Tuesday, June 24, 2014

Cara Membuat Tugas Sekolah



TUGAS TAP




Oleh :

VERA L..................................
NIM : 81********









DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ MALANG
PROGRAM S1 PGSD
MALANG
TAHUN 2009


1.      Mengajar adalah merupakan tanggung jawab yang berat. Bu Vera punya tanggung jawab mengajar pelajaran PKn kelas III semester 2 SDN Bayem 03 tahun Ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 20 orang dengan topik harga diri. Pada saat awal pembelajaran Bu Vera menyiapkan media berupa cerita pendek tentang harga diri yang berjudul anjing dan kucing. Kemudian menyiapkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai tentang mengenal pentingnya harga diri. Kemudian Bu Vera membagikan kertas yang berisi cerita anjing dan kucing. Dan menyuruh siswa kelas III membaca terlebih dahulu dengan teliti. Ternyata banyak siswa kelas III senang dengan cerita tersebut tetapi setelah diambil suatu kesimpulan dari cerita pendek itu banyak siswa yang tidak mengerti apa kandungan dari cerita itu tetapi hanya asyik dengan ceritanya saja.
2.      Identifikasi berbagai informasi :
a.       Bu Vera mengajar PKn kelas III dengan topik Harga Diri
b.      Media  yang disiapkan adalah cerita pendek yang berjudul anjing dan kucing
c.       Setelah membagi kertas yang berisi cerita anjing dan kucing, siswa diminta untuk membacanya dengan teliti.
d.      Setelah membaca cerita pendek tersebut, Bu Vera menyimpulkan kandungan nilai harga diri yang ada di dalam cerita.
e.       Namun banyak siswanya yang kurang mengerti dengan kandungan pada cerita itu.
3.       Rumusan Masalah
Mengapa banyak siswa dari Bu Vera tidak memahami materi tentang harga diri yang sudah diajarkan ?
4.      Analisis Penyebab masalah :
a.       Media yang digunakan tidak tepat untuk Siswa kelas III  SD
b.      Bu Vera tidak menjelaskan dengan contoh yang kongkret.
c.       Serta Bu Vera kurang aktif membimbing siswa-siswanya dalam proses pembelajaran.
d.      Siswa tidak mengerti tujuan yang harus dicapai pada proses pembelajaran itu.
5.      Pemecahan masalah :
a.       Guru mengganti media yang cocok untuk menjelaskan topik  tentang harga diri, misalnya gambar dan video pendek tentang harga diri. Yang dalam gambar dan video tersebut terdapat contoh nyata tentang bentuk harga diri dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Guru harus membimbing siswa lebih aktif, seksama dan telaten
c.       Guru harus menjadi pendidik, pembimbing dan pengajar pada setiap individu di kelas itu tanpa terkecuali.
d.      Guru memberi motivasi dan memacu semangat siswanya supaya rajin belajar.

6.      Kekuatan               : Dengan media pembelajaran yang tepat dan cocok serta yang
   memadai siswa lebih  aktif dalam  belajar memahami, sehingga
   mampu memahami materi  sesuai tujuan pembelajaran yang
   diharapkan.
 
Kelemahan            : Kelas menjadi berisik dan bersuara oleh suara media pembelajaran
  Tersebut. Serta persiapan untuk menyiapkan media tersebut  agak
  lebih lama.
1.      Media pembelajaran seharusnya disesuaikan dengan materinya yang akan mempermudah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Serta dalam kontek pemahaman realita mereka di kehidupan mereka sehari-hari melalui perantara media tersebut..
2.      Kaitannya untuk mempermudah pemahaman siswa, seharusnya guru harus pintar-pintar memilih media yang akan digunakan untuk membantunya dalam mempermudah pemahaman siswa. Sebagai contoh : untuk materi harga diri seharusnya yang harus ditampilkan adalah tindakan nyata dari contoh bentuk-bentuk  harga diri yang mungkin bisa dilihat dari video atau gambar. Dengan media yang lebih mendekati kenyataan siswa akan lebih mudah paham dan mengerti tentang materi harga diri.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SDN Bayem 03
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : II / 2
Standart Kompetensi  : Memiliki harga diri sebagai individu
Kompetensi dasar       : 3.1. Mengenal pentingnya memiliki harga diri
  3.2. Memberi contoh bentuk harga diri
Indikator                     : 3.1. Menjelaskan pengertian harga diri
                                      3.2. Menjelaskan pengertian harga diri
                                      3.3. Menyebutkan contoh bentuk harga diri
Waktu                         : 2 x 45 menit 

