di beri skor 1
Skor
Perolehan
Jumlah soal
·
Penilaian Kinerja
(Aspek Afektif)
§ Penilaian
Lisan (dalam proses)
No
|
Uraian Kejadian
|
Nama Siswa
|
Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
Keterangan
:
Penilaian
: A = Sangat baik ; B = Baik ; C = Cukup ; D = Kurang ; E = Kurang Sekali
§ Penilaian
Tingkah laku (Pengamatan)
Pedoman
penskoran untuk pengamatan :
Dilakukan
oleh guru pada saat siswa melakukan
kegiatan sehari-hari disekolah
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Rentang
skor : 1-3
Kriteria Penilaian : Skor :
- Sikap
saat mengikuti pembelajaran disekolah 12 – 15 :
Sangat Baik
9
– 11 : Baik
- Keaktifan
melakukan kegiatan pembelajaran 6 – 8 : Cukup
di sekolah 3
-5 : Kurang
- Akhlak
yang terpuji pada guru
- Aktif
bertanya dan menjawab soal di dalam kelas
- Disliplin dan rajin dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
·
Penilaian Penugasan (Aspek Afektif)
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian materi dengan tugas
|
Komentar terhadap materi
|
Kerapihan / penampilan
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
dst
|
|
|
|
|
Keterangan :
Aspek keaktifan diberi nilai maksimal = 40, minimal = 10
Aspek pemahaman diberi nilai maksimal = 40, minimal = 10
Aspek kerjasama diberi nilai maksimal = 40, minimal = 10
|
|
Mojoroto, ….. April 2010
|
Wali Kelas
|
|
Mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
SENTOT SUNARTO, S.Pd
|
|
ARIK HADIANAWATI N.
|
NIP. 19620923 198201 1 003
|
|
NIM. 816840694
|
|
|
|
|
Mengetahui
|
|
|
|
|
Kepala Sekolah
|
|
Dosen Pembimbing
|
SDN Mojoroto 03
|
|
|
|
|
|
SUTRISNO, S.Pd
|
|
Drs. DWI RAJAB JANUADI, M.Pd
|
NIP. 19601205 198112 1 007
|
|
NIP. 19590710 198703 1 012
|
No comments:
Post a Comment