Satuan
Pendidikan : SDN Ngoro II
Kelas/Semester
: I/I (ganjil)
Tema
: 1. Diriku
Sub Tema /
PB
: 4. Aku
Istimewa/6
Waktu
: 1 x pertemuan (5x35 menit)
A.
Kompetensi Inti
- Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga, dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap
kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantua guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai
sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
·
Mengucapkan terima kasih kepada orang lain.
·
Mengucapkan terima kasih kepada teman.
·
Menyebutkan nama teman.
Matematika
Kompetensi Dasar
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri
dan memecahkan masalah
yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di
rumah, sekolh,atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Indikator
·
Melakukan operasi penjumlahan yang jumlahnya
sampai 10.
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah bermain peran, siswa dapat menyampaikan
ucapan terima kasih dengan santun.
2.
Setelah kegiatan bermain peran, siswa dapat
menyebutkan nama teman dalam kelompoknya dengan benar.
3.
Setelah kegiatan bermain, siswa dapat
menghitung banyak teman yang memiliki nama dengan huruf awal yang sama.
D.
Materi Ajar
1.
Percakapan yang santundengan ucapan terima
kasih(Buku siswa halaman 107)
2.
Huruf abjad (Buku siswa halaman 108)
3.
Penjumlahan (Buku siswa halaman 109)
E.
Metode dan Pendekatan
Metode : bermain peran, tanya jawab dan ceramah,
penugasan
Pendekatan :saintific(mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan).
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media dan Alat :
Skenario drama anak dankartukartu nama siswa
2.
Sumber :
Assegaf, Lubna.
Buku Siswa Tema 1 “Dirirku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Dekskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan
menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.
Guru meminta salah seorang siswa
untuk memimpin doa
3.
Guru melakukan apersepsi sebagai
awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.
Guru memberi motivasi kepada siswa
agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Siswa mendengarkan penjelasan dari
guru kegiatan yang akan dilakukan hari
ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa
yang sederhana dan dapat dipahami.
|
( 10 menit )
|
Inti
|
1.
Guru menyiapkan beberapa naskah
drama anak sederhana untuk diperankan oleh siswa secara bergantian, tema
drama tentang mengucapkan terima kasih.Contohnya : – Anak yang meminjam buku
kemudian mengembalikannya.
2.
Guru membacakan naskah yang telah
dipersiapkan.
3.
Guru melakukan audisi sederhana
untuk mencari pemeran drama atau dapat juga dilakukan dengan menawarkan peran
pada siswa yang bersedia.
4.
Siswa bermain peran bergantian.
5.
Siswa belajar berimprovisasidalam
berperan dan berdialog sesuai dengan naskah drama yang telah dibacakan
sebelumnya.
6.
Siswa lain memberikan apresiasi
kepada setiap siswa yang selesai bermain drama.
7.
Sebagai penutup guru menyampaikan
manfaat bermain peran yaitu melatih kita untuk melakukan hal-hal baik yang
sesuai dengan kehidupan sehari-hari (terima kasih).
8.
Guru menanyakan kepada siswa
apakah siswa sudah hafal semua nama temannya?
9.
Guru menyampaikan supaya tidak ada
kekeliruan, maka guru akan membacakan kembali nama-nama siswa.
10.
Guru membacakan nama-nama siswa
satu persatu dan siswa yang dipanggil namanya berdiri sejenak, kemudian duduk
kembali.
11.
Guru menanyakaan apakah siswa tahu
lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu”kemudian mengajak siswa menyanyikannya.
12.
Kemudian, guru mengganti lirik
lagu tersebut dengan nama-nama siswa di kelas.
13.
Contoh:
Satu
satu aku kenal Udin
Dua
dua juga kenal Siti
Tiga
tiga kenal Dayu Lani
Satu
dua tiga kenal semuanya
14.
Beberapa siswa ditunjuk untuk
mempraktikannya.
15.
Selesai bernyanyi, guru mengajak
siswa bermain mencari nama teman.
16.
Guru mempersiapkan
potongan-potongan kartu bertuliskan nama siswa dan menyebarnya di lantai
kelas.