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu  menjelaskan pengertian harga diri
2.      Siswa mampu menjelaskan pengertian harga diri
3.      Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk harga diri
B.     Materi Pembelajaran
1. Pengertian harga diri
2. Pentingnya harga diri
3. Contoh-contoh bentuk harga diri
C.     Metode pembelajaran
1. Audio visual method
2. Ceramah
3. Penugasan
D.    Langkah –langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan awal
1). Bercerita cerita pendek kepada siswa yanag terkandung materi harga harga diri.
2). Menjelaskan pengertian harga diri, dan pentingnya harga diri dan contohnya
  1. Kegiatan inti
1). Menyiapkan VCD dan memutarkan sebuah drama tentang harga diri dalam
      keluarga, lingkungan masyarakat dan bangsa
2). Bersama-sama siswa melihat drama tersebut.
3) Setelah selesai guru menyampaikan maksud dan kandungan dari drama tersebut.
4).Memberi tugas pada siswa untuk mencari contoh-contoh harga diri yang biasa
    dilihat dalam kehidupan sehari-hari.
5) Setelah selesai tugas tersebut kemudian dikumpulkan pada guru tersebut.
  1. Kegiatan akhir.
1). Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi tentang
     harga diri
 
2). Memberikan tugas rumah
A.    Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
Sumber belajar      :
1). Buku Fokus (PKN, Sri Siswati dkk) hal.3-12.
2). Buku Paket PKN Kelas II, Mastur dkk hal 39-47
3). Orang tua
4). Teman
5). Lingkungan keluarga
6). Lingkungan Sekolah

Media Pembelajaran :
VCD berupa drama
B.     Penilaian
1). Teknik / tes tulis
2). Bentuk Instrumen
Jawablah soal dibawah ini !
1.      Apakah yang dimaksud dengan sikap harga diri ?
2.      Jelaskan ciri-ciri orang yang mempunyai sikap harga diri ?
3.      Sebutkan 3 manfaat memiliki harga diri ?
4.      Sebutkan akibat orang yang tidak meiliki sikap harga diri ?
5.      Bagaiman cara memperhatiakn dan memerperbaiki harga diri ?
3). Kunci Jawaban :
      1. Sikap harga diri adalah sikap menghargai dirinya sendiri dengan penuh
    kesadaran.
2. a. Selalu berbuat jujur
    b. Melakukan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab
    c. Menghormati dan menghargai orang lain
    d. Bersikap baik pada orang lain
    e. Bertutur kata santun
    f. Selalu melakukan kewajiban dengan baik.
3. a. Dalam masyarakat akan diterima dan dipercaya orang lain
    b. Mudah menyelesaikan tugas
    c. Dihormati dan dihargai orang lain.
    d. Mempunyai banyak teman
    e. Hidupnya lebih teratur
    f. Terhindar dari celaan dan hukuman
4. a. Mudah putus asa
    b. Tidak mempunyai rasa percaya diri.
    c. Dilecehkan atau tidak dihrgai orang lain.
    d. Dijauhi teman dan saudara
    e. Hidupnya tidak tenang
    f. Tidak dihormati ataupun tidak disayangi orang lain

5. Cara mempertahankan harga diri :
    a. Suka membantu orang lain
    b. Bergaul tanpa membedakan kaya atau miskin
    c. Memiliki sikap tenggang rasa
    d. Suka bekerja sama dengan orang lain.



Cara memperbaiki harga diri :
a.       Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang maha Esa
b.      Meminta maaf atas segala kesalahan yang telah dilakukan
c.       Berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukan.
d.      Bersikap ramah terhadap siapa saja, terutama pada orang tua.
e.       Selalu rajin belajar agar pendai dan meningkatkan pengetahuan.

4). Penskoran
      a. Untuk jawaban no 1-5 benar mendapat skor  4
      b. Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 20


   Kasembon, 22 Maret 2009Mengetah
Kepala Sekolah SDN Bayem 03                                                             Mahasiswa

      



No comments:

Post a Comment