RENCANA PERBAIKAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN MOJOROTO 03
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Pertemuan Ke :
.........
Alokasi
Waktu :
…... x 35 menit
Standar
Kompetensi : Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan.
Kompetensi
Dasar : Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan
dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
Indikator :
1) Mengidentifikasi usaha perumusan dasar negara
Indonesia merdeka.
2)
Menghargai
jasa para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan.
I. Tujuan Pembelajaran
1)
Siswa dapat
mengidentifikasi usaha perumusan dasar negara Indonesia merdeka.
2)
Siswa dapat
menghargai jasa para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan.
II. Materi Pokok
Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan.
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab,
diskusi, penugasan, ceramah serta bervariasi.
IV.
Langkah
Pembelajaran
a)
Kegiatan
Awal
·
Guru memberi
salam.
·
Guru
melakukan tanya jawab mengenai materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
Tujuannya untuk mengukur pemahaman siswa atas materi yang telah diberikan guru
·
Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi
dasarnya.
·
Guru
menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b)
Kegiatan
Inti
·
Guru
menjelaskan tentang jasa para pahlawan bangsa dalam mempersiapkan kemerdekaan
bangsa.
·
Guru meminta
siswa mendiskusikan masalah peranan dan jasa para tokoh perjuangan dalam masa
persiapan kemerdekaan secara
berkelompok.
c)
Kegiatan
Akhir
·
Guru menyimpulkan
materi pelajaran yang telah dipelajari.
·
Guru memberi
kesempatan pada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
·
Guru
memberi tugas pada siswa untuk
dikerjakan sebagai pekerjaan rumah.
·
Guru memberi
salam penutup
V. Sarana dan Sumber Belajar
·
Buku BSE
Ilmu Pengetahuan Sosial SD Kelas 5
·
Gambar
siding BPUPKI
·
Buku
Cakrawala Pengetahuan Sosial 5B terbitan Tiga Serangkai
VI.
Penilaian
A.
Tes Tertulis
(Aspek Kognitif)
Uraian :
1)
Apa isi
gagasan dasar negara usulan Ir. Sukarno?
2)
Sebutkan
tiga keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!
3)
Jelaskan
latar belakang dibentuknya PPKI!
4)
Sebutkan 10
tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan dan dasar negara Indonesia!
5)
Sifat apa
saja yang harus kita teruskan dari para tokoh yang mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia?
Pilihan Ganda :
1.
|
Kemerdekaan
Indonesia sudah dipersiapkan sejak ... .
a. pasukan
Jepang terdesak oleh pasukan Sekutu
b. Jepang
masuk Indonesia
c. Inggris
menduduki Indonesia
d. Jauh
hari sebelum kesempatan memproklamasikan kemerdekaan tiba
|
2.
|
Tujuan
Perdana Menteri Koiso mengumumkan Indonesia akan diberi kemerdekaan di
kemudian hari adalah ... .
a. agar
rakyat Indonesia bahagia
b. agar
tentara Sekutu tidak disambut sebagai pembebas tetapi penyerbu
c. agar
para tokoh mempersiapkan diri dalam pencalonan presiden
d. agar
rakyat berterimakasih pada Jepang
|
3.
|
Ketua
Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah ... .
a.
Kumakici Harada c.
Ichibangase
b.
Sukarno d.
Radjiman Wedyodiningrat
|
4.
|
Jenderal
Kuniaki Koiso mengumumkan bahwa Indonesia akan dimerdekakan setelah ... .
a. bangsa
Indonesia mandiri
b.
tercapai kemenangan akhir dalam perang Asia Timur Raya
c. bangsa Indonesia
membantu melawan Sekutu
d. BPUPKI
selesai melakukan tugasnya
|
5.
|
Ketua
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) adalah ... .
a.
Sukarno
c. Drs. Mohammad Hatta
b. Ahmad
Subarjo d. Radjiman Wedyodiningrat
|
6.
|
Pernyataan
tentang PPKI berikut ini yang benar adalah ... .
a. PPKI
diterima secara total oleh rakyat Indonesia
b. PPKI
dibentuk sebelum BPUPKI
c. PPKI
berjasa dalam menyiapkan UUD bagi negara Indonesia
d. PPKI
tidak berhasil mengesahkan UUD
|
7.
|
Sidang
PPKI 19 Agustus 1945 memutuskan wilayah Indonesia dibagi menjadi ... .
a. enam
provinsi
c. enam negara bagian
b. delapan
provinsi
d. delapan negara bagian
|
8.
|
Berikut
ini tokoh yang mengusulkan dasar-dasar negara adalah ... .
a. Ahmad
Subarjo
c. Muhammad Yamin
b.
