Monday, March 10, 2014

CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN



Lampiran 1

 
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SDN .............. 03
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : II/2
Tema                           : Kegiatan sehari-hari
Waktu                         : 2 x 45 menit 

I. Standar Kompetensi         
Mengungkapakan secara lisan dan tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan bercerita.
II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
III. Indikator:
Siswa dapat mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
IV. Tujuan Perbaikan
1.      Siswa dapat  mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang disekitar dengan lisan dan tulisan secara tepat.
2.      Siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat.
V. Skenario pembelajaran
1.      Kegiatan awal (10 menit)
§  Siswa diajak membaca tentang ciri-ciri tumbuhan dan binatang dibuku paket.
§  Guru memberikan pre test berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.      Kegiatan inti (50 menit)
§  Guru bercerita tentang tumbuhan dan binatang secara umum
§  Guru berceramah tentang materi ciri-ciri tumbuhan dan binatang secara umum.
§  Guru berceramah tentang :
a.             Menyebutkan jenis – jenis tumbuhan dan binatang disekitar kita
b.            Mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan dan binatang tersebut diatas
§  Guru memberi tugas siswa untuk menulis ciri-ciri tumbuhan dan binatang yang mereka telah didengar dari ceramah Ibu guru.
3.      Kegiatan akhir (10 menit)
§  Guru bersama siswa membuat rangkuman hasil belajar.
§  Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
VI. Sumber Belajar
a.       Buku Bahasa Indonesia kelas 2, Hesti Puji Rastuti, dkk
b.      FOKUS Bahasa Indonesia, acuan pengayaan. CV. Sindunata
VII. Penilaian
a. Teknik                     : tes tertulis
b. Bentuk instrumen    : Ulangan harian
c. Soal/Instrumen        :

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN I
Sekolah                       : SDN ........... 03
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : II/2
Tema                           : Kegiatan sehari-hari
Waktu                         : 2 x 45 Menit
                       
  1. Standar Kompetensi
Mengungkapakan secara lisan dan tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan bercerita.
  1. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
  1. Indikator:
Siswa dapat mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
  1. Metode
1. Tanya Jawab
2. Presentasi
3. Penugasan
E.     Tujuan Perbaikan
a.       Siswa dapat  mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang disekitar dengan lisan dan tulisan secara tepat.
b.      Siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat.
  1. Kegiatan Perbaikan Pembelajaran
a.       Kegiatan Awal (10 menit)
v  Guru bercerita tentang tumbuhan dan binatang yang ada di sekitar kita dan disertai tanya jawab tentang hal tersebut secara umum, pertanyaan yang diajukan antara lain :
1.      Permasalahan tentang apakah mereka punya binatang peliharaan atau pernah menanam tumbuhan ditaman.
2.      Permasalahan tentang apa saja jenis binatang dan tumbuhan yang ada disekitar kita.
3.      Permasalahan bagaimana ciri-cirinya.
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan binatang berdasarkan gambar dengan tepat.
b.      Kegiatan Inti (45 menit)
v  Guru membagikan gambar tentang binatang dan tumbuhan kepada para siswa, kemudian menyuruh mereka untuk memperhatikan dengan seksama (10 menit).
v  Guru memberikan tugas untuk menuliskan ciri-ciri binatang dan tumbuhan berdasarkan gambar yang mereka bawa masing-masing serta diuraikan. (20 menit).
v  Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju ke depan kelas, kemudian Guru berikan instruksi untuk membaca hasil tulisan mereka didepan kelas   (15 menit).
c.       Kegiatan Akhir (15 menit)
v  Siswa bersama-sama siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari dalam kegiatan ini.
v  Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa sebagai pemantapan materi serta memberikan instruksi untuk menghafalkan ciri-ciri binatang dan tumbuhan kemudian di pertemuan selanjutnya akan diadakan presentasi ke depan untuk menyebutkan diskripsi binatang dan tumbuhan secara lisan tanpa petunjuk gambar.
  1. Sumber Belajar
  • Buku Bahasa Indonesia kelas 2, Hesti Puji Rastuti, dkk
  • FOKUS Bahasa Indonesia, acuan pengayaan. CV. Sindunata
  • Gambar tumbuhan dan binatang

  1. Penilaian
a. Teknik                     : tes tertulis
b. Bentuk instrumen    : Ulangan harian
c. Soal/Instrumen        :


RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN II

Sekolah                       : SDN ........ 03
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : II/2
Tema                           : Kegiatan sehari-hari
Waktu                         : 2 x 45 menit 

I. Standar Kompetensi         
Mengungkapakan secara lisan dan tulisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan benda dan bercerita.
II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
III. Indikator:
Siswa dapat mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa lisan dan tulisan
IV. Metode :
1. Presentasi
3. Penugasan
V. Tujuan Perbaikan
Siswa dapat  mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan atau binatang disekitar dengan lisan dan tulisan secara tepat.
Siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat.
VI. Kegiatan Perbaikan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10 menit)
a.             Guru melakukan ulasan kembali secara umum tentang ciri-ciri hewan dan tumbuhan secara umum
b.            Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Memantapkan siswa dalam menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan hewan berdasarkan gambar dengan tepat.
2. Kegiatan Inti (45 menit)
a.       Guru menunjuk seluruh siswa secara bergiliran untuk menyebutkan serta mendiskripsikan tentang hewan dan tumbuhan disekitar kita tanpa membawa catatan dan gambar ; setiap siswa diberi waktu maksimal  3 menit (45 menit).
b.      Kemudian guru memberikan soal test uraian tentang ciri –ciri hewan dan  tumbuhan, kemudian diinstruksikan siswa menjawab soal-soal tersebut.  (20)
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
a.       Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya.
b.      Siswa bersama-sama guru membuat kesimpulan tentang ciri-ciri tumbuhan dan binatang disekitar kita .
VII. Sumber Belajar
  • Buku Bahasa Indonesia kelas 2, Hesti Puji Rastuti, dkk
  • FOKUS Bahasa Indonesia, acuan pengayaan. CV. Sindunata
  • Gambar tumbuhan dan binatang

VIII. Penilaian
a. Teknik                     : tes tertulis
b. Bentuk instrumen    : Ulangan harian
c. Soal/Instrumen        :



No comments:

Post a Comment