Wednesday, July 9, 2014

Contoh Pembuatan Tugas Matematika



RENCANA PENGAJARAN (RP) 01
SIKLUS I
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.
II. KOMPETENSI DASAR
Melakukan operasi hitung bilangan dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Siswa dapat menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk panjang.
2. Siswa dapat menjumlah dua bilangan dengan atau tanpa menyimpan.
3. Siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan cara susun pendek.
4. Siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan cara susun panjang.
5. Siswa dapat memecahkan soal cerita yang mengandung penjumlahan.
IV. KEGIATAN INTI
1. Pendahuluan ( 5 menit )
a. Guru menyuruh siswa untuk menyiapkan alat tulis.
b. Guru melakukan tanya jawab tentang menentukan nilai tempat sampai
ratusan.
123
… ratusan
… puluhan
… satuan
Lampiran 1 56
c. Guru melakukan tanya jawab tentang pengunaan simbol +, -, dan =
d. dalam pengerjaan hitung.
+ dibaca ...
- dibaca ...
= dibaca ...
e. Guru melakukan tanya-jawab tentang fakta dasar penjumlahan sampai
dengan 20.
3 + 5 = ...
11 + 3 = ...
2. Kegiatan Inti
a. Guru melakuan tanya-jawab tentang menuliskan bilangan dua angka
dalam bentuk panjang.
b. Guru melakukan tanya-jawab tentang menjumlah dua bilangan tanpa
menyimpan.
c. Guru memperagakan permainan dengan menggunakan kartu bridge.
1) Guru menerangkan prinsip permainan
Dalam permainan karu bridge warna pada setiap jenis kartu
atau suit tidak berpengaruh pada tingkatan kartu. Nilai kartu
disesuaikan dengan angka yang ada pada kartu tersebut. Untuk kartu
2 sampai dengan 10 nilainya sama dengan yang ada di kartu
sedangkan kartu Jack, Queen dan King dari tiap jenis kartu bernilai
10 dan kartu As dari tiap jenis kartu bernilai 1.
2) Guru mengacak kartu dan menyusunnya satu persatu secara vertikal.
57
3) Guru mengambil 3 kartu yang berjumlah 10, 20 atau 30.
d. Guru menyuruh siswa melakukan permainan kartu berpedoman pada
Lembar Kerja Siswa (masing-masing anak 10 menit).
e. Guru memberikan reward kepada kelompok yang mendapat nilai paling
banyak berdasarkan lembar evaluasi permainan.
f. Guru mengumpulkan kembali kartu bridge.
g. Guru melakukan tanya jawab tentang bagaimana memecahkan soal
cerita yang mengandung penjumlahan.
h. Guru memberikan soal latihan untuk dikerjkan siswa secara
berkelompok (10 menit).
i. Guru bersama siswa membahas sola latihan (5 menit).
3. Penutup (5 menit)
a. Siswa dibantu membuat kesimpulan
b. Guru memberikan pekerjaan rumah.
V. SARANA DAN SUMBER BAHAN
1. Sarana : kartu bridge, lembar evaluasi permainan, lembar soal.
2. Sumber bahan : Buku Matemátika 2 untuk Sekolah Dasar Kelas 2 ( Drs.
Teguh Purwantari, dkk) halaman 21-34.
10 + 10 + 10 = 30
58
VI. EVALUASI
1. Penilaian dilaksanakan dengan tugas kelompok.
2. Penilaian dilaksanakan dengan tugas kelompok.
59
60
LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS I
PETUNJUK PERMAINAN
1. Warna pada setiap jenis kartu tidak berpengaruh pada tingkatan kartu.
2. Kartu Jack, Queen dan King pada setiap jenis kartu bernilai 10.
3. Kartu As dari setiap jenis kartu bernilai 1.
4. Kartu yang lain sesuai dengan angka yang tercantum pada kartu.
5. Kartu diacak, kemudian ambil 3 buah kartu dan susun kebawah dengan posisi
terbuka.
= 10
= 1
10 + 8 + 9 = 27
Lampiran 2
61
6. Kemudian dihitung.Jika nilai kartu berjumlah 10, 20 atau 30 maka 3 kartu
tersebut diambil. Jika belum, tambahkan kartu dari tumpukan kartu. Kartu
yang diambil dari urutan bawah secara berurutan.
7. Jika sudah berhasil mengambil 3 kartu yang nilainya berjumlah 10, 20 atau
30, berilah tanda silang pada lembar evaluasi permainan sesuai dengan nama
siswa yang sedang bermain.
No Nama Anggota Nama Anggota Nama Anggota Nama Anggota
1 X
8. Lakukan sampai waktu yang ditentukan habis.( 10 menit)
9. Jumlahkan semua tanda silang pada lembar evaluasi permaianan pada setiap
kelompok.
10 + 9 + 1 = 20
62

