Monday, April 28, 2014

Kumpulan Candi-candi

Sejarah Tentang Candi-candi Yang Berada di Indonesia




Candi ini tidak terletak di lokasi sebenarnya. Pada tahun 2002, tanah dimana pondasi candi ini berada longsor, sehingga membahayakan candi. Maka diputuskan untuk membongkar candi ini dan membangunnya kembali 20 meter dari lokasinya semula. Aku dengar ada candi serupa di Magelang yg terpaksa dipindah gr2 ancaman lahar panas Merapi.





Candi Sukuh (Karanganyar, Solo) – Hindu
Candi2 di Karanganyar memiliki keistimewaan, selain dibangun di lokasi yg tinggi (Gunung Lawu), bentuknya jg menyerupai piramida. Khusus di Candi Cetho, terdapat relief dan patung bertema pornografi.



CANDI GUNUNG KAWI 
 
Pesona Bali sebagai Pulau Dewata memang tidak pernah pudar. Alam yang menyelimuti pulau ini menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Pantai yang indah, budaya yang kuat serta keramah tamahan masyarakat Bali mengantarkan pulau ini menjadi salah satu destinasi unggulan dunia.
Tidak hanya pantai dan panorama alam, bangunan berupa candi juga menghiasi pulau ini. Jika kita hanya mengenal candi di dalam bukit berada di India atau China, namun tidak demikian. Di pulau Bali kita juga dapat menemukan hal serupa, yaitu candi di dalam bukit yang bernama Candi Gunung Kawi.
Candi ini terdapat  di Kabupaten Gianyar, yang detail bangunannya terpahat unik diantara bebatuan di tepi bukit nan hijau.
Candi Gunung Kawi tidak dibuat dari susunan batu, melainkan memanfaatkan dinding batu cadas di tepi sungai sebagai media untuk membuat rumah ibadah para penganut Hindu tersebut.
Dinding batu tersebut dipahat dan dibentuk menyerupai dinding-dinding candi. Tak hanya itu, dinding-dinding batu tersebut juga dilengkapi dengan ruangan tempat bermeditasi.
Menurut perkiraan para ahli, candi ini dibuat sekitar abad ke-11 M, yaitu pada masa pemerintahan Raja Udayana hingga pemerintahan Anak Wungsu.
Versi lainnya yang berasal dari cerita rakyat setempat menyebutkan bahwa pura atau candi Tebing Kawi ini dibuat oleh orang sakti bernama Kebo Iwa. Kebo Iwa merupakan tokoh legenda masyarakat Bali yang dipercaya memiliki tubuh yang sangat besar

Situs Kalibukbuk terletak 12 meter dpl, terletak di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Bali Utara. Struktur candi berbentuk segi delapan (hexagonal) dengan 2 candi perwara dan arah hadap ke tenggara. Candi budha pada awalnya hanya ditemukan struktur pondasi bangunannya saja, tetapi tahun 2004 dibangun dengan bentuk candi Pada tahun 1991, di situs ini pernah ditemukan stupika dan materai dari tanah liat di area yang sekarang menjadi wilayah Hotel Angsoka berjarak 100 meter dari pantai; dan tahun 1994 di area tanah tegalan penduduk (milik AA Ngurah Sentanu) yang berjarak 900 meter dari pantai.

                    Candi kuning tabanan 




Candikuning adalah desa paling utara di kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Walaupun terkenal dengan obyek wisata Pura Ulun Danau di DanauBratan, Candikuning juga merupakan salah satu kantong masyarakat Muslim Bali.
 



No comments:

Post a Comment