Sekolah
: SDN Ngoro II
Kelas / Semester : I /
1(ganjil)
Tema
: 1 Diriku
Sub
Tema : 4.
Aku Istimewa
Pembelajaran : 1
(satu)
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
- Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca)
dan menanyakan, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah
dan disekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
PPKN
Kompetensi dasar:
1.1Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
3.3 Mengenal
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
4.4 Mengamati
dan menceriterakan keberagaman karakteristik individu di rumah dan disekolah
Indikator:
·
Menjelaskan perbedaan karakteristik
teman di kelasnya
·
Menunjukkan sikap menerima
keberagaman diantara teman-temannya di sekolah.
Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar:
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3 Memiliki
perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindera,wujud dan sifatbenda,serta
peristiwa siang dan malamdengan bantuan guruatau teman dalam bahasaIndonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
pancaindera,wujud dan sifat benda,serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
·
Menjelaskan karakteristik
masing-masing siswa.
·
Membandingkan gambar
SBDP
Kompetensi dasar:
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni
3.1 Mengenal
cara dan hasil gambar ekspresi
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasilpengamatan di
lingkungan sekitar
4.10 Menirukan
gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala,tangan,kaki,danbadan
berdasarkan rangsangan bunyi
Indikator:
·
Menggambar diri berdasarkan
ciri-ciri yang dimilikinya
·
Menirukan gerak alam melalui
permainan
C.TUJUAN PEMBELAJARAN
Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciriyang Dimiliki
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah
melakukan pengamatan terhadaptemannya, siswa dapat menjelaskan perbedaandan
persamaan karakteristiksiswa di kelasnyadengan tepat.
2. Setelah
mendengar penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima atas perbedaandan
persamaan karakteristik siswa di kelasnyadengan baik.
3. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat melengkapigambar berdasarkan ciri-ciri yang
adadengan tepat.
Bermain Ular Naga Bersama Teman
Tujuan pembelajaran:
Dengan
melakukan permainan, siswa dapat bergerakmengikuti aturan permainan dengan benar
D.MATERI PEMBELAJARAN
a. Keberagaman karakteristik (buku siswa halaman 79-81)
E.METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
a. Metode :
Penugasan ,Tanya Jawab, Diskusi , Ceramah, Permainan
b. Pendekatan
: Saintifik
(mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/mengolah informasi,
dan mengkomunikasikan).
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media dan
Alat : Gambar
anak, Laptop, Lingkungan, Teks lagu “ Ular Tangga “
2.
Sumber belajar :
Assagaf,
Lubna dkk. 2013. Buku Siswa Tema 1 “Diriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Assagaf, Lubna dkk. 2013. Buku Guru Tema 1 “Diriku”. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2. Guru
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Guru melakukan
apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran
inti.
4.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut
dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami oleh siswa.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa halaman
79(mengamati)
2.
Guru menyampaikan bahwa manusia mempunyai perbedaan
dan persamaan baik tentang kesukaan maupun tentang bagian-bagian tubuh yang
dimiliki (dua mata.dua kaki,dan dua tangan)(mengkomunikasikan)
3.
Siswa diminta untuk berpasangan dan bercermin secara
bergantian mengamati bentuk mata,hidung,warna rambut,dan menemukan ciri
khusus lainnya seperti tahi lalat.(mengumpulkan
informasi)
4.
Siswa diminta untuk membandingkan gambar yang telah
dibuat.(mengasosiasikan)
5.
Siswa mengamati persamaan dan perbedaan diantara
keduannya.(mengamati)
6.
Menyampaikan hasil pengamatan di depan kelas sambil
menunjukkan gambar masing-masing.(mengkomunikasikan)
7.
Siswa lain diminta memberikan pendapatnya.(mengkomunikasikan)
8.
Siswa menempelkan hasil kerjanya di Papan Pajangan
Kelas.(mengkomunikasikan)
9.