LEMBAR EVALUASI PERMAINAN
SIKLUS I
KELOMPOK…..
No 1 2 3 4
Jumlah = ……. …….. ……….. ……..
Total Skor = …..
Keterangan :
Kotak 1 : Nama pemain 1
Kotak 2 : Nama pemain 2
Kotak 3 : Nama pemain 3
Kotak 4 : Nama pemain 4
Lampiran 3 63
LEMBAR EVALUASI PERMAINAN
SIKLUS II
KELOMPOK…..
No 1 2 3 4
Jumlah = ……. …….. ……….. ……..
Total Skor = …..
Keterangan :
Kotak 1 : Nama pemain 1
Kotak 2 : Nama pemain 2
Kotak 3 : Nama pemain 3
Kotak 4 : Nama pemain 4
Lampiran 16 84

LATIHAN SOAL
SIKLUS I
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Bilangan Hitung
Alokasi Waktu : 10 menit
Petunjuk :
1. Selesaikan sola-soal berikut secara berkelompok.
2. Tuliskan nama kelompok dan anggota di tempat yang disediakan
Kelompok :.................
Anggota :..................
...................
...................
...................
...................
1. Selesaikanlah dengan cara bersusun panjang
10 = 10 + ….
14 = 10 + …. Jadi, 10 + 14 = ……
….=…..+…...
2. 14 + 5 = ….
3. 10 + 28 = ….
4. 15 + 28 = …
5. Ina membeli 10 kantong beras. Karena uangnya masih sisa Ina membeli lagi 8
kantong. Berapakah kantong beras yang dibeli Ina ?
+
Lampiran 4 64
LATIHAN SOAL
SIKLUS II
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Bilangan Hitung
Alokasi Waktu : 10 menit
Petunjuk :
1. Selesaikan sola-soal berikut secara berkelompok.
2. Tuliskan nama kelompok dan anggota di tempat yang disediakan
Kelompok :.................
Anggota :..................
...................
...................
...................
...................
1. Selesaikan dengan cara susun panjang .
42 = 40 + …
21 + 20 + …
… = … + …
2. 38
18
3. 29 – 5 = ….
4. 62 – 19 = ….
5. Ibu membeli telur sebanyak 28 butir. Sampai di rumah telur yang pecah
sebanyak 12 butir. Berapakah telur ibu yang masih utuh ?
Jadi, 42 – 21 = ….
Lampiran 17 85
JAWABAN LATIHAN SOAL
SIKLUS I
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Bilangan Hitung
1. 10 = 10 + 0
14 = 10 + 4.
24 = 20 + 4
Jadi, 10 + 14 = 24
2. 19
3. 29
4. 43
5. Diketahui : 10 kantong beras
8 kantong beras
Ditanya : jumlah semua kantong beras
Dijawab : 10 + 8 = 18
Lampiran 5
+
65
JAWABAN LATIHAN SOAL
SIKLUS II
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Bilangan Hitung
1. 42 = 40 + 2
21 = 20 + 1
21 = 20 + 1
Jadi, 42 - 21 = 21
2. 20
3. 24
4. 43
5. Diketahui :Telur 28 butir
Telur yang pecah 12 butir
Ditanya : Jumlah telur yang masih utuh
Dijawab : 28 – 12 = 16
Lampiran 18
-
86

KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN
SIKLUS I
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pelajaran : Sekolah Dasar
Sekolah : SD 01 Trayu
Kelas / Semester : II / 1
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Standar Kompetensi : Menggunakan opeasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
Alokasi Waktu : 30 Menit
No Kompetensi Dasar Indikator Bentuk Soal No. Soal Waktu
1 Melakukan operasi hitung
bilangan dan
menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Siswa dapat menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk
panjang.
Siswa dapat menyelesaikan soal dengan cara susun panjang.
Siswa dapat menyelesaikan soal dengan cara susun pendek.
Siswa dapat menjumlah dua bilangan dengan atau tanpa
menyimpan.
Siswa dapat memecahkan soal cerita yang mengandung
penjumlahan
Isian singkat
Isian singkat
Isian singkat
Isian singkat
Uraian
1, 2
3
4
5, 6, 7, 8
9, 10
5 menit
2,5 menit
2, 5 menit
10 menit
10 menit
Lampiran 6
SOAL ULANGAN HARIAN
SIKLUS I
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Alokasi Waktu : 30 Menit
Petunjuk :
1. Bacalah doa sebelum mengerjakan.
2. Tuliskan Nama dan No. Absen pada tempat yang telah disediakan.
3. Tuliskan jawaban pada titik-titik yang disedikan.
Nama : ....................
No. Absen : ....................
Tuliskan bilangan di bawah ini dalam bentuk panjang !
1. 18 = ... + ...
2. 32 = ... + ...
Selesaikan soal dibawah ini dengan cara bersusun panjang !
3. 11 = 10 + …
14 = 10 + …
… = … + …
Jadi, 11 + 14 = ….
4. 20
17
+
+
Lampiran 7 67
5. 23 + 7 = ….
6. 12 + 8 = ….
7. 43 + 28 = ….
8. 19 + 17 = ….
9. Siswa laki-laki kelas dua ada 19 anak.
Sedangkan siswa perempuan ada 23 anak.
Berapa banyak seluruh siswa kelas dua ?
10. Buku yang terletak di meja ada 11 buah.
Buku yang terletak di kursi ada 18 buah.
Berapa banyak seluruh buku ?
68


SOAL ULANGAN HARIAN
SIKLUS II
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Alokasi Waktu : 30 Menit
Petunjuk :
4. Bacalah doa sebelum mengerjakan.
5. Tuliskan Nama dan No. Absen pada tempat yang telah disediakan.
6. Tuliskan jawaban pada titik-titik yang disedikan.
Nama : ....................
No. Absen : ....................
Selesaikan dengan cara susun panjang !
1. 27 = 20 + …
15 = 10 + …
… = … + …
Jadi, 27 – 15 = ….
2. 46 = 40 + …
24 = 20 + …
… = … + …
Jadi, 46 – 24 = ….
Selesaikan dengan cara susun pendek
3. 62
23
Lampiran 20 88
4. 41
16
5. 15 - … = 8
6. 12 – 7 = ….
7. 59 – 21 = ….
8. 56 – 21 = ….
9. Selisih usia Ani dan Anto 15 tahun.
Tentukan usia Ani apabila usia Anto 34 tahun dan usia Ani lebih muda
daripada usia Anto !
10. Jika 22 dikurangi sebuah bilangan hasilnya 15. Berapakah bilangan tersebut !
89
JAWABAN ULANGAN HARIAN
SIKLUS I
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
1. 18 = 10 + 8
2. 32 = 30 + 2
3. 11 = 10 + 1
14 = 10 + 4
25 = 20 + 5
Jadi, 11 + 14 = 25
4. 37
5. 30
6. 20
7. 71
8. 36
9. Diketahui : Siswa laki-laki 19 anak.
Siswa perempuan 23 anak
Ditanya : jumlah seluruh siswa
Dijawab : 19 + 23 = 42
Jadi, jumlah seluruh siswa kelas dua ada 42 anak.
10. Diketahui : 18 buku di kursi
11 buku di meja
Ditanya : jumlah buku semuanya.
Dijawab : 18 + 11 = 29
Jadi, jumlah buku semuanya ada 29 buah.
+
Lampiran 8 69
JAWABAN ULANGAN HARIAN
SIKLUS II
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
1. 27 = 20 + 7
15 = 10 + 5
12 = 10 + 2
Jadi, 27 – 15 = 12
2. 46 = 40 + 6
24 = 20 + 4
22 = 20 + 2
Jadi, 46 – 24 = 22
3. 38
4. 25
5. 7
6. 5
7. 38
8. 35
9. Diketahui : Selisih usia Anto dan Ani 15 tahun
Usia Anto 34 tahun
Usia Ani lebih muda daripada usia Anto
Ditanya : usia Ani
Dijawab : 34 – 15 = 19
Jadi, usia Ani 19 tahun
10. 22 - … = 15
22 – 15 = 7
Jadi, bilangan yang dimaksud ádalah 7.
Lampiran 21 90
70

