Friday, April 18, 2014

5 Candi sisa-sisa Peninggalan Kerajaan Hindhu-Budha di Jawa Barat



 
     Meskipun Kerajaan Hindhu-Budha di Jawa Barat tak semasyur dan semakmur bila dibandingkan dengan kerajaan-kerajaan di Jawa Tengah, namun mereka tetap meninggalkan sebuah jejak yang menerangkan bahwa mereka pernah eksis di jamanya, dan inilah 5 candi Hindhu-Budha yang masih bisa kita jumpai di Jawa Barat...

1. Candi Bojongmenje

     Atau yang lebih dikenal dengan Situs Rancaekek, merupakan komplek purbakala yang diduga merupakan peninggalan masa pra-Islam di Jawa Barat yang terletak di Dusun Bojongmenje, Kalurahan Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Bandung,Jawa Barat. Situs ini terletak di dekat kawasan industri sehingga keberadaannya terancam.


2. Candi Cangkuang

Adalah sebuah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Candi inilah juga yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda.

3. Percandian Batujaya

     Kompleks Percandian Batujaya adalah sebuah suatu kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuna yang terletak di Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Situs ini disebut percandian karena terdiri dari sekumpulan candi yang tersebar di beberapa titik.

4. Percandian Cibuaya







Situs Percandian Cibuaya merupakan komplek beberapa bangunan dan tinggalan purbakala di Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Berdasarkan temuan arca Wisnu danlingga, para ahli menduga bahwa situs ini merupakan lokasi percandian Hindu di masa lampau. Situs ini kurang lebih sejauh 23 km jarak lurus, arah timur-tenggara dari situs Percandian Batujaya yang bernuansa Buddha.

5. Situs Karangkamulyan

Situs ini terletak di Ciamis. Situs ini merupakan peninggalan dari zaman Kerajaan Galuh yang bercorak Hindu-Buddha. Kawasan yang luasnya kurang lebih 25 Ha ini menyimpan berbagai benda-benda yang diduga mengandung sejarah tentang Kerajaan Galuh yang sebagian besar berbentuk batu. Batu-batu ini letaknya tidaklah berdekatan tetapi menyebar dengan bentuknya yang berbeda-beda. Batu-batu ini berada di dalam sebuah bangunan yang strukturnya terbuat dari tumpukan batu yang bentuknya hampir sama. Struktur bangunan ini memiliki sebuah pintu sehingga menyerupai sebuah kamar.



No comments:

Post a Comment