Wednesday, July 9, 2014

Contoh Lembar Pengasahan Daftar Isi



LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PENGGUNAAN MEDIA VISUAL GAMBAR UNTUK  MENINGKATKAN  MINAT SISWA KELAS II PADA MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN BAYEM 03 KECAMATAN KASEMBON  KABUPATEN MALANG

Nama mahasiswa                    : VERA LINA DIAN  TRISNAWATI
NIM                                        : 814320256
Program studi                          : S-1 PGSD
Tempat Mengajar                    : SDN. Bayem 03 Kec. Kasembon Kab. Malang
Jumlah Pembelajaran               : 2 x Siklus
Tempat dan tanggal Pelaksanaan        : 10 Pebruari - 17 Pebruari 2009
Masalah yang merupakan fokus perbaikan :
 “ Meningkatkan minat siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Indonesia melalui media visual gambar ”


Menyetujui,                                                     Malang, 10 Maret 2009
Supervisor                                                                   Mahasiswa


Drs. Margono, M.Pd. M.si                           Vera Lina Dian Trisnawati
NIP. 131652218                                             NIM. 814320256





ABSTRAK

Trisnawati, Vera Lina Dian. 2009. Penggunaan Media Visual Gambar untuk  Meningkatkan  Minat Siswa Kelas II pada Materi Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Bayem 03 Kecamatan Kasembon  Kabupaten Malang

Kata Kunci : Media visual gambar, Minat siswa, Bahasa Indonesia

Siswa dapat berhasil dalam proses pembelajaran disebabkan oleh keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengamati, mencoba, melakukan sendiri, dan menggunakan alat peraga yang nyata. Guru untuk meningkatkan minat belajar anak, diantaranya adalah guru  menggunakan media yang mudah dijangkau dan menarik perhatian, siswa diajak untuk terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga akan lebih mudah terekam dalam otak siswa dan siswa diperbanyak tanya jawab dan latihan agar lebih aktif dan terampil di dalam mengingat . Tujuan dari program ini adalah untuk dapat meningkatkan minat siswa belajar  pada materi pelajaran bahasa Indonesia, sehingga hasil belajar yang diperoleh meningkat.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang  berupaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam pembelajaran. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus yang disesuaikan dengan alokasi waktu dan topik yang dipilih serta mempertimbangkan kesempurnaan dalam pelaksanaan program perbaikan ini. Masing-masing  siklus terdiri dari ; a). Perencanaan ; perumusan masalah, penentuan tujuan, dan metode penelitian. b). Tindakan ; dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. c). Observasi; dilakukan secara runtut dan sistematis untuk mengamati hasil atau efek, serta mempertimbangkan hasil dari program ini. Serta program perbaikan pembelajaran ini dilakukan sebanyak 2 siklus.
Berdasarkan hasil data  temuan pada program perbaikan tersebut, pembelajaran sebelum perbaikan rata-rata  sama dengan 60%. Setelah diadakan perbaikan dengan menggunakan alat peraga, variasi metode dan lain-lain nilai rata-rata menjadi 76,25 %. Jadi dengan diberikan alat peraga, variasi metode dan tugas-tugas dalam tugas  individu akan dapat meningkatkan pemahaman siswa.



KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan PKP dengan judul ” Penggunaan Media Visual Gambar untuk  Meningkatkan  Minat Siswa Kelas II pada Materi Pelajaran Bahasa Indonesia  SDN Bayem 03 Kecamatan Kasembon  Kabupaten Malang
            Adapun penyusunan Laporan penelitian ini adalah sebagai langkah untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar siswa SDN Bayem III  dalam hal memahami permasalahan pembelajaran di kelas dan memberikan metode pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar secara optimal.
            Dalam kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan  rasa terima kasih yang tidak  terhingga kepada:

1.      Drs. Margono, M.Pd, M.Si selaku supervisor yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan laporan ini.
2.      Ibu Kepala Sekolah SDN Bayem III yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan tugas PKP ini.
3.      Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Bayem 03 yang telah memberi bantuan dan memberi kesempatan untuk penelitian ini.                                                 
           
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selaulu penulis harapkan.

                                                                                     Malang, 10 Maret 2009



                                                                                                      Penulis


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL  ...................................................................................i
LEMBAR PENGESAHAN .........................................................................ii
ABSTRAK  .................................................................................................. iii
PENGANTAR  .............................................................................................iv
DAFTAR ISI .................................................................................................v
BAB I        PENDAHULUAN......................................................................1
A.     Latar Belakang masalah ………………………………….....1
B.     Rumusan Masalah ………………………………………….2
C.     Tujuan Perbaikan  ………………………………………….2
D.     Manfaat Perbaikan …………………………………………3
BAB II       KAJIAN PUSTAKA.................................................................4
A.     Minat Siswa .........................................................................4
B.     Media visual gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia ... 5
C.     Media visual gambar terhadap minat siswa ............................9
BAB III     PELAKSANAAN PERBAIKAN ................................................11
A.     Subyek Penelitian …………………………………………… 11
B.     Deskripsi per siklus ………………………………………..... 12
BAB IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................  18
A.     Deskripsi per siklus …………………………………………. 18
B.     Pembahasan setiap siklus ………………………………….... 23
BAB VI     KESIMPULAN DAN SARAN.................................................. 27
A.     Kesimpulan ………………………………………………….27
B.     Saran  ……………………………………………………….27

DAFTAR PUSTAKA  …………………………………………………….. ..28
LAMPIRAN  ………………………………………………………………. 29

 

No comments:

Post a Comment