Mohammad Hatta
d. Wachid Hasyim
|
9.
|
Nama
“Pancasila” untuk dasar negara diusulkan oleh ... .
a. Ahmad
Subarjo
c. Mr. Muhammad Yamin
b. Ir.
Sukarno d.
Prof. Dr. Mr. Supomo
|
10.
|
Piagam
Jakarta (Jakarta Charter) dirumuskan oleh ... .
a.
BPUPKI c. PPKI
b. Panitia
Kecil
d. Panitia Sembilan
|
11.
|
Panitia
Kecil Perancang Undang - Undang Dasar diketuai oleh ... .
a. Ahmad
Subarjo
c. Muhammad Yamin
b.
Sukarno
d. Supomo
|
12.
|
Proklamator
kemerdekaan Indonesia adalah ... .
a.
Sukarno-Hatta c.
Sukarno-Ahmad Subarjo
b.
Supomo-Yamin
d. Supomo-Hatta
|
13.
|
Tokoh
pergerakan kemerdekaan yang juga dikenal sebagai
penyair
angkatan Pujangga Baru, adalah ... .
a. Ahmad
Subarjo
c. Muhammad Yamin
b.
Sukarno
d. Supomo
|
14.
|
Dasar
Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ... .
a.
Pancasila
c. liberalisme
b.
komunisme d.
Sosialisme
|
15.
|
Dokuritsu
Zumbi Coosakai adalah nama Jepang untuk ... .
a.
PPKI
c. Panitia Kecil
b.
BPUPKI
d. Panitia Sembilan
|
B.
Kinerja
(Aspek Afektif)
§ Carilah beberapa contoh peristiwa yang
menggambarkan nilai-nilai kepahlawanan pada masa perumusan dasar negara.
C.
Penugasan
(Aspek Afektif)
§
Siswa diminta membuat kliping tentang
tokoh-tokoh yang berperan pada masa perumusan dasar negara Indonesia..
Teknik
Penilaian
·
Penilaian Tes Tertulis
(Aspek Kognitif)
Ø Untuk tes tulis uraian :
a). Setiap nomor dengan
jawaban benar mempunyai skor = 5
Skor Perolehan
Skor
Maksimal
Keterangan :
Skor maksimal = Jumlah
soal x skor
Ø Untuk tes tulis pilihan ganda :
a. Setiap nomor benar di beri skor 1
Skor
Perolehan
Jumlah soal
·
Penilaian Kinerja
(Aspek Afektif)
§ Penilaian
Lisan (dalam proses)
No
|
Uraian Kejadian
|
Nama Siswa
|
Penilaian
|
dst
|
Keterangan
:
Penilaian
: A = Sangat baik ; B = Baik ; C = Cukup ; D = Kurang ; E = Kurang Sekali
§ Penilaian
Tingkah laku (Pengamatan)
Pedoman
penskoran untuk pengamatan :
Dilakukan
oleh guru pada saat siswa melakukan
kegiatan sehari-hari disekolah
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Keterangan : Rentang
skor : 1-3
Kriteria Penilaian : Skor :
- Sikap saat mengikuti pembelajaran disekolah 12
– 15 : Sangat Baik
9
– 11 : Baik
- Keaktifan melakukan kegiatan pembelajaran 6
– 8 : Cukup
di sekolah 3
-5 : Kurang
- Akhlak yang terpuji pada guru
- Aktif bertanya dan menjawab soal di dalam kelas
- Disliplin dan rajin dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
·
Penilaian Penugasan (Aspek Afektif)
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian materi dengan tugas
|
Komentar terhadap materi
|
Kerapihan / penampilan
|
Jumlah
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
dst
|
Keterangan :
Aspek keaktifan diberi nilai maksimal = 40, minimal = 10
Aspek pemahaman diberi nilai maksimal = 40, minimal = 10
Aspek kerjasama diberi nilai maksimal = 40, minimal = 10
Mojoroto, ….. April 2010
|
||
Wali Kelas
|
Mahasiswa
|
|
SENTOT SUNARTO, S.Pd
|
ARIK HADIANAWATI N.
|
|
NIP. 19620923 198201 1 003
|
NIM. 816840694
|
|
Mengetahui
|
||
Kepala Sekolah
|
Dosen Pembimbing
|
|
SDN Mojoroto 03
|
||
SUTRISNO, S.Pd
|
Drs. DWI RAJAB JANUADI, M.Pd
|
|
NIP. 19601205 198112 1 007
|
NIP. 19590710 198703 1 012
|
No comments:
Post a Comment