Satuan Pendidikan :
SD Negeri Ngoro II
Kelas / Semester :
1 ( Satu ) / I
Tema :
DIRIKU
Sub Tema :
Merawat Tubuhku
Pembelajaran :
3
Alokasi Waktu :
5 x 35menit
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah
dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.2 Menegenal teks petunjuk/arahan
tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.2.1 Menguraikan
cara menyikat gigi secara lisan dengan tepat
3.2.2 Menyebutkan
nama-nama peralatan menyikat gigi
4.2.1 Mempraktikkan cara menyikat gigi dengan benar
PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan
sekolah
Indikator
3.2.1 Mempraktikkan
kegiatan meny ikat gigi
4.2.1 Menjelaskan
frekuensi menyikat gigi yang baik setiap hari
SBDP
Kompetensi Dasar :
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambarkan ekspresi dengan mengolah garis,
warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator
3.1.1 Mengambar
alat-alat untuk menyikat gigi
4.1.1 Mewarnai
gambar alat penyikat gigi
PJOK
Kompetensi Dasar :
3.8 Mengetahui bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan,
dan cara menjaga kebersihannya
terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung,
telinga, tangan dan kaki, serta menjaga
kebersihan pakaian yang digunakan
4.8
Mempraktikkan cara memelihara dan menjaga kebersihan bagian-bagian tubuh
sendiri terutama badan, kuku, kulit,
gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan
pakaian yang digunakan
Indikator
4.8.1 Mempraktikkan cara menyikat gigi dengan benar
. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah melihat contoh dari guru, siswa dapat menyikat giginya dengan benar
2.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat
mengidentifikasi peralatan menyikat gigi
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Membaca dan
mengamati cara menggosok gigi (Buku siswa halaman 68)
2.
Menyebutkan alat-alat
yang digunakan untuk menyikat gigi
(Buku siswa halaman 69)
E. METODE PENDEKATAN
Pendekatan
: Saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan
mengkomunikasi )
Metode
: Penugasan, demontrasi, Tanya jawab, diskusi dan ceramah
F. MEDIA, ALAT DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Alat peraga gigi
2.
Sikat dan pasta gigi
3.
Dus bekas pembungkus pasta
gigi dan lainnya
4.
Gambar tentang anak yang sedang sakit gigi
5.
Buku siswa
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
Mengajak berdinamika dengan bernyanyi bersama .
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan 1
1.
Guru menjelaskan kepada siswa apa fungsi gigi (mengunyah, membantu
dalam berbicara, dan memberikan penampilan yang baik untuk wajah).
2.
Siswa diminta mengucapkan kata-kata berawalan huruf l ( lampu, lilin, dan
lari ).
3.
Guru meminta siswa untuk
memperhatikan pada saat
mengucapkan kata-kata tersebut ke mana arah lidah
(mendorong gigi).
4.
Jelaskan bahwa banyak kata-kata yang akan sulit disebutkan jika tidak ada
gigi
5.
Siswa mengulang kata-kata di atas dengan lidah tidak boleh menyentuh
gigi.
6.
Guru menjelaskan kepada siswa tentang pentingnya fungsi gigi.
7.
Siswa diajak untuk bersyukur karena Tuhan telah memberikan gigi dan rasa
syukur kita dapat dilakukan dengan cara merawat gigi dengan cara sedikitnya
dua kali dalam sehari kita menggosok gigi.
8.
Siswa mengamati contoh cara menyikat gigi yang benar.
9.
Siswa melakukan praktik menggosok gigi di bawah bimbingan guru ( satu
persatu ).
10.
Guru mengingatkan kembali untuk selalu menyikat gigi 2x sehari.
Langkah-langkah kegiatan 2
:
Guru menyampaikan
setelah mengetahui cara menyikat gigi siswa
akan mengenal peralatannya
Guru menanyakan
kepada siswa, “Apa saja
peralatan untuk menyikat gigi?”.
Siswa mengamati gambar di buku siswa.
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa untuk
mengidentifikasi peralatan menyikat gigi, menghitung, menebalkan kata, dan
menggambar.
Kegiatan dilanjutkan
dengan menggambar peralatan untuk menyikat gigi dan
mewarnainya. Sebagai penutup, guru melakukan
konfirmasi (mengulang kembali).
|
150 menit
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /rangkuman
hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
( untuk mengetahui hasil ketercapaian materi )
Mengajak semua anak menutup dengan doa.
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Pengamatan sikap
No
|
Nama
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
2.
Penilaian pengetahuan
Instrumen penilaian : tes tertulis (isian)
3.
Penilaian ketrampilan
a.
Penilian unjuk Kerja Rubrik Mengosok Gigi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan
1
|
1
|
Kemampuan mengetahui fungsi gigi
|
Siswa mampu menyebutkan 3 atau lebih fungsi gigi
|
Siswa mampu menyebutkan 2 fungsi gigi
|
Siswa mampu menyebutkan 1 fungsi gigi
|
Siswa belum mampu menyebutkan fungsi gigi
|
2
|
Kemampuan mempraktikkan kegiatan menggosok gigi
|
Siswa mampu menggosok gigi dengan urutan yang
benar,yaitu memberi pasta, berkumur,menggosok keatas kebawah dan menyamping,
berkumur dan mencuci sikat
|
Siswa mampu melakukan 3-4 urutan yang benar dalam
menggosok gigi
|
Siswa hanya mampu melakukan 1-2 urutan yang benar
dalam menggosok gigi
|
Siswa belum mampu melakukan urutan yang benar dalam
menggosok gigi
|
b.
Rubrik Kemampuan Mengidentifikasi Peralatan Menggosok Gigi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan
1
|
1
|
Ketepatan menandai peralatan menggosok gigi pada
kolom”ayo bermain”
|
Tepat untuk 3 peralatan
|
Tepat untuk 2 peralatan
|
Tepat untuk 1 peralatan
|
Belum mampu menandai
|
2
|
Ketepatan menulis angka sesuai banyaknya peralatan
menggosok gigi pada lembar kerja
|
Semua tepat
|
Tepat salah satu
|
Semuanya tidak tepat
|
Belum mampu mengisi lembar kerja
|
Mengetahui,
Kepala SD
.............................................
NIP. 19631010
198703 1 016
|
Jombang, 1
November 2014
Guru
...................................
NIP.
|
No comments:
Post a Comment