17.
Siswa bermain menemukan nama
teman dipandu oleh guru.
18.
Siswa dibagi menjadi tiga kelompok
dan berdiri membentuk barisan yang rapi sesuai dengan tinggi badan (bisa
mengajak siswa bermain di luar kelas).
19.
Siswa di barisan pertama diminta
untuk menemukan potongan kartu, bertuliskan nama teman yang berbaris dalam
kelompoknya.
20.
Setiap siswa harus mengambil satu
kartu nama teman di kelompoknya dalam 1 menit.
21.
Jika berhasil menemukan kartu nama
temannya, lalu kartu tersebut diserahkan kepada pemilik nama.
22.
Siswa yang sudah menerima kartu
nama, melakukan hal yang sama.
23.
Demikian seterusnya sampai semua
anggota kelompok memegang kartu nama.
24.
Kelompok yang paling cepat
mengumpulkan kartu nama akan menjadi pemenangnya.
25.
Siswa tetap berkumpul dengan
kelompoknya dan diminta menghitung jumlah siswa yang memiliki nama dengan
huruf awal yang sama. Misalnya menghitung jumlah nama yang diawali huruf A,
huruf B, huruf C, dan seterusnya.
26.
Siswa berlatih soal penjumlahan
yang terdapat di buku siswa.
|
95 menit
Istirahat
60 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
2.
Guru memberikan kesempatan kepada
beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
3.
Guru menyampaikan pesan moral
kepada siswa untuk senantiasa mengucapkan terima kasih kepada teman yang
sudah menolong.
4.
Guru meminta salah seorang siswa
untuk memimpin doa.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Sikap: percaya diri, disiplindan bekerja
sama
b.
Penilaian Pengetahuan : tes tulis
c.
Penilaian Keterampilan: bermain peran dan
permainan kartu nama
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Dinda
|
||||||||||||
2
|
Ahmad
|
||||||||||||
3
|
Rani
|
||||||||||||
4
|
Dimas
|
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu
menyampaikan ucapan terima kasih dengan santun.
|
||
2.
|
Siswa mampu menyebutkan
nama teman dengan menggunakan awalan abjad
|
||
3.
|
Siswa mampu menghitung
banyak teman yang memiliki nama dengan huruf awal yang sama
|
||
4.
|
Siswa mampu melakukan penjumlahan 1-10
|
c.
Penilaian Keterampilan :
Penilaian :
Unjuk Kerja
Rubrik Bermain
Peran
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang
kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang
kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang
kelas
|
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
|
2
|
Kepercayaan diri pada saat tampil
|
Tidak terlihat raguragu
|
Terlihat raguragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum menunjukkan
kepercayaan diri
|
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Permainan Kartu Nama
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Keberhasilan
menemukan kartu nama teman
|
Seluruh anggota
kelompok
berhasil menemukan
kartu nama teman
|
Setengah atau
lebih anggota
kelompok berhasil
menemukan
kartu nama teman
|
Kurang dari setengah anggota
kelompok berhasil
menemukan
kartu nama teman
|
Seluruh anggota
kelompok belum berhasil menemukan
kartu nama
|
2
|
Kerjasama
kelompok
|
Seluruh anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif dan saling
menyemangati
|
Setengah atau
lebih anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
|
Kurang dari
setengah anggota
kelompok berpartisipasi
aktif
|
Seluruh anggota
kelompok terlihat pasif
|
Mengetahui,
Kepala SD
....................................
NIP.19631010198703 1016
|
Jombang, 1 November 2014
Guru
....................................
NIP.
|
Dinda : Hai, Ahmad
Kenapa kamu murung ?
Ahmad : Hari ini, pensilku ketinggalan
Dinda : Ini aku pinjami
Ahmad : Terima kasih, Dinda
Dinda : Sama-sama, Ahmad
Dimas : Rani, apa kabar
Kamu tahu PR kita halaman berapa
Maaf aku lupa
Rani : Kabarku baik, Dimas
PR kita di buku Diriku halaman 106
Dimas : Terima kasih, Rani
Rani : Sama-sam, Dimas
No comments:
Post a Comment