Pasar Monopoli
Pasar
Monopoli adalah situasi pasar dimana hanya terdapat satu penjual
(single firm) dan komoditi atau barang ini tidak ada penggantinya (substitusi)
yang sangat mirip (close subtitute).
Ciri- ciri pasar monopoli sebagai berikut:
- Hanya terdapat satu perusahaan.
- tidak adanya barang pengganti yang mirip.
- Adanya hambatan untuk memasuki industri (barriers to entity).
- Perusahaan merupakan penentu harga (price maker).
- Promosi dan iklan kurang diperlukan.
Kelebihan pasar monopoli sebagai berikut:
- Ada dua kemungkinan yang berbeda, di satu sisi monopoli justru menguntungkan konsumen kalau diimbangi efisiensi, tetapi di sisi lain monopoli juga seringkali menjadi sumber inefisiesi.
- Monopoli bisa memperoleh keuntungan lebih/ excess profit (di atas keuntungan normal), sehingga perusahaan bisa melakukan penelitian dan pengembangan.
Sedangkan kelemahan paar monopoli sebagai berikut:
- harga produk cenderung tinggi (produsen sebagai price maker) karena produsen cenderung menginginkan keuntungan yang tinggi.
- Jumlah produk di pasar sangat bergantung dari produsen/ penjual di pasar.
- Dalam pasar monopoli cenderung terjadi pemborosan sumber daya ekonomi, karena produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata minimum, artinya perusahaan saling beroperasi secara tidak efisien.
- Ditinjau dari segi distribusi pendapatan, masyarakat, pasar monopoli sering menimbulkan ketidak adilan.
- Pada pasar monopoli sering terjadi eksploitasi baik terhadap konsumen maupun pemilik faktor produksi.
ada � a l Х �-� ering terjadi eksploitasi baik terhadap konsumen maupun
pemilik faktor produksi.Ciri- ciri pasar monopoli sebagai berikut:
- Hanya terdapat satu perusahaan.
- tidak adanya barang pengganti yang mirip.
- Adanya hambatan untuk memasuki industri (barriers to entity).
- Perusahaan merupakan penentu harga (price maker).
- Promosi dan iklan kurang diperlukan.
Kelebihan pasar monopoli sebagai berikut:
- Ada dua kemungkinan yang berbeda, di satu sisi monopoli justru menguntungkan konsumen kalau diimbangi efisiensi, tetapi di sisi lain monopoli juga seringkali menjadi sumber inefisiesi.
- Monopoli bisa memperoleh keuntungan lebih/ excess profit (di atas keuntungan normal), sehingga perusahaan bisa melakukan penelitian dan pengembangan.
Sedangkan kelemahan paar monopoli sebagai berikut:
- harga produk cenderung tinggi (produsen sebagai price maker) karena produsen cenderung menginginkan keuntungan yang tinggi.
- Jumlah produk di pasar sangat bergantung dari produsen/ penjual di pasar.
- Dalam pasar monopoli cenderung terjadi pemborosan sumber daya ekonomi, karena produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata minimum, artinya perusahaan saling beroperasi secara tidak efisien.
- Ditinjau dari segi distribusi pendapatan, masyarakat, pasar monopoli sering menimbulkan ketidak adilan.
- Pada pasar monopoli sering terjadi eksploitasi baik terhadap konsumen maupun pemilik faktor produksi.
No comments:
Post a Comment