DAFTAR NILAI ULANGAN HARIAN
SIKLUS I
No Nama Nilai Keterangan
1 Abdu Musyarifin 5 Tidak Tuntas
2 Muhammad Ginanjar Saputra 5 Tidak Tuntas
3 Densi Wahyu Prayoga 9 Tuntas
4 Ahmad Fahrozi 6 Tidak Tuntas
5 Aji Kusuma Satria Utama 10 Tuntas
6 Candra Satria Nugroho 6 Tidak Tuntas
7 Abdul Aziz 9 Tuntas
8 Agustina Puji Rahayu 9 Tuntas
9 Amelia Rahmawati Septia 9 Tuntas
10 Ardha Andhilema 10 Tuntas
11 Bayu Sapto Aji 10 Tuntas
12 Beja Sariman 8 Tuntas
13 Christika Annisa Kurniasari 10 Tuntas
14 Era Setyawan 2 Tidak Tuntas
15 Eri Kurniawan 6 Tidak Tuntas
16 Hafizh Daffa F. 10 Tuntas
17 Hani Mahardi 9 Tuntas
18 Henidiar Amru Ferdiansyah 10 Tuntas
19 Ihda Hanifatun Nisa 9 Tuntas
20 Lina Hanifah 10 Tuntas
21 Lutfiana Rohmah 10 Tuntas
22 Meina Trisnawati 10 Tuntas
23 Okky Minandar P. 10 Tuntas
24 Permadi Setyawan 6 Tidak Tuntas
25 Pipit Krisnawati 10 Tuntas
26 Putri Animatul Yurida 10 Tuntas
27 Putri Nuraini 9 Tuntas
28 Riza Kiki Sari 3 Tidak Tuntas
29 Septian Priwa Pradanang 8 Tuntas
30 Shavira Amelia Putri 9 Tuntas
31 Singgih Dwi Antoro 10 Tuntas
32 Winda Widianingsih 6 Tidak Tuntas
33 Candra Wiguna 4 Tidak Tuntas
34 Rima Sukma Oktaviani 3 Tidak Tuntas
35 Lia Listiawati 8 Tuntas
Lampiran 9
72
HASIL EVALUASI PERMAINAN
SIKLUS I
Kelompok Nama Nilai
M. Ginanjar S
Amelia R.
Hani M.
Meina Trisnawati
2
4
3
4
1
Total Nilai 13
Ardha A
Ahmad Fahrozi
Shavira Amelia
Lia Listiawati
4
2
3
3
2
Total Nilai 12
Eri Kurniawan
Ihda Hanifatun
Okky Minandar
Pipit Krisnawati
2
4
5
3
3
Total Nilai 14
Candra Satria
Hafizh Daffa
Putri Nuraini
Rima Sukma
3
5
4
2
4
Total Nilai 14
Christina Annisa
Henidiar Amru
Lina Hanifah
Winda W.
5
4
3
2
5
Total Nilai 14
Bayu Sapto
Agustina Puji
Beja Sariman
Candra Wiguna
5
5
4
1
6
Total Nilai 15
Aji Kusuma
Singgih Dwi
Permadi S.
5
5
3
7
Total Nilai 13
Lampiran 11
73
Kelompok Nama Nilai
Dendi Wahyu
Abdul Aziz
Era Setyawan
Septian Prima
4
5
1
4
8
Total Nilai 14
9 Abdu Musyarifin


Putri A.
Riza Kiki
Lutfiana R
2
4
2
5
Total Nilai 13
74
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
SIKLUS I
Petunjuk :
1. Isilah kolom jumlah dengan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan sesuai
dengan aktivitas siswa.
2. Skala penilaian diisi dengan tanda cek (V)
3. Jumlah siswa kelas I ada 35 siswa.
Nilai No Aspek yang Dinilai Jumlah
1 2 3 4
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Siswa siap duduk pada kelompok masingmasing.
Siswa siap dengan alat peraga dan sarana lain.
Siswa tenang pada waktu guru menjelaskan.
Siswa yang aktif bertanya.
Siswa menjawab pertanyaan guru (termasuk
angkat tangan).
Siswa menguasai permainan.
Siswa menyelesaikan permainan tepat pada
waktu yang telah ditentukan
Siswa yang tidak sedang bermain
memperhatikan dengan seksama permainan
yang sedang berlangsung.
Siswa aktif dalam melaksanakan tugas
kelompok.
Siswa dapat bekerjasama dan berhubungan
dengan siswa lain.
35
35
26
20
24
25
15
19
27
26
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
Skor 2 18 12
Lampiran 12
75
Penilaian :
27 – 35 siswa = 4
18 – 26 siswa = 3
9 – 17 siswa = 2
1 - 8 siswa = 1
Kriteria :
85 – 100 = Baik Sekali
70 – 84 = Baik
55 – 69 = Sedang
0- 54 = Kurang
Skor total = 32 x 2,5 = 80.
Jadi, termasuk dalam kriteria baik.





