Sunday, January 18, 2015

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMA 1 SUB 4 PB 6




Satuan Pendidikan      : SDN Ngoro II
Kelas/Semester            : I/I (ganjil)
Tema                           : 1. Diriku
Sub Tema / PB            : 4. Aku Istimewa/6
Waktu                         : 1 x pertemuan (5x35 menit)

A.    Kompetensi Inti
  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantua guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
·         Mengucapkan terima kasih kepada orang lain.
·         Mengucapkan terima kasih kepada teman.
·         Menyebutkan nama teman.

Matematika
Kompetensi Dasar
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang           berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolh,atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Indikator
·          Melakukan operasi penjumlahan yang jumlahnya sampai 10.
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah bermain peran, siswa dapat menyampaikan ucapan terima kasih dengan santun.
2.      Setelah kegiatan bermain peran, siswa dapat menyebutkan nama teman dalam kelompoknya dengan benar.
3.      Setelah kegiatan bermain, siswa dapat menghitung banyak teman yang memiliki nama dengan huruf awal yang sama.
D.    Materi Ajar
1.      Percakapan yang santundengan ucapan terima kasih(Buku siswa halaman 107)
2.      Huruf abjad (Buku siswa halaman 108)
3.      Penjumlahan (Buku siswa halaman 109)

E.     Metode dan Pendekatan              
Metode         : bermain peran, tanya jawab dan ceramah, penugasan
Pendekatan :saintific(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).

F.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat         : Skenario drama anak dankartu­kartu nama siswa
2.      Sumber                      :
Assegaf, Lubna. Buku Siswa Tema 1 “Dirirku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Dekskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.       Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.       Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
3.       Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.       Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
( 10 menit )

Inti
1.       Guru menyiapkan beberapa naskah drama anak sederhana untuk diperankan oleh siswa secara bergantian, tema drama tentang mengucapkan terima kasih.Contohnya : – Anak yang meminjam buku kemudian mengembalikannya.
2.       Guru membacakan naskah yang telah dipersiapkan.
3.       Guru melakukan audisi sederhana untuk mencari pemeran drama atau dapat juga dilakukan dengan menawarkan peran pada siswa yang bersedia.
4.       Siswa bermain peran bergantian.
5.       Siswa belajar berimprovisasidalam berperan dan berdialog sesuai dengan naskah drama yang telah dibacakan sebelumnya.
6.       Siswa lain memberikan apresiasi kepada setiap siswa yang selesai bermain drama.
7.       Sebagai penutup guru menyampaikan manfaat bermain peran yaitu melatih kita untuk melakukan hal-hal baik yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari (terima kasih).
8.       Guru menanyakan kepada siswa apakah siswa sudah hafal semua nama temannya?
9.       Guru menyampaikan supaya tidak ada kekeliruan, maka guru akan membacakan kembali nama-nama siswa.
10.    Guru membacakan nama-nama siswa satu persatu dan siswa yang dipanggil namanya berdiri sejenak, kemudian duduk kembali.
11.    Guru menanyakaan apakah siswa tahu lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu”kemudian mengajak siswa menyanyikannya.
12.    Kemudian, guru mengganti lirik lagu tersebut dengan nama-nama siswa di kelas.
13.    Contoh:
Satu satu aku kenal Udin
Dua dua juga kenal Siti
Tiga tiga kenal Dayu Lani
Satu dua tiga kenal semuanya
14.    Beberapa siswa ditunjuk untuk mempraktikannya.


15.    Selesai bernyanyi, guru mengajak siswa bermain mencari nama teman.
16.    Guru mempersiapkan potongan-potongan kartu bertuliskan nama siswa dan menyebarnya di lantai kelas.
17.    Siswa bermain  menemukan nama teman dipandu oleh guru.
18.    Siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan berdiri membentuk barisan yang rapi sesuai dengan tinggi badan (bisa mengajak siswa bermain di luar kelas).
19.    Siswa di barisan pertama diminta untuk menemukan potongan kartu, bertuliskan nama teman yang berbaris dalam kelompoknya.
20.    Setiap siswa harus mengambil satu kartu nama teman di kelompoknya dalam 1 menit.
21.    Jika berhasil menemukan kartu nama temannya, lalu kartu tersebut diserahkan kepada pemilik nama.
22.    Siswa yang sudah menerima kartu nama, melakukan hal yang sama.
23.    Demikian seterusnya sampai semua anggota kelompok memegang kartu nama.
24.    Kelompok yang paling cepat mengumpulkan kartu nama akan menjadi pemenangnya.
25.    Siswa tetap berkumpul dengan kelompoknya dan diminta menghitung jumlah siswa yang memiliki nama dengan huruf awal yang sama. Misalnya menghitung jumlah nama yang diawali huruf A, huruf B, huruf C, dan seterusnya.
26.    Siswa berlatih soal penjumlahan yang terdapat di buku siswa.
95 menit































Istirahat


60 menit
Penutup
1.       Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
2.       Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
3.       Guru menyampaikan pesan moral kepada siswa untuk senantiasa mengucapkan terima kasih kepada teman yang sudah menolong.
4.       Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
10 menit

H.    Penilaian
1.          Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap: percaya diri, disiplindan bekerja sama
b.      Penilaian Pengetahuan : tes tulis
c.       Penilaian Keterampilan: bermain peran dan permainan kartu nama
2.         Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
No
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Dinda












2
Ahmad












3
Rani












4
Dimas













b.      Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu menyampaikan ucapan terima kasih dengan santun.


2.
Siswa mampu menyebutkan nama teman dengan menggunakan awalan abjad


3.
Siswa mampu menghitung banyak teman yang memiliki nama dengan huruf awal yang sama


4.
Siswa mampu melakukan  penjumlahan 1-10



c.       Penilaian Keterampilan :
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Bermain Peran
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang
kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
2
Kepercayaan diri pada saat tampil
Tidak terlihat ragu­ragu
Terlihat ragu­ragu

Memerlukan
bantuan guru

Belum menunjukkan
kepercayaan diri

Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Permainan Kartu Nama
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Keberhasilan
menemukan kartu nama teman
Seluruh anggota
kelompok
berhasil menemukan
kartu nama teman
Setengah atau
lebih anggota
kelompok berhasil
menemukan
kartu nama teman
Kurang dari setengah anggota kelompok berhasil
menemukan
kartu nama teman
Seluruh anggota
kelompok belum berhasil menemukan
kartu nama

2
Kerjasama
kelompok

Seluruh anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif dan saling
menyemangati
Setengah atau
lebih anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
Kurang dari
setengah anggota
kelompok berpartisipasi
aktif
Seluruh anggota
kelompok terlihat pasif



Mengetahui,
Kepala SD



....................................
NIP.19631010198703 1016         

Jombang, 1 November 2014
Guru



....................................
NIP.

   


Dinda        : Hai, Ahmad
                  Kenapa kamu murung ?
Ahmad      : Hari ini, pensilku ketinggalan
Dinda        : Ini aku pinjami
Ahmad      : Terima kasih, Dinda
Dinda        : Sama-sama, Ahmad




Dimas       : Rani, apa kabar
                  Kamu tahu PR kita halaman berapa
                  Maaf aku lupa
Rani          : Kabarku baik, Dimas
                  PR kita di buku Diriku halaman 106
Dimas       : Terima kasih, Rani
Rani          : Sama-sam, Dimas

No comments:

Post a Comment