Sunday, January 18, 2015

Pengertian Generalisasi , pengertian kronologi, tujuan Kronogi

GENERALISASI ADALAH PROSES PENALAR YANG BERTOLAK DARI SEJUMLAH FAKTA ATAU GEJALA KHUSUS YANG DIAMATI LALU DITARIK KESIMPULAN UMUM TENTANG SEBAGIAN.

 atau seluruh gejala yang diamati itu. jadi, generalisasi adalah pernyataan yang berlaku umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diamati. di dalam karangan generalisasi perlu ditunjang dengan bukti atau dibuktikan dengan fakta-fakta.

Periodisasi adalah tingkatperkembangan masa atau pembabakan suatu masa. Periodisasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembababakan masa dalam sejarah. Pembabakan dilakukan karena rentang waktu atau masa sejak manusia ada hingga sekarang merupakan rentang yang sangat panjang sehingga para ahli atau sejarawan mengalami kesulitan untuk memahami maupun membahas masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia. Untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia, para ahli menyusun suatu periodisasi-periodisasi sejarah atau pembabakan-pembabakan masa sejarah.

Definisi Kronik. Kata "kronik" dapat ditemukan dalam sejarah-sejarah dinasti-dinasti dari kerajaan China. Kronik merupakan sejenis kumpulan tulisan-tulisan dari dinasti-dinasti yang berkuasa di Cina, seperti kronik dinasti Chou, chin, Tang, Ming, Sung dan dinasti-dinasti lainnya.

Kronik itu merupakan suatu kumpulan tulisan tentang perjalanann seorang musafir atau seorang pujangga dan juga seorang pendeta. Para musafir atau pujangga akan menulis seluruh peristiwa dan kejadian maupun hal-hal yang baru ditemukan ketika melakukan perjalanannya.



Pengertian Kronologi

Kronologi sejarah adalah susunan waktu secara berurutan dan sistematis dari setiap peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi.

Tujuan Kronologi

Penyusunan kronologi oleh para sejarawan bertujuan untuk menempatkan skenario peristiwa sejarah dalam setting waktu agar memudahkan setiap orang yang ingin mengetahui peristiwa sejarah sehingga dapat mempelajarinya secara berurutan dan sistematis.

No comments:

Post a Comment