Lampiran 13 76
LEMBAR PENGAMATAN GURU
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
SIKLUS I
Petunjuk : Pusatkan perhatian anda pada perilaku guru dan siswa didalam kelas.
Tulislah hasil pengamatan anda dengan angka pada setiap indikator.
No Ketrampilan /
kemampuan Guru
Indikator Nilai
1 Ketrampilan Membuka
Pelajaran
􀂃 Mengkondisikan kelas
􀂃 Memunculkan motivasi /
keingintahuan siswa tentang
materi yang akan dipelajari
􀂃 Memberikan gambaran tentang
materi yang akan dpelajari
􀂃 Memberikan apersepsi
􀂃 Mengatur waktu untuk membuka
pelajaran
75
80
80
75
80
2 Ketrampilan Menyajikan
Pelajaran
􀂃 Membentuk kelompok
􀂃 Mengkondisikan siswa agar siap
dengan alat peraga dan sarana
yang lain
􀂃 Memberikan contoh permainan
dengan tepat
􀂃 Mendampingi / membantu siswa
saat permainan sedang
berlangsung
􀂃 Menjawab pertanyaan siswa
dengan tepat
􀂃 Memberikan penguatan pada
siswa yang berhasil
􀂃 Melakukan tanya-jawab dengan
80
80
80
80
80
78
85
Lampiran 13 77
siswa dalam memecahkan soal
cerita yang mengandung
penjumlahan
3 Ketrampilan Menutup 􀂃 Membuat kesimpulan
􀂃 Melaksanakan evaluasi
80
90
Skala Penilaian :
Nilai 81-100 = A (Sangat Baik)
Nilai 61-80 = B (Baik)
Nilai 41-60 = C (Sedang)
Nilai 21-40 = D (Kurang)
Nilai 0- 20 = E (Sangat Kurang)
Pedoman Penilaian :
Nilai Akhir = 57 , 80
14
1128 =
Jadi, termasuk dalam kriteria baik.

RENCANA PENGAJARAN (RP) 02
SIKLUS II
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.
II. KOMPETENSI DASAR
Melakukan operasi hitung bilangan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Siswa dapat menngurang dua bilangan dengan atau tanpa meminjam.
2. Siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan dengan cara susun pendek.
3. Siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan dengan cara susun panjang.
4. Siswa dapat memecahkan soal cerita yang mengandung penngurangan.
IV. KEGIATAN INTI
1. Pendahuluan (5 menit)
a. Guru mengingatkan siswa tentang penjumlahan.
15 + 7 = ...
b. Guru mengingatkan siswa tentang fakta dasar pengurangan sampai 20.
10 – 7 = ...
2. Kegiatan Inti
a. Guru melakuan tanya jawab tentang mengurang dua bilangan tanpa meminjam.
28 – 11 = ...
b. Guru membagi siswa dalam 9 kelompok dengan setiap kelompok terdiri atas 4
– 5 siswa.
Lampiran 14 78
79
c. Guru memperagakan permainan dengan menggunakan kartu bridge.
1) Guru menerangkan prinsip permainan
Dalam permainan karu bridge warna pada setiap jenis kartu atau
suit tidak berpengaruh pada tingkatan kartu. Nilai kartu disesuaikan dengan
angka yang ada pada kartu tersebut. Untuk kartu 2 sampai dengan 10
nilainya sama dengan yang ada di kartu sedangkan kartu Jack, Queen dan
King dari tiap jenis kartu bernilai 10 dan kartu As dari tiap jenis kartu
bernilai 1.
2) Guru mengacak kartu dan menyusunnya satu persatu secara vertikal.
3) Guru mengambil kartu yang apabila kartu yang bernilai besar dikurangkan
dengan kartu yang bernilai kecil hasilnya 3.
10 – 7 = 3
d. Guru menyuruh siswa melakukan permainan kartu berpedoman pada Lembar
Kerja Siswa (masing-masing anak 10 menit).
e. Guru memberikan reward kepada kelompok yang mendapat nilai paling banyak
berdasarkan lembar evaluasi permainan.
f. Guru mengumpulkan kembali kartu bridge.
g. Guru melakukan tanya jawab tentang bagaimana memecahkan soal cerita
yang mengandung pegurangan.
h. Guru memberikan soal latihan untuk dikerjkan siswa secara berkelompok (10
menit).
i. Guru bersama siswa membahas sola latihan (5 menit).
3. Penutup (5menit)
a. Siswa dibantu membuat kesimpulan
b. Guru memberikan pekerjaan rumah.
V. SARANA DAN SUMBER BAHAN
1. Sarana : kartu bridge, lembar evaluasi permainan, lembar soal.
2. Sumber bahan : Buku Matemática 2 untuk Sekolah Dasar Kelas 2 ( Drs. Teguh
Purwantari, dkk) halaman 21-34.
VI. EVALUASI
1. Penilaian dilaksanakan dengan tugas kelompok.
2. Penilaian dilaksanakan dengan tugas kelompok.
80
81


LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS II
PETUNJUK PERMAINAN
1. Warna pada setiap jenis kartu tidak berpengaruh pada tingkatan kartu.
2. Kartu Jack, Queen dan King pada setiap jenis kartu bernilai 10.
3. Kartu As dari setiap jenis kartu bernilai 1.
4. Kartu yang lain sesuai dengan angka yang tercantum pada kartu.
5. Kartu diacak, kemudian ambil 2 buah kartu dan susun kebawah dengan
posisi terbuka.
= 10
= 1
10 – 8 = 2
Lampiran 15
82
6. Kemudian dihitung.Jika 2 kartu tersebut, kartu yang nilainya lebih besar
dikurangkan dengan kartu yang nilainya lebih kecil hasilnya 3 maka 2
kartu tersebut diambil.Jika belum, tambahkan kartu dari tumpukan kartu.
Kartu yang diambil dari urutan bawah secara berurutan.
7. Jika sudah berhasil mengambil 2 kartu,kartu yang nilainya lebih besar
dikurangkan dengan kartu yang nilainya lebih kecil hasilnya 3 , berilah
tanda silang pada lembar evaluasi permainan sesuai dengan nama siswa
yang sedang bermain.
No Nama Anggota Nama Anggota Nama Anggota Nama Anggota
1 X
10 – 7 = 3
83
8. Lakukan sampai waktu yang ditentukan habis ( 10 menit).
9. Jumlahkan semua tanda silang pada lembar evaluasi permaianan pada
setiap kelompok.
LEMBAR EVALUASI PERMAINAN
SIKLUS II
KELOMPOK…..
No 1 2 3 4
Jumlah = ……. …….. ……….. ……..
Total Skor = …..
Keterangan :
Kotak 1 : Nama pemain 1
Kotak 2 : Nama pemain 2
Kotak 3 : Nama pemain 3
Kotak 4 : Nama pemain 4
Lampiran 16 84
LATIHAN SOAL
SIKLUS II
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Bilangan Hitung
Alokasi Waktu : 10 menit
Petunjuk :
1. Selesaikan sola-soal berikut secara berkelompok.
2. Tuliskan nama kelompok dan anggota di tempat yang disediakan
Kelompok :.................
Anggota :..................
...................
...................
...................
...................
1. Selesaikan dengan cara susun panjang .
42 = 40 + …
21 + 20 + …
… = … + …
2. 38
18
3. 29 – 5 = ….
4. 62 – 19 = ….
5. Ibu membeli telur sebanyak 28 butir. Sampai di rumah telur yang pecah
sebanyak 12 butir. Berapakah telur ibu yang masih utuh ?
Jadi, 42 – 21 = ….
Lampiran 17 85

JAWABAN LATIHAN SOAL
SIKLUS II
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / I
Materi Pokok : Operasi Bilangan Hitung
1. 42 = 40 + 2
21 = 20 + 1
21 = 20 + 1
Jadi, 42 - 21 = 21
2. 20
3. 24
4. 43
5. Diketahui :Telur 28 butir
Telur yang pecah 12 butir
Ditanya : Jumlah telur yang masih utuh
Dijawab : 28 – 12 = 16
Lampiran 18
-

No comments:

Post a Comment