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “ Ular Tangga “
Karya Ibu Sud(mengkomunikasikan)
10. Guru
mengajak siswa bermain “ Ular Naga “ ke Lapangan(mengkomunikasikan)
11. Guru
menjelaskan aturan permainannya.(mengkomunikasikan)
12. Guru minta
dua orang siswa untuk menjadi penjaga.(mengkomunikasikan)
13. Penjaga
menggabungkan dua tangannya membentuk terowongan,masing-masing penjaga
memilih kata rahasia.(mengkomunikasikan)
14. Penjaga
satu “Apel “,penjaga dua “ Jeruk “.(mengkomunikasikan)
15. Siswa-siswa
lainnya berperan menjadi ular,berbaris panjang dengan memegang bahu teman
didepannya.(mengkomunikasikan)
16. Rangkaian
ular berjalan bersama dalam barisan berputar-putar mengelilingi dan memasuki
terowongan sambil menyanyikan lagu Ular Naga.(mengkomunikasikan)
17. Saat lagu
berakhir anak yang berada tepat di bawah terowongan ditangkap oleh penjaga.
Anak yang tertangkap diminta memilih salah satu kata rahasia yang ada
misalnya apel atau jeruk. Jika yang dipilih apel anak tersebut berdiri di
belakang penjaga yang mempunyai kata rahasia Apel,jika pilihannya jeruk maka
dia berdiri di belakang penjaga yang mempunyai kata rahasia jeruk
,demikian seterusnya sampai permainan itu selesai. (mengkomunikasikan)
18. Selanjutnya
dua kelompok naga saling menangkap anggota lawan yang berada pada posisi
paling ujung dengan syarat barisan tidak boleh putus.Permainan selesai ketika
salah satu barisan sudah habis.(mengkomunikasikan)
19. Usai
bermain guru menjelaskan mengenai sikap sportif dan besar hati yang harus
dimiliki oleh kelompok yang kalah,serta sikap rendah hati dan tidak sombong
bagi kelompok yang berhasil memenangkan permainan. (mengkomunikasikan)
20. Guru
menjelaskan pentingnya persatuan atau kekompakan agar dapat memenangkan
permainan.(mengkomunikasikan)
|
155 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa membuat kesimpulan,rangkuman
hasil belajar.
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.
Melakukan penilaian hasil belajar.
4.
Memberikan tindak lanjut berupa tugas.
5. Mengajak
semua siswa untuk berdoa mengakhiri pelajaran.
|
10 Menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap: percaya diri, disiplin, dan kerjasama
b. Penilaian
Pengetahuan : tes tulis
c. Penilaian
Keterampilan: kemampuan menirukan gerak alam permainan ular naga
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Lembar
Penilaian Sikap
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Sikap
|
|||||||||||
Percaya
diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ricky
|
||||||||||||
2.
|
Bella
|
||||||||||||
3.
|
Fransisco
|
||||||||||||
Keterangan :
1:tidak
pernah ditunjukkan; 2: kadang-kadang ditunjukkan; 3: sering ditunjukkan; 4:selalu
ditunjukkan
Berilah
dengan tandacentang (ü)
pada kolom yang sesuai.
|
b.
Lembar
Penilaian Pengetahuan
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu
menuliskan persamaan obyek pada gambar
|
||
2.
|
Siswa mampu
menuliskan perbedaan obyek pada gambar
|
||
3.
|
Siswa mampu
melengkapi gambar
|
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
c.
Lembar
Penilaian Keterampilan
Rubrik mengenal
dan menyampaikan pendapat ciri-ciri teman
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan mengenal ciri-ciri teman
|
Siswa mampu menyebutkan 4 atau
lebih ciri-ciri teman
|
Siswa mampu menyebutkan 3
ciri-ciri teman
|
Siswa mampu menyebutkan 2
ciri-ciri teman
|
Siswa mampu menyebutkan 1
ciri-ciri teman
|
2.
|
Kepercayaan
diri dalam menyampaikan pendapat
|
Tidak
terlihat ragu-ragu
|
Terlihat
ragu-ragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum
menunjukkan kepercayaan diri
|
Catatan:
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kemampuan
menirukan gerak alam permainan ular naga
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Kemampuan
mengikuti instruksi
|
||
2.
|
Koordinasi
gerakan kepala, kaki, dan tangan
|
Catatan:
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Mengetahui,
Kepala SD
.......................................
NIP. 19631010
198703 1 016
|
Jombang, 1
November 2014
Guru
......................................
NIP.
|
1.
Apa persamaan mereka?
Gambar
1:
Gambar
2:
Gambar
3:
2. Apa
perbedaan mereka?
Gambar
1:
Gambar
2:
Gambar
3:
Setiap
anak istimewa.
Berbeda
tetapi saling menyayangi.
No comments:
Post a Comment